SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARANGANYAR — Puluhan bangunan Puskesmas pembantu (Pustu) di Karanganyar mengalami kerusakan tingkat ringan hingga berat. Sebagian Pustu yang kondisinya rusak tersebut berada di wilayah pedalaman.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo, mengatakan Puskesmas yang mengalami kerusakan disebabkan bangunannya berusia tua. Atap bangunan kerap bocor sehingga jika terjadi hujan lebat maka air hujan bakal menggenangi ruangan di dalam Puskesmas.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Jumlahnya puluhan Puskesmas yang kondisinya tidak memadai. Lokasinya tersebar di Karanganyar terutama di wilayah pedalaman,” ujarnya saat ditemui Solopos.com, Kamis (18/4/2013).

Dia mencontohkan Pustu Kragan dan Jatikuwung yang terletak di Kecamatan Gondangrejo mengalami kerusakan. Pelayanan kesehatan di wilayah tersebut terpaksa dipindah ke poliklinik kesehatan desa untuk sementara. Kendati demikian, pemindahan tersebut tidak mempengaruhi pelayanan kesehatan terhadap pasien.

Menurutnya, pihaknya selalu menganggarkan dana perbaikan maupun pemeliharaan Puskesmas. Biasanya, hanya beberapa Puskesmas yang kondisinya rusak yang diperbaiki secara bertahap setiap tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya