Puluhan ASN Kota Solo akan Dimutasi pada Akhir Februari 2018

Puluhan ASN Kota Solo akan Dimutasi pada Akhir Februari 2018

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PNS (JIBI/Solopos/Antara)

Mutasi akan dilaksanakan di lingkungan Pemkot Solo.

Solopos.com, SOLO — Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo siap-siap masuk gerbong mutasi tahap pertama 2018 yang akan dilaksanakan akhir bulan Februari 2018.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Solo mencatat setidaknya terdapat 92 ASN pensiun pada periode April, Mei dan Juni mendatang. Perinciannya tiga ASN merupakan golongan IVC ke atas, serta 89 ASN golongan IVB ke bawah.

Kepala BKPPD Solo Rakhmat Sutomo mengatakan mutasi tahap pertama akan dilakukan untuk mengisi kekosongan kursi ASN yang pensiun sejak tahun lalu hingga akhir bulan ini. Berdasarkan data selama Januari, jumlah ASN pejabat eselon III dan IV Pemkot memasuki masa purnatugas atau pensiun tercatat ada 32 orang.

“Jadi mutasi kemungkinan akan kita laksanakan akhir bulan ini. Karena ada beberapa lurah dan kabid (kepala bidang) yang posisinya kosong,” katanya ketika dijumpai wartawan di sela-sela penyerahan Surat Keputusan (SK) Pensiun ASN di Hotel Sahid Jaya, Selasa (13/2/2018).

Jumlah kekosongan ASN bertambah 92 orang terhitung mulai 1 April, 1 Mei dan 1 Juni mendatang. Dengan kondisi ini, Pemkot perlu menggelar mutasi tahap II untuk mengisi kekosongan kursi tersebut. Namun demikian, Rakhmat belum bisa memastikan kapan mutasi tahap II akan dilaksanakan.

SK pensiun bagi 92 ASN tersebut telah diserahkan Pemkot kepada yang bersangkutan. Dengan rincian 28 orang pensiun terhitung mulai 1 April, 29 orang pensiun mulai 1 Mei, dan 35 orang pensiun mulai 1 Juni.

Sebelumnya Pemkot mengajukan usulan pensiun bagi ASN tersebut ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) untuk golongan IVC ke atas, serta 89 ASN golongan IVB ke bawah ke Kantor Wilayah Regional I Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Yogyakarta.

“Mereka terdiri dari kepala dinas, administrator, kabid, dan staf di berbagai OPD [Organisasi Perangkat Daerah],” terangnya.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menilai kebijakan moratorium calon ASN oleh pemerintah pusat merugikan pemerintah daerah. “Pusat tidak tahu kondisi di daerah, mestinya tidak dipukul rata,” katanya.

Terkait kuota penerimaan CASN 2018, Pemkot sampai saat ini masih menunggu keputusan dari Kemenpan dan RB. Pemkot sebelumnya mengajukan 609 kuota penerimaan CASN Kemenpan dan RB. Pengajuan dilakukan lantaran Pemkot krisis ASN.

Merujuk data, Pemkot masih kekurangan 2.000-an ASN. Data tersebut dianalisis berdasarkan beban kerja ASN di masing-masing bidang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Viral! David Beckham Ucapkan Selamat Idul Fitri dengan Bahasa Indonesia

David Beckham mengucapkan selamat Idul Fitri bagi seluruh warga Indonesia.

Pesan Berantai di WA Soal Ledakan Kasus Covid-19 Klaten, Polisi Tegaskan Itu Hoaks!

Pesan berantai itu menyebutkan kasus Covid-19 di Jateng meledak pekan ini. Kota Klaten menempati peringkat I, yakni mencapai 11.876 orang pasien Covid-19.

Berkerumun dan Tak Bermasker di Umbul Ponggok, Emak-Emak Disambangi Polisi

Sejumlah warga yang berkerumun dan tak bermasker di objek wisata Umbul Ponggok, Klaten, mendapat peringatan dari Kepala Satuan Samapta Bhayangkara (Kasatsabhara) Polres Klaten, AKP Sri Anggono.

Lebaran 2021, Jumlah Kunjungan Wisata ke Tawangmangu Meroket

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar meroket di libur Lebaran 2021 Jumat (14/5/2021).

Lewat Pos Penyekatan Karanganyar, 15 Wisatawan Luar Jateng Diminta Putar Balik

Sebanyak 15 pemudik dari luar Jateng yang melintas di pos penyekatan di Karanganyar diminta putar balik.

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021).