Tutup Iklan

Puluhan Anjing Gagal Diselundupkan ke Solo untuk Sengsu Dibawa dari Garut, Banyak yang Sakit

Puluhan anjing yang gagal diselundupkan ke Solo, Jawa Tengah, ternyata dibawa dari Garut, Jawa Barat, dalam kondisi banyak yang sakit.

Puluhan Anjing Gagal Diselundupkan ke Solo untuk Sengsu Dibawa dari Garut, Banyak yang Sakit

SOLOPOS.COM - Dua pria ditangkap Satreskrim Polres Kulonprogo saat kedapatan membawa puluhan hewan anjing yang tidak dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan pada Kamis (6/5/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KULON PROGO — Puluhan anjing yang gagal diselundupkan ke Solo, Jawa Tengah, Kamis (6/5/2021) oleh dua orang asal Jakarta dan Sragen ternyata dibawa dari Garut, Jawa Barat. Total ada 78 ekor anjing yang dibawa, namun 11 di antaranya mati dan 67 lainnya disita polisi dan dititipkan ke tempat penampungan hewan di Wates, Kulonprogo, DIY.

Sebanyak 67 anjing itu pun dievakuasi Ron-ron Dog Care (RRDC) Jogja. Pendiri RRDC Jogja, Viktor Indra Buana, mengatakan 67 anjing yang dievakuasi nantinya akan ditempatkan di shelter sementara milik RRDC di kalurahan Trihanggo, kapanewon Gamping, Sleman.

"Beberapa anjing yang disita memang sebagian ada yang dalam kondisi sakit dan segera membutuhkan perawatan. Anjing sakit karena sebelumnya anjing-anjing tersebut dibawa dengan cara yang tidak layak," kata Viktor pada Jumat (7/5/2021).

Baca juga: 78 Ekor Anjing yang Gagal Diselundupkan Warga Sragen ke Solo Awalnya Mau Dibuat Sengsu

Anjing yang disita oleh Polres Kulonprogo awalnya berjumlah 78. Akan tetapi, 11 di antaranya mati. Matinya anjing dikarenakan kondisinya sudah lemas sehingga tidak bisa bertahan hidup.

"Intinya sebisa mungkin kami selamatkan dulu nyawa mereka. Untuk rencana jangka pendek jelas akan kami tampung lalu rawat anjing-anjing ini," kata Viktor.

Kronologi

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan dua pria ditangkap karena membawa sejumlah anjing yang berstatus ilegal saat berupaya untuk melewati pos penyekatan di Jalan raya Wates Purworejo, Temon, Kulonprogo pada Kamis (6/5/2021) sekitar pukul 01.30 WIB dini hari.

"Kami mengamankan dua pria dengan identitas masing-masing Sugiatno, 49, warga Duren Sawit, Jakarta Timur, dan Suradi, 48, warga Sragen, Jawa Tengah. Kedua pelaku menggunakan sebuah mobil pikap untuk membawa puluhan anjing tersebut," kata Jeffry.

Baca juga: Bipang Ambawang, Babi Panggang Khas Dayak yang Dipromosikan Jokowi

Penangkapan kedua pelaku berawal saat kendaraan pickup bernomor polisi AD-1779-MK yang ditumpangi oleh keduanya diberhentikan oleh petugas di pos penyekatan. Sugiatno yang mengendarai mobil tersebut diminta untuk keluar dari kendaraan.

Adapun, petugas melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan kedua pelaku. Ditemukan puluhan anjing yang masih hidup maupun yang sudah tidak bernyawa. Total anjing yang ditemukan polisi sebanyak 78 ekor anjing.

"Pelaku membawa 78 ekor anjing dengan cara dimasukan ke sebuah karung. Ada anjing yang sebagian diletakan di bak mobil dan sebagian lagi digantung pada palang besi pada bak mobil yang dibuat khusus untuk itu (anjing)," kata Jeffry.

Kedua pelaku tidak dapat menunjukkan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). Hasil pemeriksaan awal di tempat kejadian perkara, kedua pelaku menerangkan bahwa anjing-anjing tersebut diambil dari daerah Garut, Jawa Barat. Sejumlah anjing malang rencananya dibawa ke Surakarta untuk dijual dagingnya.

"Anjing tersebut dibeli dari daerah Garut, Jawa Barat dan dibawa menggunakan mobil melintas wilayah Kulonprogo dengan tujuan Surakarta. Anjing tersebut selanjutnya akan dijual lagi untuk dijadikan masakan yang dikonsumsi masyarakat, seperti tongseng daging anjing," terang Jeffry.

Baca juga: Kuliner Anjing Solo

Sanksi Hukum

Lebih lanjut, kedua pelaku kini sudah berada di Mapolres Kulonprogo. Polisi juga telah menitipkan 68 ekor anjing di rumah penitipan hewan agar dilakukan perawatan selama proses penyelidikan dan penyidikan berlangsung. Polisi telah mengubur 10 ekor anjing yang sudah dinyatakan mati.

Pelaku terancam dikenakan sanksi pidana undang-undang nomor 18 tahun 2009 sebagaimana telah diubah menjadi UU no 41 tahun 2016 tentang peternakan dan kesehatan hewan. Kemudian, undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

"Adanya keterangan pelaku dan barang bukti terdapat kemungkinan besar pelanggaran hukum, walaupun perlu dilakukan penyelidikan lanjutan atau lebih intensif lagi," kata Jeffry.

Sementara itu, Angelina Pane, Manajer Program dan aktivis Animal Friends Jogja, mengatakan setiap makhluk yang bernyawa berhak mendapatkan kehidupan yang layak. Seperti halnya manusia, hewan yang diternakkan juga berhak untuk bebas bergerak dan hidup sejahtera. Hal ini juga sudah diatur dalam UU No 18/ 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

"Pasal 6 UU tersebut menyebutkan penetapan dan pengandangan dilakukan dengan sebaik-baiknya sehingga memungkinkan hewan dapat mengekspresikan perilaku alaminya; pemeliharaan, pengamanan, perawatan, dan pengayoman hewan dilakukan dengan sebaik- baiknya sehingga hewan bebas dari rasa lapar dan haus, rasa sakit, penganiayaan dan penyalahgunaan, serta rasa takut dan tertekan," kata Angeline Pane.

Berita Terkait

Berita Terkini

Lezatnya Bakmi Toprak Plus Bakso di Gang Belakang Pasar Mebel Solo

Mie toprak dengan bakso ini selalu ramai didatangi pembeli lantaran porsinya banyak dan rasanya nikmat meski lokasinya masuk gang kampung.

Mantap! Embung Untuk Mengairi Pakan Ternak di Sumberejo Wonogiri Berpotensi Jadi Objek Wisata Pancingan

Gabungan Kelompok Tani atau Gapoktan Ngudi Lestari Dusun Rembun, Desa Sumberejo, Kecamatan Batuwarno, Wonogiri mendapat bantuan pembangunan embung.

12 Makam di TPU Mojo Solo Dirusak Anak-Anak, Gibran Siapkan Sanksi Tegas

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, marah saat mengetahui kasus perusakan makam di TPU kawasan Mojo,Pasar Kliwon.

Lurah Mojo: Perusakan Makam di Solo Diduga Terjadi Saat Penjaga Lengah

Lurah Mojo, Pasar Kliwon, Solo, menyebut anak-anak pelaku perusakan makam memanfaatkan kelengahan penjaga saat beraksi.

Bukan Cuma di Solo, Perusakan Makam Pernah Terjadi di Klaten

Perusakan makam oleh orang tak bertanggung jawab seperti di Kota Solo pernah terjadi di Klaten sebelumnya pada 2012 silam.

Balai Desa Tiyaran di Kecamatan Bulu Sukoharjo Lockdown

Desa Tiyaran di Kecamatan Bulu, Sukoharjo, di-lockdown karena ada satu pegawai positif Covid-19.

10 Anak Usia SD Diduga Jadi Pelaku Perusakan Makam di Solo, Apa Motifnya?

Aksi perusakan makam yang diduga dilakukan anak-anak usia SD terjadi di kompleks permakaman umum Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

Perusakan 12 Makam di Mojo Solo Berbau Intoleran, Pelaku Diduga Anak Usia SD

Aksi perusakan makam terjadi di permakaman umum Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, yang diduga dilakukan anak-anak usia SD.

Bupati Sragen Suntik "Paksa" 6 Perangkat Desa yang Emoh Divaksin

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, turun tangan menyuntik vaksin enam perangkat Desa Pagak, Sumberlawang, yang emoh divaksin.

Curi Perhatian! Gibran Kirim Surat Berisi Ucapan Ulang Tahun ke Warga Solo

Viral foto surat dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang berisi ucapan selamat ulang tahun kepada salah satu warganya.

Banyak yang Dirawat di Luar Daerah Jadi Alasan BOR Tempat Tidur Isolasi Covid-19 Karanganyar Rendah

Banyak warga Karanganyar yang positif Covid-19 dirawat di luar daerah sehingga tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di Karanganyar rendah.

BOR Tempat Tidur Isolasi Covid-19 di Karanganyar Masih Rendah

Tingkat keterisian (BOR) tempat tidur isolasi Covid-19 di Karanganyar rendah, hanya 58%. Meski demikian, Dinkes Karanganyar mengimbau RS rujukan untuk menambah tempat tidur.

Jangan Lewatkan! Pendiri Drone Emprit Bakal Hadir di Penganugerahan Solopos Digital Award 2021

Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi bakal hadir di acara Penganugerahan Solopos Digital Award 2021 pada, Rabu, 7 Juli 2021 mendatang,

Denting Besi Jadi Penanda Kehidupan di Purworejo, Jurangjero, Karangmalang, Sragen

Wiilayah RT 010 Dusun Purworejo, Desa Jurangjero, Karangmalang, Sragen, sejak lama terkenal sebagai pusat kegiatan para pengrajin besi atau pandai besi.

Pabrik Tahu di Gabugan Sragen Ludes Terbakar

Pabrik tahu di Tanon, Sragen, ludes terbakar ada Senin (21/6/2021) malam. Api diduga berasal dari tungku penggorengan tahu.

Perusakan Makam Mojo Solo: Pihak Pelaku Siap Memperbaiki, Gibran Kukuh Membubarkan Sekolah Informal Mereka

Sudan ada kesepakatan antara warga dan pihak pelaku perusakan makam Mojo, Solo. Pihak pelaku bersedia memperbaiki makam yang rusak. Wali Kota Gibran akan tetap menutup sekolah informal pelaku yang masih anak-anak.

PTM Sekolah Solo Tetap Dimulai Juli? Ini Kata Wali Kota Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan penjelasan terkait rencana pembelajaran tatap muka atau PTM sekolah yang akan mulai Juli ini

Gedung PGRI Wonogiri Disiapkan Jadi Lokasi Isolasi Pasien Covid-19, Bisa Tampung 200 Orang

Pemkab Wonogiri menyiapkan Gedung PGRI sebagai lokasi isolasi terpusat pasien positif Covid-19 dengan daya tampung 200 orang.

Tikus Serang 363 Hektare Tanaman Padi Di Sukoharjo, Petani Didorong Gropyokan

Hama tikus serang 363 hektare lahan tanaman padi yang tersebar di berbagai kecamatan Kabupaten Sukoharjo beberapa waktu terakhir.

Bupati Sragen Ungkapkan Kejengkelan Saat Rapat Virtual Dengan Gubernur, Ada Apa Ya?

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menngungkapkan kejengkelannya saat rapat virtual dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Tak Pernah Bosan, Koramil dan Polsek Gatak Sukoharjo Terjun ke Lapangan Imbau Penerapan 5M

Anggota Koramil 07 Gatak dan anggota Polsek Gatak Sukoharjo tak pernah bosan untuk mengingatkan warga terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Waduh! Sejumlah Calon Siswa Dibuat Panik Saat Mendaftar PPDB SMA Solo, Begini Ceritanya

Sejumlah calon siswa baru dibuat panik saat mendaftar PPDB jenjang SMA Solo secara online sehingga memilih datang langsung ke sekolah.

Watu Cenik Sendang Wonogiri: Tempat Bertapa Yang Kini Jadi Objek Wisata

Objek wisata Watu Cenik di Desa Sendang, Wonogiri, ternyata dulunya merupakan tempat pertapaan tokoh masyarakat setempat.

Vaksinasi Covid-19 Massal di Klaten Diikuti 5.000 Warga

Pemkab Klaten bersama Polres Klaten dan Kodim 0723 Klaten menggelar vaksinasi Covid-19 massal di Gedung Sunan Pandanaran, Klaten, Senin (21/6/2021).

6 Fakta Seputar PG Mojo Sragen Yang Sudah 138 Tahun Beroperasi

Keberadaan PG Mojo Sragen yang sudah beroperasi selama 138 tahun menyimpan sejumlah fakta menarik mulai dari saat pendiriannya.

Pabrik Sepatu Jaten Karanganyar Tutup 10 Hari Karena Covid-19, Pemkab Minta Upah Karyawan Tetap Dibayar

Pemkab Karanganyar minta manajemen pabrik sepatu di Jaten yang tutup karena Covid-19 tetap membayar upah karyawan yang diliburkan.

3 Hari Tak Keluar Rumah, Warga Kalijambe Sragen Ditemukan Sudah Meninggal

Warga Kalijambe, Sragen, ditemukan sudah meninggal dunia di rumahnya setelah tiga hari lamanya tidak terlihat keluar rumah.

Anak-Anak Rusak Makam di Mojo Solo: Mediasi Dilakukan, Penyelidikan Tetap Jalan

Sebanyak 12 makam di kompleks permakaman umum Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, diduga dirusak oleh segerombolan anak-anak.

Banyak Warga Wonogiri Tak Bisa Tangkap Siaran TV

Warga Kabupaten Wonogiri harus memasang antena parabola atau berlangganan televisi kabel agar bisa menangkap siaran televisi.

Ngaku Diintimidasi Kader Partai Demokrat Klaten, Wanita Ini Minta Perlindungan ke DPC

Seorang wanita sekaligus pengusaha tambang galian C, SNT, 36, mendatangi kantor DPC Partai Demokrat Klaten karena diintimidasi kader PD.

Sekolah Tempat Anak-Anak Pelaku Perusakan Makam Mojo Solo Ternyata Masih Ngontrak

Anak-anak siswa sekolah informal diduga melakukan perusakan terhadap 12 makam di kompleks permakaman umum Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

Fakta Menarik PG Mojo Sragen, Ternyata Pernah Diminta Tutup Oleh Eks Wapres Jusuf Kalla

Ada fakta menarik seputar PG Mojo, Sragen, ternyata pabrik gula itu sempat diminta ditutup oleh Jusuf Kalla saat masih menjabat Wapres.

Silakan Daftar, Polres Sragen Siapkan 1.340 Dosis Vaksin Covid-19 Gratis Mulai Rabu

Polres Sragen menyiapkan 1.340 dosis vaksin Covid-19 yang bakal diberikan kepada warga secara gratis kepada masyarakat umum dengan usia di atas 18 tahun.

Bed Isolasi RS Kota Solo Ini Penuh, Pasien Covid-19 Terpaksa Antre ICU

Bed isolasi pasien Covid-19 sejumlah rumah sakit atau RS Kota Solo hampir penuh, akibatnya pasien harus antre masuk ICU.

Waduh! Masih Ada 37 Klaster Covid-19 yang Masih Aktif di Boyolali

Jumlah klaster Covid-19 di Boyolali kian bertambah. Pada Senin (21/6/2021), total ada 37 klaster yang tercatat.

Hampir Penuh, Daya Tampung RS Rujukan Covid-19 Sukoharjo Sudah Terisi 92%

Dari total daya tampung RS rujukan Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo sebanyak 372 tempat tidur saat ini terisi 92 persennya.

Covid-19 Klaten Menggila, Sehari Tambah 10 Orang Meninggal

Satgas Covid-19 Klaten mencatat penambahan 111 kasus positif dan 10 pasien meninggal dunia pada Senin (21/6/2021).

Petani Wonogiri Mulai Panen, Ternyata Harga Jual Porang Lebih Mahal pada Juli-Agustus

Sejumlah petani porang di Kabupaten Wonogiri mulai memanen komoditas tersebut. Namun, ada pula yang memilih menunggu untuk memanen pada periode Juli-Agustus mendatang.

94 Karyawan Positif Covid-19, Pabrik Sepatu di Jaten Karanganyar Harus Tutup 10 Hari

Pabrik sepatu di wilayah Desa/Kecamatan Jaten, Karanganyar, terpaksa ditutup sementara selama 10 hari karena 94 karyawannya positif Covid-19.

Presiden Jokowi Ultah, Gibran Dan Keluarga Naik Mobil Dari Solo Ke Jakarta Untuk Kasih Ucapan

Gibran Rakabuming Raka dan keluarganya naik mobil ke Jakarta untuk menemui dan mengucapkan selamat ultah kepada ayahnya, Presiden Jokowi.

Petani Porang Wonogiri Mulai Panen, Satu Tumbuhan Bisa Untung Puluhan Ribu

Sejumlah petani di Wonogiri sudah memulai memanen hasil budidaya porang. Satu batang porang dapat memberi keuntungan puluhan ribu rupiah.

Kecelakaan Beruntun di Tol Boyolali: 2 Penumpang Mobil yang Disopiri Warga Laweyan Solo Meninggal

Dua penumpang mobil Innova yang disopiri warga Laweyan, Solo, meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Tol Boyolali, Senin (21/6/2021).

Mayat Membusuk Ditemukan di Sragen, Ketahuan karena Baunya Sampai ke Warung Makan

Warga Kampung Tamanasri, RT 31a, RW 14, Kelurahan Kroyo, Karangmalang, Sragen, dibuat geger dengan temuan mayat yang sudah membusuk, Senin (21/6/2021).

Bhabinkamtibmas Pajang Solo Viral Karena Selalu Bantu Angkat Peti Jenazah

Bhabinkamtibmas Pajang, Aipda Slamet Widodo, belakangan ini viral di media sosial karena selalu srawung di setiap acara warga terlebih ikut bantu mengangkat peti jenazah.

Walah, 1 Bangunan Liar Tepi Jalan Solo-Purwodari Sragen Ternyata Milik Seorang ASN

Satu dari 19 bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, Sragen, yang akan ditertibkan ternyata milik seorang aparatur sipil negara (ASN).

Anak-Anak Pelaku Perusakan Makam di Mojo Solo Siswa Pendidikan Informal, Gibran: Tutup Saja Sekolahnya!

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, angkat bicara terkait adanya perusakan makam di kompleks permakaman umum Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

Kecelakaan Beruntun di Tol Boyolali: Warga Laweyan Solo Jadi Korban, Mobilnya Remuk

Warga Laweyan, Solo menjadi salah satu korban dalam kecelakaan beruntun di ruas tol Boyolali, Senin (21/6/2021).

1,5 Ton Ikan Nila di Karamba WGM Wonogiri yang Mendadak Mati Ternyata Siap Panen

Sebanyak 1,5 ton ikan nila di karamba Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri mati mendadak. Ikan-ikan itu ternyata siap panen dan memiliki ukuran yang cukup besar.

12 Makam di Mojo Solo Rusak, Pelaku Diduga Anak-Anak

Sebanyak 12 makam di kompleks permakaman umum Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, rusak. Diduga makam itu dirusak oleh segerombolan anak-anak.

Klaten Zona Merah Covid-19, Seluruh Objek Wisata Ditutup

Bupati Klaten, Sri Mulyani, memberlakukan kebijakan pelarangan hajatan dan penutupan objek wisata setelah Klaten kembali masuk zona merah persebaran Covid-19.

Hati-Hati Lur! Klaten Masuk Zona Merah Persebaran Covid-19 Lagi

Kabupaten Klaten kembali memasuki zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19 setelah sepekan terakhir ada lonjakan kasus Covid-19.

Terlibat Tabrakan Beruntun di Tol Boyolali, Mobil Disopiri Warga Laweyan Solo Ringsek

Mobil Toyota Kijang Innova yang dikemudikan warga Laweyan, Solo, ringsek akibat terlibat tabrakan beruntun di Tol Boyolali, Senin (21/6/2021) pagi.

1,5 Ton Ikan Nila di Karamba WGM Wonogiri Mendadak Mati, Petani Rugi hingga Rp40 Juta

Ribuan ikan di karamba Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri kawasan Cakaran, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri mendadak mati.

Kecamatan Mulai Siapkan Tempat Isolasi Mandiri

Pemerintah kecamatan mulai menyiapkan tempat isolasi terpusat di masing-masing wilayah seiring dengan peningkatan kasus Covid-19 di Klaten. Mereka menggunakan berbagai fasilitas yang memungkinkan.

Kronologi Tabrakan Beruntun 3 Mobil & 1 Truk di Tol Boyolali

Tabrakan beruntun yang melibatkan empat kendaraan terjadi di ruas Tol Semarang-Solo KM 484, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (21/6/2021) pagi.

3 Mobil & 1 Truk Tabrakan Beruntun di Tol Boyolali:  2 Tewas, Sopir Truk Kabur

Empat kendaraan terlibat tabrakan beruntun di ruas Tol Trans Jawa, tepatnya di Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Senin (21/6/2021).

Cerita Sukses Belantik Sapi di Wonogiri Kantongi Rp300 Juta dari Porang

Seorang belantik sapi asal Wonogiri banting setir menjadi petani porang dengan omzet lebiih dari Rp300 juta per tahun.

Kecelakaan Solo: Pemuda Serengan Meninggal Dihantam Sepeda Motor di Pasar Kliwon

Kecelakaan maut terjadi di di Jl. Brigjen Sudiarto, Joyosuran, Pasar Kliwon, Solo, pada Senin (21/6/2021) pagi.

Pesawat Hercules Buatan Pria Ngemplak Boyolali Bisa Terbang 1 Km, Speknya Gahar!

Pesawat hercules buatan dua pria asal Ngemplak, Boyolali, memiliki spesifikasi keren yang menyerupai aslinya.

Keren! Pesawat Hercules yang Terbang di Boyolali Dibikin dari Plastik Bekas

Pesawat hercules buatan pia Ngemplak yang terbang di Boyolali ternyata dibuat dari styrofoam dan aneka plastik bekas.

Bisa Raih Rp500 Juta/Tahun Jadi Alasan Belantik Sapi Wonogiri Ini Lebih Pilih Jadi Petani Porang

Seorang belantik sapi di Wwonogiri bisa hasilkan Rp500 juta dalam setahun dari membudidayakan tanaman porang.

Kapolresta Solo: Swab Pedagang Luar Kota!

Kapolresta Solo memerintahkan jajarannya untuk menggelar tes swab di lokasi tempat pedagang luar kota berjualan. Keberadaan pedagang luar kota ini berpotensi jadi sumber penularan Covid-19.

Ratusan Pedagang Bermobil di Alun-Alun Utara Solo Kembali Di-Swab, 3 Positif Covid-19

Tim gabungan Polresta Solo dan Dinkes Solo menggelar operasi yustisi dan tes swab kepada pedagang luar kota di Alun-alun Utara Solo. Dari seratusan pedagangn, 3 di antaranya positif Covid-19.

Begini Strategi Warga Kampung Baluwarti Solo untuk Dongkrak Daya Tarik Wisata

Pemerintah Kelurahan Baluwarti, Solo, mendorong warga terlibat dalam mengembangkan potesi wisata setempat. Salah satunya melibatkan warga dalam menyusun profil budaya guna mendukung progam Kampung Wisata Baluwarti.

Ini Dia Harga Pesawat Hercules RC Keren Buatan Wong Boyolali

Dua pemuda Boyolali berhasil membuat pesawat aeromodelling RC tipe Hercules dengan bobot 5 kg dan bentangan sayap 3 m. Harganya cukup Rp5 jutaan.

Dikeluhkan Karena Belum Cair, Nilai Insentif Dokter PPDS UNS Solo Sampai Rp15 Juta/Bulan

Sejumlah dokter PPDS UNS Solo di RSUD dr. Moewardi mengeluhkan belum cairnya insentif mereka. Insentif itu besarannya mencapai Rp15 juta/bulan untuk dokter spesialias.

Fakultas Hukum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Bantu UMKM Solo Agar Berbadan Hukum

FH Universitas Wijaya Kusuma Surabaya memberikan penyuluhan hukum untuk membantu UMKM batik Laweyan Solo bisa berbadan hukum.

Pendaftaran Dimulai Senin Ini, PPDB SMP Sukoharjo Siap Tampung 9.894 Siswa

Pendaftaran PPDB SMP Kabupaten Sukoharjo jalur lingkungan RW dan jalur prestasi dibuka mulai pada Senin (21/6/2021) ini.

Buka Melebihi Pukul 21.00 WIB, Restoran dan Tempat Hiburan Sukoharjo Siap-Siap Disegel

Restoran, warung makan, dan tempat hiburan di Kabupaten Sukoharjo siap-siap disegel jika melanggar ketentuan pembatasan jam operasional.

Pemkab Boyolali Siapkan RS Darurat Covid-19 Baru, Ini Lokasinya

Pemkab Boyolali menyiapkan RS darurat penanganan pasien Covid-19 di bangunan rumah sakit baru wilayah Kecamatan Mojosongo.

721 Kasus Covid-19 Sepekan, Pemkab Klaten Siapkan Skenario Masuk Zona Merah

Pemkab Klaten menyiapkan skenario untuk mengantisipasi masuk ke zona merah risiko Covid-19 menyusul terus bertambah jumlah kasus positif.

Baru Buka Sekali, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Harus Tutup Lagi

Puluhan pedagang di Objek Wisata Kuliner Pasar Doplang, Slogohimo, Wonogiri, kecewa berat karena tempat wisata baru buka satu kali sudah harus ditutup lagi.

Curhatan Pilu Annas Habibie Sebelum Meninggal: Kehilangan 6 Orang Tersayang Dalam 2 Bulan

Presenter Soloraya, Annas Habibie, mengunggah curhatan memilukan di akun Facebooknya sekitar satu bulan sebelum meninggal dunia.

Sentra Jamu Kismoyoso Terus Berdaya dan Berkembang

Sebagian warga Dusun Gambirsari RT 002/RW 010, Desa Kismoyoso, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali terus menekuni industri jamu tradisional. Mereka berdaya dan berkembang.

Mantap! Peluang Persis Solo Jadi Tuan Rumah Liga 2 Kian Besar

Peluang Persis Solo untuk menjadi salah satu tuan rumah Liga 2 2021 semakin besar. Salah satu pesaing, Dewa United, memutuskan mundur dari pencalonan.

Akun Facebook Presenter Solo Annas Habibie Dibanjiri Ucapan Duka Cita

Ucapan duka dan bela sungkawa membanjiri akun Facebook Annas Habibie, presenter kondang Solo yang meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021).

Bupati Karanganyar Perintahkan Kades di Tawangmangu Awasi Penerapan Prokes Warga

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, tak hentinya mengingatkan warga untuk patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Terlebih masih ditemukan banyak warga yang abai.

Pohon Tumbang di Boyolali Timpa Rumah dan Mobil, 1 Orang Meninggal Dunia

Sebuah pohon besar tumbang saat terjadi hujan disertai angin di Dukuh Malangan, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Minggu (20/6/2021).

Presenter Solo Annas Habibie Meninggal, Pemakaman Pakai Protokol Kesehatan

Presenter kondang Solo Annas Habibie meninggal dunia dan dimakamkan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Waspada Covid-19 Varian India, Kadinkes Boyolali: Ayo Patuh Prokes!

Pemkab Boyolali mewaspadai masuknya Covid-19 varian India jenis B.1.617. Mereka pun mengajak masyarakat untuk taat terhadap protokol kesehatan.

Ratusan Warga Sekitar Asrama Haji Donohudan Boyolali Disuntik Vaksin Covid-19

Ratusan warga sekitar Asrama Haji Donohudan, Boyolali, yang berusia 18 tahun ke atas mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

RSUD dr Moewardi Solo Bangun Tenda Darurat, Untuk Pasien Covid-19?

RSUD dr Moewardi Solo membangun tenda darurat untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di RS tersebut.

Gantung Nasib 100-an Karyawan Sejak Lebaran, Ternyata Ini Alasan Pemilik CV GSP Sragen

Lebih dari 100 buruh atau karyawan CV Garuda Solo Perkasa atau GSP Sragen masih menanti kabar kelanjutan pekerjaannya dengan harap-harap cemas.

1 Peserta Positif Covid-19, Sepeda Santai Milad Masjid Di Gatak Sukoharjo Dihentikan

Kegiatan sepeda santai milad salah satu masjid yang diikuti ratusan peserta di Gatak, Sukoharjo, dibubarkan karena ada yang positif Covid-19.

Innalillahi, Sesepuh Dalang Klaten Ki Tomo Pandoyo Meninggal Dunia

Ki Tomo Pandoyo, 62, dalang asal Klaten meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ki Tomo dikenal sebagai sosok sesepuh para dalang Kabupaten Bersinar.

Dihadiri 300 Tamu, Hajatan Pernikahan Di Wisma Boga Solo Baru Sukoharjo Dibubarkan Paksa

Hajatan pernikahan di Wisma Boga, Solo Baru, Sukoharjo, dibubarkan Satgas Covid-19 Kecamatan Grogol, karena melanggar SE Bupati tentang PPKM.

Tabuh Genderang Perang, Petani Miri Sragen Bisa Basmi 26.516 Ekor Tikus

Sebanyak 1.150 petani di lima desa di Kecamatan Miri, Sragen, menabuh genderang perang melawan koloni tikus melalui kegiatan geropyokan yang digelar Minggu (20/6/2021) pagi.

Tinggal Sendirian, Seorang Perempuan Ditemukan Membusuk Di Kamar Indekos Sukoharjo

Seorang perempuan yang bekerja sebagai buruh dan tinggal seorang diri ditemukan membusuk di kamar indekosnya di Grogol, Sukoharjo.

Aktivis Sekolah Sungai Klaten yang Meninggal Dunia Pernah Dapat Penghargaan Dari BNPB

Aktivis Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah, 40, meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ternyata, Arif pernah menerima penghargaan dari BNPB.

Beredar Foto IGD Untuk Pasien Covid-19 RSUD Wonogiri Penuh, Cek Faktanya!

Foto ruang IGD pasien Covid-19 RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri dalam kondisi penuh beredar di media sosial, faktanya?

Kronologi Penemuan Kerangka Mayat di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Warga menemukan kerangka mayat di hutan Gunung Pegat di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021), saat mencari ranting.

Ini Identitas Kerangka Mayat yang Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan di kawasan hutan Gunung Pegat tepatnya di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).

Gempar! Kerangka Mayat Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan warga di sekitar Gunung Pegat, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).

Kabar Duka Aktivis Sekolah Sungai Klaten Tutup Usia

Aktivis Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah, 40, tutup usia, Minggu (20/6/2021). Dia dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap kelestarian sungai.

Kasus Covid-19 Colomadu Tertinggi di Karanganyar

Kasus Covid-19 di Kecamatan Colomadu menjadi yang tertinggi di wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Ikut Pulasara Jenazah Covid-19 Jadi Kado Ultah Tak Terlupakan Kalakhar BPBD Karanganyar

Kalakhar BPBD Kabupaten Karanganyar, Sundoro Budhi Karyanto, mendapat kado tak terlupakan saat hari ulang tahunnya yang ke-49.

Obrak-Abrik Warung Makan, Pemuda Baluwarti Solo Diciduk Polisi

Seorang pemuda asal Baluwarti, ditangkap Satreskrim Polresta Solo, pada Minggu (20/6/2021) karena diduga terlibat pengeroyokan warung makan di Serengan.

Bhabinkamtibmas Pajang Solo Tiba-Tiba Viral di Medsos, Ada Apa?

Bhabinkamtibmas Pajang, Aipda Slamet Widodo, belakangan ini viral di media sosial karena selalu srawung di setiap acara warga.

Pikap Angkut Kayu Gelondong Masuk Jurang di Karanganyar, 1 Meninggal

Pikap Mitsubishi Colt T pelat nomor AD 1799 KF masuk ke jurang di kawasan Gondangrejo, Karanganyar, yang menyebabkan satu orang meninggal.