Puluhan Anjing Gagal Diselundupkan ke Solo untuk Sengsu Dibawa dari Garut, Banyak yang Sakit

Puluhan anjing yang gagal diselundupkan ke Solo, Jawa Tengah, ternyata dibawa dari Garut, Jawa Barat, dalam kondisi banyak yang sakit.

Puluhan Anjing Gagal Diselundupkan ke Solo untuk Sengsu Dibawa dari Garut, Banyak yang Sakit

SOLOPOS.COM - Dua pria ditangkap Satreskrim Polres Kulonprogo saat kedapatan membawa puluhan hewan anjing yang tidak dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan pada Kamis (6/5/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KULON PROGO — Puluhan anjing yang gagal diselundupkan ke Solo, Jawa Tengah, Kamis (6/5/2021) oleh dua orang asal Jakarta dan Sragen ternyata dibawa dari Garut, Jawa Barat. Total ada 78 ekor anjing yang dibawa, namun 11 di antaranya mati dan 67 lainnya disita polisi dan dititipkan ke tempat penampungan hewan di Wates, Kulonprogo, DIY.

Sebanyak 67 anjing itu pun dievakuasi Ron-ron Dog Care (RRDC) Jogja. Pendiri RRDC Jogja, Viktor Indra Buana, mengatakan 67 anjing yang dievakuasi nantinya akan ditempatkan di shelter sementara milik RRDC di kalurahan Trihanggo, kapanewon Gamping, Sleman.

"Beberapa anjing yang disita memang sebagian ada yang dalam kondisi sakit dan segera membutuhkan perawatan. Anjing sakit karena sebelumnya anjing-anjing tersebut dibawa dengan cara yang tidak layak," kata Viktor pada Jumat (7/5/2021).

Baca juga: 78 Ekor Anjing yang Gagal Diselundupkan Warga Sragen ke Solo Awalnya Mau Dibuat Sengsu

Anjing yang disita oleh Polres Kulonprogo awalnya berjumlah 78. Akan tetapi, 11 di antaranya mati. Matinya anjing dikarenakan kondisinya sudah lemas sehingga tidak bisa bertahan hidup.

"Intinya sebisa mungkin kami selamatkan dulu nyawa mereka. Untuk rencana jangka pendek jelas akan kami tampung lalu rawat anjing-anjing ini," kata Viktor.

Kronologi

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan dua pria ditangkap karena membawa sejumlah anjing yang berstatus ilegal saat berupaya untuk melewati pos penyekatan di Jalan raya Wates Purworejo, Temon, Kulonprogo pada Kamis (6/5/2021) sekitar pukul 01.30 WIB dini hari.

"Kami mengamankan dua pria dengan identitas masing-masing Sugiatno, 49, warga Duren Sawit, Jakarta Timur, dan Suradi, 48, warga Sragen, Jawa Tengah. Kedua pelaku menggunakan sebuah mobil pikap untuk membawa puluhan anjing tersebut," kata Jeffry.

Baca juga: Bipang Ambawang, Babi Panggang Khas Dayak yang Dipromosikan Jokowi

Penangkapan kedua pelaku berawal saat kendaraan pickup bernomor polisi AD-1779-MK yang ditumpangi oleh keduanya diberhentikan oleh petugas di pos penyekatan. Sugiatno yang mengendarai mobil tersebut diminta untuk keluar dari kendaraan.

Adapun, petugas melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan kedua pelaku. Ditemukan puluhan anjing yang masih hidup maupun yang sudah tidak bernyawa. Total anjing yang ditemukan polisi sebanyak 78 ekor anjing.

"Pelaku membawa 78 ekor anjing dengan cara dimasukan ke sebuah karung. Ada anjing yang sebagian diletakan di bak mobil dan sebagian lagi digantung pada palang besi pada bak mobil yang dibuat khusus untuk itu (anjing)," kata Jeffry.

Kedua pelaku tidak dapat menunjukkan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). Hasil pemeriksaan awal di tempat kejadian perkara, kedua pelaku menerangkan bahwa anjing-anjing tersebut diambil dari daerah Garut, Jawa Barat. Sejumlah anjing malang rencananya dibawa ke Surakarta untuk dijual dagingnya.

"Anjing tersebut dibeli dari daerah Garut, Jawa Barat dan dibawa menggunakan mobil melintas wilayah Kulonprogo dengan tujuan Surakarta. Anjing tersebut selanjutnya akan dijual lagi untuk dijadikan masakan yang dikonsumsi masyarakat, seperti tongseng daging anjing," terang Jeffry.

Baca juga: Kuliner Anjing Solo

Sanksi Hukum

Lebih lanjut, kedua pelaku kini sudah berada di Mapolres Kulonprogo. Polisi juga telah menitipkan 68 ekor anjing di rumah penitipan hewan agar dilakukan perawatan selama proses penyelidikan dan penyidikan berlangsung. Polisi telah mengubur 10 ekor anjing yang sudah dinyatakan mati.

Pelaku terancam dikenakan sanksi pidana undang-undang nomor 18 tahun 2009 sebagaimana telah diubah menjadi UU no 41 tahun 2016 tentang peternakan dan kesehatan hewan. Kemudian, undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

"Adanya keterangan pelaku dan barang bukti terdapat kemungkinan besar pelanggaran hukum, walaupun perlu dilakukan penyelidikan lanjutan atau lebih intensif lagi," kata Jeffry.

Sementara itu, Angelina Pane, Manajer Program dan aktivis Animal Friends Jogja, mengatakan setiap makhluk yang bernyawa berhak mendapatkan kehidupan yang layak. Seperti halnya manusia, hewan yang diternakkan juga berhak untuk bebas bergerak dan hidup sejahtera. Hal ini juga sudah diatur dalam UU No 18/ 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

"Pasal 6 UU tersebut menyebutkan penetapan dan pengandangan dilakukan dengan sebaik-baiknya sehingga memungkinkan hewan dapat mengekspresikan perilaku alaminya; pemeliharaan, pengamanan, perawatan, dan pengayoman hewan dilakukan dengan sebaik- baiknya sehingga hewan bebas dari rasa lapar dan haus, rasa sakit, penganiayaan dan penyalahgunaan, serta rasa takut dan tertekan," kata Angeline Pane.

Berita Terkait

Berita Terkini

Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo Jemput 27 Pasien Positif untuk Isolasi Terpadu

Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo menjemput 27 pasien positif tanpa gejala dan bergejala ringan untuk menjalani isolasi terpadu.

Sepi Hajatan Gegara Pandemi, Pengusaha Boyolali Ini Obral Murah Sound System untuk Beli Beras

Beredarnya unggahan foto dan video pengeras suara sound system yang dijual di tepi jalan Solo - Boyolali menarik para netizen hingga meminta solusi ke Presiden Jokowi.

Kesenjangan Vaksinasi Covid-19 Harus Lekas Diatasi

Kesenjangan dalam realisasi program vaksinasi Covid-19 adalah fakta. Ini harus lekas diatasi.

Profil Dodit Mulyanto, Komika Sukses Lulusan UNS Solo

Komika dengan gaya khas bicaranya yang medok dan kalem ini ternyata lulus Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo.

Round Up Dugaan Pungli Pemakaman Jenazah Covid-19 Solo: Oknum Tukang Gali Kubur Minta Uang Lelah Rp5 Juta

Dugaan pungli pemakaman jenazah Covid-19 di Solo bermula saat oknum tukang gali kubur meminta uang lelah Rp6 juta.

10 Berita Terpopuler: Barter Sepatu Bekas dengan Susu hingga Tabung Bocor Lukai Warga

Kabar tentang Polresta Solo membantu warga yang hendak menukar sepatu bekasnya dengan susu untuk anaknya menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (1/8/2021).

Dugaan Pungli Pemakaman Jenazah Covid-19 di Solo, Keluarga Ngaku Bayar Rp5 Juta untuk Kijing & Apresiasi

Keluarga jenazah pasien Covid-19 yang diduga menjadi korban dugaan pungli pemakaman mengaku membayar Rp5 juta untuk kijing dan uang lelah.

LaRissso, Saus Pasta Artisan Bikinan Pasutri Kartasura Rambah Singapura

Saus pasta LaRissso dibuat dengan racikan bahan dan komposisi bumbu tertentu dipadukan dengan keahlian dan pengalaman si pembuat.

Tak Semua Tahanan Polres Sukoharjo Divaksin, Ini Alasannya

Akselerasi vaksinasi di Sukoharjo terus dilakukan untuk menahan laju persebaran pandemi Covid-19, para Tahanan Polres Sukoharjo juga divaksin

Jor-Joran Bonus Atlet Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020, Singapura Paling Royal

Di balik ketatnya persaingan di Olimpiade Tokyo 2020, rupanya ada negara-negara yang jor-joran memberikan bonus untuk para atletnya.

Mahasiswa Drop Out Terbanyak Berasal dari 5 Program Studi Ini

Jenjang S-1 program studi (prodi) Manajemen Retail merupakan prodi yang memiliki rasio angka putus kuliah atau mahasiswa drop out tertinggi.

Gagal Raih Perunggu di Olimpiade Tokyo 2020, The Daddies Minta Maaf

Pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia karena tak berhasil membawa pulang medali perunggu.

Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap II Dibuka, Ini Cara Daftar dan Linknya

Pendaftaran beasiswa LPDP akan dimulai pada 1 Agustus dan ditutup 8 September 2021. Seleksi administrasi dilakukan 9-23 September 2021.

Asale Bekas Rumah Dinas Pengawas Perkebunan, Saksi Bisu Era Kejayaan Industri di Gatak Sukoharjo

Pada zaman dahulu, pemerintah Kolonial Belanda membangun pabrik gula dan tembakau di wilayah Gawok, Gatak, Sukoharjo.

Cari Rumah Murah? Ini Syarat Ajukan KPR Subsidi

Anggaran FLPP tahun ini merupakan yang tertinggi sejak program ini dimulai. Pemerintah pun menggandeng 30 bank untuk menyalurkan KPR subsidi.

75 Warga Klaten Positif Covid-19 Jalani Isolasi Terpusat di Donohudan

Selain itu ada 18 warga asal Klaten yang dinyatakan telah sembuh dari Covid-19 setelah menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan.

Sritex Paparkan 5 Dampak Lonjakan Kasus Corona dan PPKM, Restrukturisasi Utang Terimbas

Gugatan PKPU diajukan CV Prima Karya atas nilai utang yang belum dibayarkan oleh pihak Sritex senilai Rp5,5 miliar.

Viral Aksi Emak-emak Naik Motor Antar Pasien Masuk UGD

The power of emak-emak memang luar biasa, terbaru, aksi emak-emak mengantar pasien naik motor sampai masuk ruangan UGD viral.

6 Penyebab Insomnia yang Kerap Terjadi tapi Jarang Disadari

Suhu yang tepat adalah kisaran adalah 15 hingga 20 derajat Celsius. Ini penyebab insomnia yang kerap terjadi tapi jarang disadari.

Soal Ucapan Presiden AS, Wagub DKI: Jakarta Tak Akan Tenggelam

Ahmad Riza Patria membantah ucapan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang menyebut daratan Jakarta bakal tenggelam dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

Baru Terpenuhi 41,9% Kebutuhan Oksigen Rumah Sakit di Jateng

Pasokan oksigen di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Jateng selama sepekan terakhir baru terpenuhi sekitar 209 ton.

Semifinal Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020: Meksiko Bertemu Brasil, Jepang Hadapi Spanyol

Brasil akan bertemu Meksiko pada semifinal yang merupakan ulangan final Olimpiade London 2012.

Peneliti LIPI Ciptakan Rel Berbahan Nikel, Cocok untuk Kereta Cepat

Jika pendanaan pengembangan rel ini dilakukan kontinu, kurang dari 5 tahun Indonesia mampu memproduksi rel berbahan nikel untuk kereta cepat.

Presiden AS Sebut Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi, Ini Kata Ahli Geologi

Pakar Geologi dari Universitas Padjdjaran (Unpad) Bandung, Dicky Muslim, menilai pernyataan Presiden AS terkait masa depan Jakarta sudah tepat.

Tabrak Pembatas Jalan, Mobil Brio Terbalik di Surabaya

Sebuah mobil hilang kendali dan menabrak pembatas jalan di traffic light Jl Darmo Surabaya hingga terbalik.

Tunggu Aturan Resmi Umrah dari Arab Saudi, Indonesia Prioritaskan Penanganan Covid-19

Pemerintah dan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) sepakat memprioritaskan penanganan Covid-19 terlebih dahulu.

Banyak Milenial Pilih Tunda Menikah, Ini Alasan Mereka

Ada banyak hal yang menjadi alasan kaum milenial tunda menikah. Hal tersebut mulai dari karier, faktor ekonomi, dan menghindari perceraian.

Politikus PDIP Salahkan Jokowi soal Jebakan Pandemi, Andi Arief: Pendukung Pemerintah Mulai Sadar

Elite Partai Demokrat, Andi Arief, menilai partai koalisi pendukung Jokowi sudah mulai sadar.

Kota Surabaya Berduka, 2 Anggota DPRD Meninggal karena Covid-19

Dua anggota DPRD Kota Surabaya itu adalah Ketua Fraksi PAN–PPP, Hamka Mudjiadi Salam dan Ibnu Shobir dari Fraksi PKS.

Lewis Hamilton Rebut Pole Position F1 GP Hungaria 2021

Lewis Hamilton meraih pole position ke-101 seusai mencatatkan waktu 1 menit 15,419 detik dalam kualifikasi F1 GP Hungaria 2021.

Bayar COD Dengan Uang Mainan, Pelaku Diburu Polisi

Polsek Pleret, Bantul memburu keberadaan orang yang melakukan pembayaran seorang kurir senilai Rp500.000 dengan uang mainan saat COD

Pangdam dan Kapolda Jateng Pantau Vaksinasi Mahasiswa di UIN Surakarta

Pelaksanaan vaksinasi untuk perguruan tinggi negeri di Jateng dimulai di UIN Raden Mas Said Surakarta dan diikuti 2.000 mahasiswa Soloraya.

Klasemen Medali Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu 31 Juli 2021: Indonesia Terlempar ke Posisi 53

Indonesia menempati peringkat 53, sama dengan Mongolia dengan 1 perak dan 2 perunggu.

Dugaan Pungli Pemakaman Pasien Covid-19 di TPU Daksinoloyo, Ini Sikap Kapolresta Solo

Kasus dugaan pungli pemakaman pasien Covid-19 terjadi di wilayah Sukoharjo. Jika ada proses hukum, bakal diselesaikan oleh Polres Sukoharjo.

Walah! Penyaluran BLT di Bantul Banyak Yang Salah Sasaran

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Bantul, akan mengecak kembali penerima BLT yang diduga salah sasarn.

Perangkat Desa Jogoprayan Klaten Terpapar Corona, Kantor Desa Ditutup 3 Hari

Penutupan Kantor Desa Jogoprayan di Kecamatan Gantiwarno, Klaten dilakukan guna memutus mata rantai persebaran Covid-19.

Pedagang Usul Bupati Kudus Instruksikan ASN Belanja di Pasar

Pedagang pasar tradisional di Kabupaten Kudus, usul agar bupati membuat instruksi supaya ASN berbelanja di pasar tradisional.

Kemenkes: Ada Tambahan 388.402 Orang Penerima Vaksinasi Lengkap

Data Kemenkes pada Sabtu (31/7/2021) menyebutkan penduduk yang divaksinasi Covid-19 lengkap dosis 1 dan 2 bertambah sebanyak 388.402 orang.

Kalah Lagi, Ahsan/Hendra Gagal Sumbang Medali Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan  tumbang 21-17, 17-21 dan 14-21 dari ganda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dalam perebutan medali perunggu.

Dulu 1.400, Kini Lion Air Group Hanya Operasikan 140 Penerbangan per Hari

Lion Air Group berupaya melakukan mitigasi guna menjaga kontinuitas perusahaan dengan mengurangi kapasitas penerbangan.

Finis Kelima, Lalu Muhammad Zohri Gagal ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2020

Zohri mencatatkan waktu 10.26 detik dan finis di peringkat kelima.

Data Kematian Covid-19 Pemprov Jatim dan Surabaya Kok Beda?

Pemprov Jatim hanyalah menyajikan data sebagaiamana laporan kabupaten/kota dalan sistem New All Record (NAR) milik Kementerian Kesehatan.

Segudang Keunggulan Berobat Online di Telemed SehatQ

Menggunakan fitur Telemed di SehatQ sangatlah mudah. Anda hanya perlu masuk ke laman resmi atau mengunduh aplikasi SehatQ.

Innalillahi, Nakes Sedang Hamil 7 Bulan Meninggal Kena Covid-19

Kematian perawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah menambah jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Bantul yang meninggal dunia terpapar Covid-19

Indonesia Disebut Menuju Jebakan Pandemi, Politikus PDIP Ini Salahkan Jokowi

Pernyataan Effendi ini disampaikan setelah pakar epidemiologi asal UI Pandu Riono menyebut Indonesia sedang menuju jalur jebakan pandemi.

8.050 Karyawan Dirumahkan, Lion Air Group Sebut Bukan PHK

Sedikitnya 8.050 karyawan Lion Air Group dirumahkan, namun perusahaan penerbangan itu menegaskan tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Wamen Perdagangan: Akselerasi Vaksinasi Percepat Pemulihan Ekonomi

Program vaksinasi penting untuk pemulihan ekonomi Indonesia, untuk itu semua pihak didorong ikut melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19.

Naik Kawasaki KLX, Komandan Tim Sparta Solo Blusukan Bawa Beronjong

Pergerakan Tim Sparta Solo tetap lincah meskipun sepeda motor terpasang beronjong saat melintas di wilayah Timuran dan Priyobadan Solo.

Kondisi Sulit, Pengelola Mal Minta Restrukturisasi Kredit ke Bank

Pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM darurat level 4 membuat banyak pusat perbelanjaan dan mal mengajukan restrukturisasi kredit.

Skema Penyaluran Bansos di Bantul Diubah, Antisipasi Kerumunan

Dihentikan selama dua hari, skema penyaluran bansos di Kabupaten Bantul akan didesain ulang agar lebih menerapkan protokol kesehatan.

Top! 2 SMA di Soloraya Jadi Sekolah Adipangastuti 2021

Lewat Sekolah Adipangastuti, SMAN 1 Karanganyar dan SMAN 2 Boyolali akan menjalankan implementasi perilaku baik budaya Jawa, hastha laku.

Hapus Pungli Pemakaman, Komisi III DPRD Minta Juru Kunci Sering Ngantor di TPU

Komisi III DPRD Kota Solo menilai adanya pungli dalam proses pemakaman menjadi tanggung jawab juru kunci.

Dituding Ada Pungli di Pemakaman Pasien Covid-19, Begini Jawaban Wali Kota Gibran

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut penggali kubur yang diduga melakukan pungli bukan petugas resmi.

Diminta Kembalikan Bantuan Dobel Rp300.000, 27 Warga Gentan Klaten: Kami Legawa

Sebanyak 27 warga Gantiwarno Klaten mengembalikan bantuan sosial dari dana desa senilai Rp300.000 karena juga mendapat bantuan ganda lain dari pemerintah senilai Rp600.000.

Update Covid-19 Indonesia 31 Juli 2021: Positif 37.284, Sembuh 39.372, Meninggal 1.808 Orang

Jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia sejak Maret 2020 hingga hari ini menjadi 3.409.658 kasus.

Vidya Rafika Gagal di Babak Kualifikasi, Indonesia Tanpa Medali Menembak Olimpiade Tokyo 2020

Vidya Rafika merupakan atlet pertama Indonesia yang lolos menuju Olimpiade di cabang olahraga menembak tanpa menggunakan status wildcard.

Pertumbuhan Ekonomi di Sukoharjo Minus 1,7 Persen, Ini Penyebabnya

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo mencatat pertumbuhan ekonomi sejak Januari hingga Juni 2021 mengalami kontraksi minus 1,7 persen.

Usir Covid-19, Ibu-ibu Ini Gotong Keranda Jenazah ke Pemakaman

Aksi tak biasa dilakukan ibu-ibu di Desa Klangrong, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan. Mereka menggotong keranda jenazah ke pemakaman.

Tak Punya Uang, Seorang Ayah di Solo Tawarkan Barter Sepatu Bekas dengan Susu di Facebook, Polisi Langsung Bantu

Seorang ayah di Solo tak punya uang untuk membelikan susu putrinya lantas memposting tawaran barter sepatu bekas dengan sekotak susu di Facebook. Polresta Solo langsung memberi bantuan.

2.000 Mahasiswa Soloraya Ikuti Vaksinasi Massal di UIN Surakarta

Mahasiswa peserta vaksinasi tidak hanya dari kampus UIN Raden Mas Said Surakarta, namun dari perguruan tinggi lain di wilayah Soloraya.

Tabung Gas Bocor, 2 Warga Gemolong Sragen Alami Luka Bakar 30%

Dua ibu-ibu di Gemolong, Sragen, menderita luka bakar saat berupaya memadamkan api yang muncul akibat kebocoran tabung elpiji.

Vespa LX dan S Tampil Lebih Berjiwa Muda

Tampilan baru Vespa LX dan S, didesain dengan warna baru untuk menampilkan semangat dan keberanian generasi muda.

PPKM Kulonprogo, 1.697 Kendaraan Bermotor Diminta Putar Balik

Total kendaraan yang diperiksa selama PPKM darurat periode 3-20 Juli 2021 di Kabupaten Kulonprogo mencapai 6.554 kendaraan bermotor.

Instagram Reels Kini Berdurasi 2 Kali Lebih Panjang

Instagram Reels melakukan pembaruan, sekarang pengguna dapat membagikan video dengan durasi 60 detik.

Dinilai Rawan Covid-19, 3 Pusat Perbelanjaan di Solo Ini Diberi Posko PPKM Level 4

Polresta Solo mendirikan posko PPKM Level 4 di Pasar Klewer, PGS, dan BTC karena dinilai rawan penyebaran Covid-19.

Rest Area di Kabupaten Brebes Ini Berikan Nuansa Klasik

Rest area KM 260 B merupakan hasil proses revitalisasi pabrik gula yang sekarang menjadi rest area kekinian.

Dapat Bantuan Dobel, 27 Warga Gentan Klaten Kembalikan Duit Rp300.000

Jumlah warga di Desa Gentan, Gantiwarno, Klaten, yang terdaftar memperoleh bantuan di tengah pandemi Covid-19 mencapai 156 penerima manfaat bantuan.

Tipe-Tipe Kursi yang Umum Ditemukan

Ada berbagai macam tipe kursi yang bisa ditemukan. Pastikan kalian membeli kursi sesuai dengan kebutuhannya.

Akan Dikembangkan Mirip Dam Guatape, Wisata WGM Wonogiri Mungkin Tutup Sampai Proyek Rampung

Belum ada kepastian Wisata WGM Wonogiri bisa dibuka atau tidak sebelum pekerjaan fisik dimulai mengingat saat ini masih PPKM.

Hanya Punya Duit Rp5.000 untuk Beli Nasi Padang, Pedagang ini Dapat Donasi Rp108 Juta dari Netizen

Pedagang agar-agar asal Garut, Mang Eman, yang videonya membeli nasi padang dengan uang Rp5.000 viral, mendapat donasi Rp108 juta.

7 Ornamen yang Bisa Mempercantik Dinding Rumahmu

Nilai keindahan bisa terpancar dari ornamen atau benda yang kita pasang di dinding. Bukan hanya sebagai penghias, ornamen bisa memiliki fungsi praktis yang bisa digunakan oleh penghuni rumah.

Peringatan 30 Tahun Mengabdi, Alumni Akpol Angkatan Kapolri Gelar Vaksinasi Massal di Solo

Alumni Akpol angkatan 1991 menggelar vaksinasi massal dan pembagian paket sembako di Kota Solo.

Ayem, Pemkab Karanganyar Jamin Ketersediaan Oksigen Medis untuk Warga

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan kegiatan bakti sosial persediaan isi ulang oksigen gratis mendapatkan respons luar biasa dari masyarakat.

Obituarium Mulyanto Utomo: Bersujud dalam Keabadian

Mantan Pemred Solopos, Mulyanto Utomo, berpulang setelah berjuang melawan Covid-19. Sebelum pergi untuk selamanya, ia sempat menulis buku berjudul Aku Rindu Bersujud.

Wajib Disimak! Ini Cara Menghemat Anggaran Makan Anda

Menghemat anggaran makan di rumah tangga menjadi sebuah tantangan sulit karena banyaknya anggota keluarga di rumah. Namun, bukan berarti hal itu mustahil.

Berbagai Bentuk Meja Makan yang Bisa Anda Pilih

Bentuk meja makan bentuk persegi biasanya digunakan di rumah-rumah kecil, minimalis atau bergaya modern.

Kesal Lihat Bansos Dikorupsi? Laporkan Saja ke Sini!

Pemerintah meminta masyarakat untuk ikut aktif mengawasi penyaluran bansos. Tersedia kanal-kanal yang bisa diakses masyarakat untuk melaporkan dugaan penyimpangan penyaluran bansos.

5 Jenis Ventilasi Rumah yang Sehat

Sistem ventilasi rumah yang ideal harus bisa menyalurkan udara secara maksimal, menyediakan celah bukaan yang cukup, dan mampu menyaring debu atau udara kotor yang masuk

Selamat! Solo Raih Predikat Kota Layak Anak Kategori Utama Untuk Kali Keempat

Kota Solo kembali meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Ikatan Cinta 31 Juli 2021: Lagi-lagi Ricky Sok Jadi Pahlawan, Elsa Berhasil Dibawa Kabur?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Sabtu, 31 Juli 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Presiden Jokowi Minta Ngemplak Boyolali Disiapkan Jadi Percontohan Pertanian Terintegrasi

Kecamatan Ngempal dijadikan proyek percontohan pertanian terintegrasi oleh Kementerian Pertanian sesuai instruksi Presiden Jokowi.

Ngeri! 2 Tahun Ada 18 Orang Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sragen

Sebagian besar korban terkena jebakan tikus yang dipasangnya sendiri di sawahnya sedangkan sebagian lainnya tersetrum perangkap tikus yang dipasang orang lain.

Ini Rahasia Kelezatan Onde-onde Aneka Rasa Bu Is Boyolali

Berbeda dari onde-onde kebanyakan, Onde-Onde Bu Is Boyolali ditawarkan dengan berbagai varian rasa agar anak-anak dan remaja pun suka. 

2.077 UMKM Sragen Diusulkan Dapat BPUM 2021 Senilai Rp1,2 Juta

Dinkop UKM Sragen membuka pencaftaran calon penerima BPUM 2021 bagi UMKM di Sragen secara offline sampai 9 Agustus 2021 mendatang.

Hebat! Anthony Ginting Melaju ke Semifinal Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Ginting mengalahkan Anders Antonsen dari Denmark 21-19, 15-21, dan 21-18.

Cegah Biopolitik Vaksin, Menko Airlangga Ingatkan Pentingnya Vaccine Nationalism Dalam Negeri

Bahkan juga terjadi vaksin biopolitik. Misalnya untuk ke China, saat ini harus menggunakan vaksin China dan untuk ke Eropa harus menggunakan vaksin Eropa.

Solopos Hari Ini: Rakyat Diminta Bertahan

Koran Solopos hari ini menyajikan sejumlah berita salah satunya soal pernyataan Presiden Jokowi yang meminta masyarakat dan pengusaha kecil bertahan di tengah pandemi.

Hore, Operator dan Awak Mobil Tangki Pertamina di Boyolali Jalani Vaksinasi Covid-19

Operator dan awak mobil tangki Pertamina Boyolali melakukan vaksinasi Covid-19 pada Jumat hingga Sabtu, 30-31 Juli 2021.

Sedih, Bocah 11 Tahun di Sragen Jadi Yatim Piatu Akibat Corona

Kedua orang tua Rahmad sempat menjalani perawatan intensif di RS setelah terkonfirmasi positif corona sedangkan Rahmad isolasi di Technopark.

Begini Aturan Kirim Makanan selama PPKM Level 4 di LP Klaten

Pengiriman barang dan makanan di LP Kelas II B Klaten hanya dilayani selama 2,5 jam pada hari kerja.

Sudah 24.000 Warga Klaten Jadi Sasaran Serbuan Vaksinasi TNI dan Polri

Serbuan vaksinasi di Klaten dilakukan TNI/Polri dengan mengoptimalkan peran seluruh jajaran, terutama Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Ini Dia Bisnis Penghasil Cuan untuk Para Kpopers

Penggemar K-Pop memiliki sifat fanatik yang bisa dijadikan ladang uang bagi para K-Popers yang jeli memanfaatkan peluang usaha.

Epidemiolog UI Peringatkan Indonesia Masuk Pandemic Trap dan Berikan Saran Ini

Pandu mengusulkan agar penanganan pandemi Covid-19 langsung di bawah komando Presiden Jokowi dan kementerian berjalan di bidangnya masing-masing.

Cetak Sejarah di Olimpiade Tokyo 2020, Pebulu Tangkis Guatemala Kevin Cordon Ternyata Diasuh Pelatih Indonesia

Selebrasi Kevin Cordon seusai lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo. (Pedro PARDO / AFP)

Sariamin Ismail, Novelis Perempuan Pertama Indonesia Muncul di Google Doodle Hari Ini

Google Doodle hari ini menampilkan Sariamin Ismail, novelis perempuan pertama Indonesia yang berasal dari Pasaman Barat, Sumatra Barat.

Jembatan Merah, Berdiri Megah Setelah Terjangan Badai Cempaka

Jembatan ini merupakan jembatan pengganti dari Jembatan Kuning yang dulu pernah roboh karena terjangan banjir yang pernah melanda wilayah ini.

Siap-Siap, 7 Juta Pekerja Industri di Jawa Segera Divaksin Covid-19

Kemenperin telah berkordinasi dengan Kementerian Kesehatan agar dapat menjalankan program vaksinasi bagi para pekerja industri.

5 Tempat Angker di Banyumas, Salah Satunya Gunung Slamet

Ibu Kota Kabupaten Banyumas Purwokerto, memiliki banyak sudut-sudut misteri yang bisa dikunjungi.

TNI Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 Sasar Warga Binaan LP Klaten

sebanyak 138 warga binaan yang divaksin memiliki nomor induk kependudukan (NIK) sedangkan sisanya diusahakan diikutkan vaksinasi di tahap berikutnya.