Pulau Misterius Muncul di Google Maps tapi Tak Ada di Dunia Nyata, Kok Bisa?

Pulau misterus di Pasifik Selatan yang disebut berupa sebidang tanah yang asing ini telah menjadi misteri bagi para ahli selama hampir satu dekade.

 Pulau Phantom atau Pulau Berpasir adalah sebidang tanah yang asing ini telah menjadi misteri bagi para ahli selama hampir satu dekade.

SOLOPOS.COM - Pulau Phantom atau Pulau Berpasir adalah sebidang tanah yang asing ini telah menjadi misteri bagi para ahli selama hampir satu dekade.

Solopos.com, SOLO — Sebuah pulau misterius terus muncul dan menghilang di Google Maps membuat para ilmuwan kebingungan. Pulau yang berada di kawasan Pasifik Selatan ini dikenal sebagai Pulau Phantom atau Pulau Berpasir.

Pulau misterus ini disebut berupa sebidang tanah yang asing. Keberadaan Pulau Phantom ini telah menjadi misteri bagi para ahli selama hampir satu dekade.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Melansir dari News 18 pada Rabu (11/5/2022), diamati melalui Google Maps Earth, struktur seperti gumpalan gelap dapat dilihat antara Australia dan Kaledonia Baru. Namun, pulau itu tidak hanya ditangkap di Google Earth, tetapi juga terlihat di peta dan peta laut lainnya.

Pulau Phantom pertama kali disebutkan dalam Bagan Penemuan penjelajah Inggris Kapten James Cook di Samudra Pasifik Selatan pada 1776. Pulau itu kemudian terlihat 100 tahun kemudian oleh sebuah kapal bernama Velocity pada 1895.

Saat itu diyakini memiliki panjang 14,9 mil dan lebar 3,1 mil. Pulau misterius ini kemudian muncul di Google Earth sehingga membuat pengguna bingung. Namun, terlepas dari fakta ini, ketika para ilmuwan pergi ke lokasi pada November 2012, mereka tidak menemukan apa pun selain gelombang laut.

Baca Juga: Pulau Natal Dekat Indonesia Punya Harta Karun, Makanya Australia Ngiler

Ilmuwan Australia di R/V Southern Surveyor mencapai tempat itu setelah perjalanan 25 hari dan mengukur kedalaman laut lebih dari 4.300 kaki. Ini memperjelas bahwa apa yang ditampilkan pada peta tidak mungkin berada di dalam air. Faktanya, para ilmuwan bahkan tidak dapat memahami bagaimana sebuah pulau yang tidak ada bisa mencapai Google Earth.

Hanya beberapa hari setelah misteri ini terungkap, Google menghapus Pulau Phantom dari peta. Namun, tampilan satelit masih dilaporkan memberikan jejak pulau yang kini menghilang. Saat ini, belum ada penjelasan detail tentang pulau aneh itu, tetapi pulau itu telah terlihat beberapa kali selama bertahun-tahun.

Banyak yang percaya bahwa pulau misterius ini itu bisa jadi rakit laut batu apung yang merupakan sisa-sisa terapung dari letusan subaerial pantai atau gunung berapi yang tenggelam. Rakit tersebut dapat melakukan perjalanan ribuan mil yang memungkinkan Kapten Cook melihat sesuatu yang serupa saat itu.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Pulau Phantom Muncul di Google Maps, Tapi Tidak Ada di Dunia Nyata 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Temuan Benda Ritual di Candi Kethek, Tempat Pembebasan Dosa

+ PLUS Temuan Benda Ritual di Candi Kethek, Tempat Pembebasan Dosa

Penelitian di Candi Kethek yang berlokasi di lereng Gunung Lawu menemukan sejumlah benda-benda dan alat ritual yang terkait dengan upacara pemujaan, ruwatan, dan pembebasan kutukan serta dosa.

Berita Terkini

Jam Pintar Mi Band 7 Pro Dengan Sejumlah Fitur Unggul, Cek Yuk

Perusahaan elektronik asal China, Xiaomi mengadirkan salah satu jam pintar premiumnya, Mi Band 7 Pro.

Bagaimana Cara Charger HP Yang Benar, Agar Baterai Awet

Baterai handphone atau HP merupakan komponen vital pada perangkat gawai. Sehingga cara charger HP yang benar bisa membuat baterai lebih awet.

Raih Kejayaan pada 1990-an, Pager Masih Jadi Andalan di Rumah Sakit

Sebagai alat komunikasi, pager meraih kejayaan hingga dipakai 61 juta pengguna pada 1990-an. Tidak peduli seberapa canggih smartphone saat ini, pager tetap jadi andalan di kalangan tenaga medis.

HP Huawei Terbaru, Nova 10 Series Meluncur di China

Smartphone baru dari Huawei, yakni Huawei Nova 10 dan Nova 10 Pro meluncur ke pasaran dan sudah bisa dipesan di negeri Tirai Bambu.

Realme C30 Hadir di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan Ini Spesifikasinya

Smartphone baru dari Realme yakni Realme C30 resmi hadir di Indonesia dengan harga Rp1 jutaan dan daya baterai besar.

Rekomendasi Smart TV Harga Rp1 Jutaan, Pilih Yang Mana?

Kemajuan teknologi selain smartphone juga perangkat elektronik dengan hadirnya smart TV. Tertarik? Ini rekomendasi smart TV harga 1 jutaan rupiah.

JLB Endurance Peak II, Bikin Olahraga Tambah Asyik

Penggemar olahraga biar tambah asyik kegiatan mengolah tubuh, bisa ditemani perangkat audio dari JBL.

Ini Cara Buka Email Jika Kamu Lupa Password

Pernah mengalami kesulitan membuka email gegara lupa password? Jika iya, ada cara untuk membukanya kembali.

Belum Daftar PSE, Game Online Ini Terancam Diblokir Kementerian Kominfo

Game online seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends (ML) terancam diblokir Kementerian Kominfo.

Youtube Keluarkan Tiga Aturan Baru, Cegah Penipuan

Youtube mengeluarkan tiga aturan baru sebagai solusi dalam menghadapi akun-akun penyamar yang bisa digunakan untuk penipuan.

Begini Cara Download Story Instagram Yang Kamu Suka

Story Instagram sering memuat foto, informasi dan video. Jika kamu ingin menyimpannya, bisa dengan cara download story Instagram.

Cara TikTok Menghasilkan Uang, Bisa Kamu Coba Sob...

Apakah aplikasi TikTok bisa menghasilkan uang, ternyata bisa sob. Begini cara Tiktok menghasilkan uang yang bisa kamu coba.

Cara Screenshot Panjang, Mudah Atau Sulit?

Informasi yang ada di layar terkadang cukup panjang, namun karena ketidaktahuan maka kita dibuat repot ketika harus menyimpannya, berikut cara screenshot panjang.

Mau Bikin NFT Pasrahkan Saja Kepada Aplikasi Ini

Fitur NFT Woilo buatan Woilo memungkinkan penggunanya membuat NFT dengan proses kurang dari 1 menit dan tidak ribet.

Banyak Untung! Pakai XL Axiata dapat Cashback Plus Internet Ngebut

Paket internet dari XL Axiata memberikan sejumlah keuntungan bagi pengguna.

Deretan Smartphone Ini Memiliki Baterai Terbaik di 2022

Ada sejumlah smartphone yang beredar di Indonesia dan memiliki performa baterai HP terbaik pada 2022, apa saja?