SOLOPOS.COM - Komodo. (Detik)

Solopos.com, MANGGARAI BARATPemerintah berencana membangun Museum Komodo di Pulau Komodo. Museum sebagai tempat wisata sekaligus pusat penelitian komodo itu berlokasi di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pembangunan Museum Komodo merupakan bagian rencana penataan Pulau Komodo sebagai kawasan konservasi. Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Marius Jelamu, menjelaskan, museum itu nantinya berisi berbagai ragam informasi terkait komodo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Akhirnya Komodo Masuk 7 Keajaiban Dunia

Ekspedisi Mudik 2024

“Museum Komodo akan dilengkapi fasilitas audiovisual tentang proses pengembangbiakan komodo sebagai pengetahuan untuk wisatawan. Sebab, tidak semua wisatawan paham proses komodo berkembang biak,” tegas Marius Jelamu yang didampingi Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Valery Guru, sebagaimana dilansir Antara, Rabu (2/10/2019).

Marius Jelamu menambahkan, Museum Komodo dilengkapi informasi tentang ekosistem dan keragaman hayati yang tersebar di Pulau Komodo. Museum ini memiliki berbagai dokumen ilmiah tentang sejarah Komodo hingga destinasi wisata internasional itu ditetapkan sebagai New Seven Wondered of Nature di dunia.

Baca juga: Pulau Komodo Ditutup 2020

“Nantinya, Museum Komodo selain sebagai tempat wisata juga menjadi pusat penelitian para ahli tentang komodo,” sambung Marius Jelamu.

Berbagai hasil riset tentang komodo maupun keragaman hayati lainnya akan disediakan lengkap di dalam Museum Komodo. Para peneliti bisa mendapatkan beragam informasi untuk penelitian tentang komodo di museum yang segera dibangun tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya