SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengungkapkan perantau asal Weru sudah dinyatakan positif corona sejak masih di Jakarta.

Kasus ke-78 positif Covid-19 di Sukoharjo itu pulang dari Jakarta ke Weru naik bus. Perempuan berusia 53 tahun itu tiba di Weru, Selasa (16/6/2020) dini hari.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Menurut Yunia, warga Weru itu dinyatakan positif corona di Jakarta. Setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dilonggarkan, perantau tersebut pulang ke kampung halaman.

Baru Sebulan Dibeli, Sepeda Lipat Seharga Rp3,5 Juta Milik Warga Sumber Solo Digondol Maling

Saat ini, Yunia mengatakan gugus tugas tengah melakukan tracing atau pelacakan kontak perantau yang positif corona di Weru, Sukoharjo, itu.

"Gugus tugas masih melakukan penelusuran masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien positif corona," ujar dia kepada Solopos.com, Selasa.

Dengan tambahan satu kasus ini, total jumlah kasus positif Covid-19 di Sukoharjo menjadi 78 kasus. Dari jumlah itu, berdasarkan data di situs corona.sukoharjokab.go.id, 50 orang di antaranya telah sembuh.

45 Anggota DPRD Boyolali Jalani Rapid Test Covid-19, Ini Hasilnya

Tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 Sukoharjo mencapai 64,10%. Selebihnya yakni 18 orang (23,7%) menjalani isolasi mandiri, 6 orang (7,9%) rawat inap, dan empat orang (5,1%) meninggal.

Dua Perantau

Sebelum kasus dari Weru tersebut, sebelumnya juga ada dua perantau yang pulang ke Sukoharjo dan positif corona. Pertama, warga Kartasura yang merantau ke Jakarta dan bekerja sebagai petugas satpam.

Pesangon Ribuan Eks Karyawan Belum Dibayar, Tyfountex Sukoharjo Dapat Peringatan Dari Pengadilan

Kedua, seorang warga Bulu, Sukoharjo, yang merantau ke Surabaya dan bekerja sebagai bakul jamu. Di sisi lain jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) totalnya 119 orang. Dari jumlah itu, 92 orang dipastikan negatif corona.

Sisanya sebanyak 14 orang masih dirawat inap, enam orang menjalani isolasi mandiri. Sedangkan tujuh orang meninggal dunia. Di sisi lain, jumlah orang dalam pemantauan atau ODP totalnya 697 orang.

Hasil Rapid Test Pedagang Pasar Klithikan Solo Semua Nonreaktif, Kepala DKK Kaget

Perinciannya, sembilan orang masih menjalani rawat inap, 30 oang isolasi mandiri, 655 orang selesai masa pemantauan 14 hari. Jumlah ODP yang meninggal dunia ada tiga orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya