Petugas mengenakan baju pelindung di sebuah pasar seafood yang telah ditutup di Wuhan, Hubei, China, Jumat (10/1/2020). Pasar seafoof diduga terkait penyebaran virus corona (coronavirus). (Reuters-Stringer)

Solopos.com, JAKARTA -- Ada kabar melegakan di tengah kekhawatiran penyebaran virus corona. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianto Saroso Jakarta menyatakan satu pasien yang sebelumnya dirawat di rumah sakit itu tidak terjangkit atau suspect negatif virus corona (nCov).

"Untuk saat ini, di RSPI Sulianti Saroso tidak ada pasien virus corona karena pasien di RSPI bukan suspect nCov," kata Humas RSPI Wiwiek melalui keterangan tertulis via WhatsApp di Jakarta, Sabtu (25/1/2020).

Hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) yang muncul hari ini menunjukkan bahwa pasien tersebut negatif coronavirus atau tidak terjangkit sama sekali oleh virus yang muncul kali pertama di Kota Wuhan, China, itu.

Tepuk Tangan Anak Soleh Sempat Dilarang di DIY, Fraksi PAN Protes

Laporan tersebut juga telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Sekretaris Direktorat Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto. Kemenkes juga telah memperoleh laporan yang sama dari RSPI.

"Benar, pasien di RSPI tidak terkena virus corona," ujarnya.

Pasien tersebut, tambahnya hanya menderita Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Pasien tersebut sudah diperbolehkan untuk kembali ke rumahnya, tetapi memilih untuk bertahan di rumah sakit karena kondisinya masih lemah.

"Belum pulang. Sudah dibolehkan pulang, tetapi belum bersedia karena masih lemah," katanya.

Mahasiswi Klaten Terisolasi di Apartemen Wuhan China, Andalkan Isi Kulkas

Achmad mengemukakan pasien tersebut meminta untuk dibawa ke RSPI pada Jumat (24/1/2020) karena menderita demam setelah kembali dari China sekitar sepekan lalu.

"Saya tidak tahu pasti kapan dia kembali ke Indonesia, tapi kurang lebih sekitar seminggu lalu," lanjut Achmad.

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten