Tutup Iklan
PUGAR KANTOR SETDA : Pemkab Klaten Siapkan Rp10 Miliar

KLATEN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyiapkan total anggaran senilai Rp10 miliar untuk memugar sekretariat daerah (setda) setempat pada 2014 mendatang.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapeda) Klaten, Bambang Sigit Sinugraha, mengatakan pemugaran Setda Klaten itu difokuskan pada Gedung A yang berbentuk letter L. Dia menilai bangunan Gedung A itu sudah layak dipugar karena usianya sudah semakin tua.

“Dari beberapa gedung di setda, hanya Gedung A yang masih berlantai I. Rencananya kami akan membangun gedung dua lantai,” ujar Bambang kepada Solopos.com, Jumat (29/3/2013).

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, saat ini Gedung A dijadikan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta Kantor Humas. Dia menganggap Kantor Disdukcapil membutuhkan tempat yang lebih representatif dari kondisi sekarang.
“Rencananya lantai II sebelah timur akan digunakan sebagai Kantor Bupati. Di bawahnya tetap digunakan sebagai Kantor Humas,” terang Bambang.

Pengalokasian dana senilai Rp10 miliar untuk memugar Setda Klaten pada 2014 itu menuai kritikan dari Perhimpunan Pemuda Pemudi (Permadi) Klaten. Ketua Permadi Klaten, Dwi Harjoko, menganggap kondisi semua gedung di Setda Klaten saat ini masih layak untuk digunakan hingga lima tahun ke depan.

“Kondisinya masih layak, mestinya pemugaran setda itu tidak menjadi prioritas,” ujar Dwi.

Dwi berharap Pemkab Klaten lebih fokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat, peningkatan layanan pendidikan dan menyediakan lapangan pekerjaan. Dia menilai Pemkab Klaten selama dua tahun terakhir lebih mengedepankan pembangunan fisik dari pada penanganan masalah sosial. Beberapa pembangunan fisik yang menyedot dana besar antara lain proyek Masjid Agung, pemugaran trotoar jalan sepanjang 5.000 meter, pembangunan Terminal Buntalan pada tahun ini dan lain-lain.

“Di Klaten masih tinggi angka pengangguran. Daripada memugar Setda Klaten, lebih baik mendirikan BLKI [Balai Latihan Kerja Industri] yang manfaatnya bisa dirasakan oleh kalangan pengangguran.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho