SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA–Siapa yang tak mengenal kolang kaling. Makanan yang terbuat dari buah pohon aren yang berbentuk lonjong dan pipih ini biasanya ramai diburu selama puasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kolang kaling menjadi salah satu makanan idola untuk melengkapi buka puasa. Rasanya yang kenyal, membuat makanan ini enak disantap dengan menu es.

Sejumlah pedagang kolang-kaling di Pasar Beringharjo mengaku kebanjiran pembeli selama puasa ini. Pemilik Kios kolang kaling dan buah Iin, Sherly mengungkapkan, sejak menjelang puasa, penjualan meningkat drastis dari biasanya hanya sekitar dua kuintal per hari, kini ia mampu menjual hingga sekitar dua ton kolang-kaling per hari.

“Ramainya kalau tahun ini mulai sejak H-2 menjelang puasa kemarin,” ujarnya saat ditemui di kiosnya yang berlokasi di lantai dua pasar Beringharjo Timur, Minggu (22/7).

Ia menambahkan, tradisi menikmati takjil setiap buka puasa di masyarakat misalnya kolak yang menggunakan bahan kolang kaling ini sangat menguntungkan pedagang.

Meningkatnya permintaan ini pun membuat harga kolang kaling naik hingga dua kali lipat. Jika hari biasa per kilogram kolang kaling bisa didapatkan dengan harga Rp4.500 hingga Rp5.000, kini untuk kualitas pertama mencapai Rp8.000.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya