SOLOPOS.COM - Bendahara DPD PDIP Jawa Tengah, Agustina Wilujeng Pramestuti, saat ditemui wartawan di Solo, Minggu (24/4/2022). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Politikus PDIP yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani, menggelontorkan bantuan beras sebanyak 350.000 sak untuk masyarakat Jawa Tengah (Jateng). Bantuan tersebut harus sudah selesai dibagikan kepada masyarakat saat Lebaran 2022.

Penjelasan itu disampaikan Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng Pramestuti, saat diwawancarai wartawan ketika berkunjung ke Solo, Minggu (24/4/2022). Kedatangannya ke Soloraya untuk menyalurkan bantuan beras tersebut kepada masyarakat Sragen.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Mendekati Lebaran tahun ini, penyaluran beras Puan terus diintensifkan. Menurutnya, satu sak beras bantuan itu berisi 5 kilogram.

“Mbak Puan menurunkan 350.000 sak beras, dengan per sak lima kilogram. Saya petugas distribusi hitungnya pack. Karena harus ada petugas di ujung yang harus mendistribusikan beras ini di seluruh Jateng,” terangnya.

Baca Juga: Beras Puan Disalurkan kepada Pemulung dan Petugas Sampah di Sukoharjo

Agustina menerangkan telah dibuat sistem penyaluran beras Puan Maharani itu di seluruh wilayah Jateng, yakni dengan menunjuk satu orang komandante yang membawahi beberapa kelurahan atau desa. Ia setidaknya harus menyebarkan 300 pack beras sebelum Lebaran.

“Ini salah satunya. Saya muter tadi di sejumlah lokasi di Sragen. Bukan apa-apa yang penting beras itu sampai ke masyarakat. Media membantu kita mengumumkan bahwa beberapa titik di Sragen sudah dibagi beras dari Mbak Puan,” katanya.

Ihwal alasan Puan membagikan beras, menurut Agustina, untuk membantu masyarakat Jateng. Setidaknya bisa membantu masyarakat di momentum hari Lebaran di mana aktivitas ekonomi berhenti atau break sehingga sebelum Lebaran harus selesai.

Baca Juga: Jelang Lebaran, 60 Ton Paket Beras Mbak Puan Dibagikan di Klaten

Puan Kunjungi Soloraya

“Mengapa Mbak Puan mengirimkam beras kepada masyarakat ya berharap setiap keluarga di Jateng dalam menghadapi Lebaran memiliki sesuatu untuk dinikmati. Karena Lebaran itu break. Tidak mencari rezeki,” urainya.

Agustina menjelaskan selain menggelontorkan bantuan beras, Puan Maharani juga dijadwalkan berkunjung ke Soloraya pada pekan ini. Puan akan mendatangi sejumlah lokasi di Sragen, Karanganyar, dan Wonogiri.

Di Sragen, Puan akan melihat kondisi New Kemukus. “Ada beberapa titik, di Sragen ada dua lokasi, salah satunya New Kemukus yang diubah dari konsep lama dengan konsep baru. Harapannya begitu Mbak Puan berkunjung ke Gunung Kemukus bisa jadi berita nasional, dan semakin banyak yang datang,” terangnya.

Baca Juga: Giliran Sukoharjo, Puan Maharani Gelontorkan 12.000 Sak Beras Premium

Apalagi, menurut Agustina, New Kemukus cukup bagus dan indah sebagai alternatif destinasi wisata. Sedangkan di Wonogiri Puan akan mengunjungi wilayah Paranggupito. Ia akan meresmikan bantuan air bersih.

Selanjutnya di Karanganyar Puan akan berkunjung ke Pasar Jaten. “Di Karanganyar dilihat dulu apa bisa ke pasar Jaten atau tidak. Karena kalau sampai situ sudah siang pasarnya sudah tutup. Belum di-fix-kan di Pasar Jaten. Tapi pasti bersama kawan-kawan struktur partai dan undang warga kasih simbolis bantuan beras,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya