SOLOPOS.COM - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Jokowi dan Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau Pusat Persemaian Modern (Nursery Center) Mentawir di Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada Rabu (22/6). (Twitter/@KemenPU)

Solopos.com, JAKARTA—Ketua DPR RI Puan Maharani ikut dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan, termasuk sejumlah pimpinan media massa meninjau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Rabu (22/6/2022).

Presiden Jokowi tidak berkomentar banyak ketika awak media mengonfirmasi soal keberadaan Puan di dalam rombongan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Silakan aja ditafsirkan sendiri. Yang penting [tafsirannya] ojo kesusu,” ujar Jokowi sambil berseloroh.

Baca Juga: Video Jokowi Menghadap Megawati Viral, Puan Maharani Diserang Netizen

Ekspedisi Mudik 2024

Keberadaan Puan di sekitar Jokowi memang menimbulkan berbagai asumsi, salah satunya adalah terkait bakal calon presiden (bacapres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pasalnya, PDIP tengah menghelat Rakernas II di Jakarta dengan salah satu agendanya adalah konsolidasi strategi menghadapi Pemilu 2024.

Lebih jauh, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan saat ini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tengah mempertimbangkan sosok calon presiden untuk diusung partai di Pilpres 2024.

“Aspek ideologi sangat penting, mutlak, tak bisa ditawar-tawar,” kata Hasto, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Di Luar Dugaan, Ini Kata Rudy PDIP Solo Tentang Spanduk Puan-Gibran

Namun, Hasto belum bisa memastikan kapan Megawati akan mengumumkan nama capres dari PDIP. Berdasarkan hasil survei beberapa lembaga dan informasi yang santer beredar, PDIP memiliki dua kader kuat yang digadang akan maju di Pilpres 2024. Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Walhasil, keikutsertaan Puan dalam kunjungan kerja Jokowi ke Kalimantan Timur, menimbulkan banyak praduga terkait dukungan Sang Presiden. Sayangnya, saat dimintai konfirmasi terkait hal tersebut, Jokowi enggan memastikannya.

“Pak Ganjar gak ada di sini. Kalau ada Pak Ganjar, Saya jawab,” katanya.

Baca Juga: Misterius! Bukan Projo, Siapa Pemasang Spanduk Gibran-Puan di Solo?

Diketahui, beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju juga ikut dalam kunjungan kerja Jokowi kali ini di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Salah satu agenda kunjungan Jokowi ke Kalimantan Timur adalah untuk meninjau progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Tiba di lokasi, Presiden langsung menyimak pemaparan panel dan maket bendungan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko. Selepas melihat progres pembangunan bendungan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tiba-tiba menyampaikan pengumuman.

“Bapak Presiden, Ibu Puan, ini ada kelapa muda, khusus untuk Bapak Presiden dan para pemred. Tuan rumah nggak,” ujar Menteri PUPR disambut tepuk tangan mereka yang hadir.

Baca Juga: Polri Berkantor di IKN Nusantara Bertahap Mulai 2024, Begini Rencananya

Presiden Jokowi pun mengambil satu kelapa muda, diikuti oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan sejumlah menteri yang turut mendampingi, serta para pemimpin redaksi media massa.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Ada Puan di Kunker Jokowi ke Kalimantan Timur, Jadi Pertanda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya