Puan Maharani usai dilantik sebagai Ketua DPR. (Antara-M. Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani mengatakan meski DPR bersinergi dengan pemerintah, namun bukan berarti lembaga legislatif tersebut akan menjadi "tukang stempel" atas berbagai kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penegasan itu disampaikan Puan Maharani saat memperkenalkan jajaran pimpinan DPR periode 2019-2024 kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Selasa (8/10/2019). Sebelumnya Puan turut berkeliling Kompleks Parlemen untuk meninjau berbagai fasilitas termasuk pusat jajan Pujasera dan ruang Pressroom DPR yang berada di Gedung Nusantara III.

Baca juga: Netizen Komentari Pelantikan Puan Maharani Jadi Ketua DPR

Dalam kunjungan itu, Puan didampingi Sekjen DPR Indra Iskandar dan tiga Wakil Ketua DPR masing-masing Rachmat Gobel, Aziz Syamsuddin, dan Sufmi Dasco Ahmad. Sedangkan Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar berhalangan hadir.

Menurut Puan, sebagai mitra pemerintah DPR akan selalu bersikap kritis terhadap kebijakan pemerintah yang tidak pro-rakyat. Begitu juga sebaliknya.

Karena itu, tugas pengawasan yang dijalankan DPR tidak terhalang oleh perbedaan sikap politik dan dinamika yang biasa terjadi di Senayan. Namun demikian, Puan mengharapkan sinergi antara pemerintah dan DPR akan selalu terjaga dengan semangat gotong royong.

“Jadi DPR bukan menjadi tukang sempel atas kebijakan pemerintah,” ujarnya.

Baca juga: Puan Persilakan Mahasiswa Demo Saat Pelantikan Jokowi-Maruf

Pada kesempaan itu Puan juga memperkenalkan tugas masing-masing empat wakil ketua DPR dan berharap ke depannya akan menjalankan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

"Kami sudah mengambil satu keputusan tentang pembidangan yang akan dipikul dan menjadi tanggung jawab kami. Saya sudah berikan tupoksi pada wakil yang ada," kata Puan.

Pembagian tugas empat wakil ketua DPR terdiri dari Aziz Syamsuddin menjadi Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan, Sufmi Dasco Ahmad menjadi Wakil Ketua DPR Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Kemudian Rachmat Gobel menjadi Wakil Ketua DPR Bidang Industri dan Pembangunan dan Muhaimin Iskandar menjadi Wakil Ketua DPR Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Baca juga: LHKPN Pimpinan DPR: Total Kekayaan Puan Rp363 M, Muhaimin Rp14 M

"Saya berikan penugasan kepada empat wakil ketua DPR. Insya Allah apa yang kami lakukan secara gotong royong," ujarnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten