SOLOPOS.COM - Puan Maharani (Antaranews.com)

Solopos.com, KLATEN—Ketua DPR RI, Puan Maharani, dijadwalkan menghadiri peresmian jembatan gantung Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Kamis (20/1/2022). Selain ke Girpasang, rombongan Puan beserta sejumlah anggota DPR dijadwalkan mengunjungi wilayah Polanharjo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Puan Maharani berkunjung ke sejumlah wilayah di Soloraya, Rabu-Kamis (19-20/1/2022). Kunjungan Puan ke Klaten direncanakan digelar pada Kamis seusai menghadiri peresmian Pasar Legi di Kota Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setelah dari Solo, rombongan Puan bersama sejumlah anggota DPR RI berkunjung di Kecamatan Polanharjo, Klaten, untuk melakukan penebaran benih ikan di Desa Nganjat.  Setelah mampir di salah satu restoran di wilayah Polanharjo, rombongan bertolak ke Desa  Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang untuk menghadiri peresmian jembatan gantung Girpasang. Dijadwalkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, hadir dalam peresmian jembatan gantung Girpasang pada Kamis.

Baca Juga: Jembatan Girpasang Banjir Pengunjung, Gondola Penumpang Ikut Untung

“Rencana memang ada [dialog dengan warga Girpasang]. Kegiatan tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Plt. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Pandu Wirabangsa, saat ditemui Solopos.com di Setda Klaten, Rabu.

Jembatan gantung Girpasang dibangun Kementerian PUPR pada 2021 dan pembangunan rampung pada awal Januari 2022. Jembatan membentang sejauh 120 meter di atas jurang sedalam 150 meter antara Dukuh Ngringin dengan Girpasang, Tegalmulyo. Jembatan itu dibangun untuk memudahkan akses warga Girpasang yang tinggal di punggung bukit lereng Gunung Merapi.

Selama ini, perkampungan Girpasang yang dihuni 12 keluarga terdiri atas 34 jiwa terpisahkan jurang dengan permukiman lainnya di Tegalmulyo. Untuk menjangkau akses kesehatan, ekonomi, hingga pendidikan, warga melintasi jalan setapak dengan lebih dari 1.000 anak tangga di tepian jurang.

Baca Juga: Pekan Ini Jembatan Gantung Girpasang Klaten Segera Diresmikan

Belakangan, jembatan gantung itu memikat pengunjung dari berbagai daerah untuk berdatangan. Mereka penasaran dengan jembatan tersebut dan menjajal menyeberanginya.

Salah satu tokoh masyarakat Girpasang, Giyanto, menyampaikan terima kasih dengan rampungnya pembangunan jembatan yang sejak lama diimpikan warga. “Jembatan gantung sangat membantu warga Girpasang dari segi akses juga segi perekonomian sangat menunjang. Matur suwun dari rekan-rekan, pemerintah daerah sampai pemerintah pusat mengabulkan panyuwunnya warga Girpasang. Mudah-mudahan kami bisa memanfaatkannya dengan baik,” kata dia.

Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Tegalmulyo, Purnama, menjelaskan destinasi wisata Girpasang ditutup untuk umum selama sehari pada Kamis (20/1/2022). Penutupan itu dilakukan lantaran ada peresmian jembatan gantung Girpasang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya