SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Sebanyak 30 petani binaan di wilayah Lamongan dan Bojonegoro, Jawa Timur, mendapatkan subsidi bibit tebu senilai Rp165,4 juta atau setara 254,5 ton bibit tebu varietas unggul dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X.

Direktur Operasional PTPN X, Aris Toharisman, mengatakan pembagian bibit tebu varietas unggul ini merupakan bagian dari upaya perseroan untuk meningkatkan kinerja industri gula, terutama dari sisi on farm.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pembagian bibit ini merupakan pembaharuan varietas dan penanaman ulang atau yang disebut bongkar ratoon karena saat ini bibit tebu yang ada di petani sudah mengalami degradasi,” jelasnya dalam rilis yang diterima Bisnis/JIBI, Rabu (13/2/2019).

Aris Toharisman mengatakan penggantian bibit baru dengan varietas unggul ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas tanaman tebu. Bibit baru tersebut diketahui memiliki potensi produksi sampai 150 ton/ha dan potensi rendemen sampai 12%.

“Diharapkan bibit varietas unggul ini bisa meningkatkan angka produktivitas dan berdampak pada penurunan harga pokok produksi (HPP) yang pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan pendapatan petani,” jelasnya.

Aris menambahkan dengan meningkatnya pendapatan petani tebu, diharapkan pula petani tebu kembali bersemangat untuk menanam tebu sehingga Indonesia bisa mencapai swasembada gula.

Adapun 254,5 ton bibit tebu varietas unggul tersebut diberikan kepada petani di 14 desa dan 6 kecamatan di Lamongan dan Bojonegoro untuk ditanam di lahan seluas 54,7 ha.

Pembagian bibit dilakukan langsung oleh Direktur Operasional PTPN X, Aris Toharisman, GM Pabrik Gula Djombang Baru di Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro pada 13 Februari 2019.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya