Tutup Iklan

PTM Terbatas di 824 SD dan SMP di Klaten Bakal Disidak secara Rutin

Sri Mulyani mengatakan sidak dilakukan oleh lima tim yang menyebar ke berbagai sekolah terutama yang menyelenggarakan PTM terbatas.

 Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengecek pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di SMPN 6 Klaten, Selasa (28/9/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengecek pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di SMPN 6 Klaten, Selasa (28/9/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Inspeksi mendadak (Sidak) ke sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bakal digelar secara rutin. Hal itu dilakukan untuk mencegah munculnya klaster Covid-19 di sekolah.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menjelaskan sidak dilakukan oleh lima tim yang menyebar ke berbagai sekolah terutama yang menyelenggarakan PTM terbatas, Selasa (28/9/2021). Hingga kini di Klaten tak ditemukan klaster Covid-19 dari penyelenggaraan PTM.

“Kami melakukan sidak hari ini karena di Jawa Tengah itu klaster PTM mendominasi. Sehingga saya dan Dinas Pendidikan serta jajaran melakukan sidak ini untuk melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan PTM di Klaten,” kata Mulyani saat ditemui wartawan di sela Sidak di SMPN 6 Klaten, Selasa (28/9/2021).

Baca Juga: Dukung Swasembada Daging, Kesehatan Reproduksi Sapi Boyolali Dipantau

Mulyani mengatakan dari Sidak yang dia gelar di dua sekolah yakni SDN 3 Klaten dan SMPN 6 Klaten, penyelenggaraan PTM sudah sesuai protokol kesehatan. Dia berharap protokol yang sudah dijalankan selama ini bisa konsisten diterapkan.

“Saat masuk sudah ada pengecekan suhu, mencuci tangan menggunakan sabun termasuk pembatasan anak-anak yang masuk 50 persen [dari kapasitas],” jelas Mulyani.

Terkait vaksinasi kepada kelompok pelajar usia 12 tahun hingga 17 tahun, Mulyani mengatakan hingga kini masih terus dikebut. Vaksinasi kepada kelompok pelajar dilakukan melalui Kodim dan Polres Klaten.

Baca Juga: RAPBD Kabupaten Boyolali 2022 Rp2,27 Triliun

 

56 Persen

Secara umum, Mulyani mengatakan pencapaian vaksinasi di Klaten saat ini sekitar 56 persen dengan jumlah warga yang sudah menerima vaksinasi sekitar 560.000 orang. Klaten berada pada urutan kelima pencapaian terbanyak vaksinasi di Jawa Tengah.

“Harapan saya dengan Pak Kapolres dan Pak Dandim pada 1 Oktober capaian vaksinasi di Klaten mencapai 70 persen,” kata Mulyani.

Kepala SMPN 6 Klaten, Eguh Setyo Surono, mengatakan PTM sudah bergulir sejak dua pekan lalu. Pembatasan yang diterapkan yakni siswa yang mengikuti PTM hanya 50 persen dari total jumlah siswa per kelas.

Baca Juga: Kucing, Hewan Paling Banyak Divaksin Rabies di Wonogiri

Jumlah total siswa di SMPN 6 Klaten ada 795 orang. “Sistem siswa masuk kami buat sif pergantian berdasarkan hari bukan pagi dan siang. Untuk vaksinasi sebagian siswa sudah menerima vaksinasi. Sebagian lagi akan mengikuti vaksinasi besok [Rabu (29/9/2021)],” kata Eguh.

Kepala Dinas Pendidikan Klaten, Wardani Sugiyanto, mengatakan ada 115 SMP serta 709 SD yang menggelar PTM terbatas. Hingga kini, pengawasan terus dilakukan Dinas Pendidikan untuk memastikan protokol kesehatan ketat diterapkan oleh masing-masing sekolah.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tersesat di Gunung Merbabu, WNA Asal Ukraina Ditemukan Selamat

Seorang warga negara asing (WNA) asal Ukraina yang tersesat di Gunung Merbabu ditemukan dalam kondisi selamat pada Minggu (5/12/2021) dini hari.

8.122 Ha Sawah di Sukoharjo Bisa 4 Kali Panen Setahun, Ini Rahasianya

Lahan sawah di Kabupaten Sukoharjo yang menerapkan IP400 dan bisa panen empat kali setahun bertambah 3.122 hektare dari 5.000 hektare menjadi 8.122 hektare.

Water Barrier Terpasang, Pengendara Lawan Arus Nihil di Jensud Wonogiri

Tak ada lagi kendaraan yang melawan arus sejak pembatas jalan portabel atau water barrier di pertigaan Jl. Jenderal Sudirman (Jensud) dekat Toko Emas Semar Nusantara, kawasan Kota Wonogiri, kembali dipasang, sepekan lalu.

Solo Ditetapkan Jadi Kota Pemajuan Kebudayaan Indonesia, Apa Artinya?

Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) menetapkan Solo sebagai kota pemajuan kebudayaan Indonesia saat kongres di Bogor pekan lalu.

Perhutani Kenalkan Penghijauan Sejak Dini kepada 30 Siswa TK

Sekitar 30 siswa mengikuti penanaman pohon di seputaran Embung Pincil, Desa Ngrombo, Kecamatan Tangen, Sragen, Jumat (3/12/2021).

Peserta Karanganyar Tourism Great Sale Bertambah Jadi 197

Jumlah peserta Karanganyar Tourism Great Sale 2021 bertambah menjadi 197 pelaku usaha wisata. Sekitar sepekan yang lalu, peserta baru 90 pelaku usaha wisata.

Festival Payung di Balekambang Solo, Cantik Sekaligus Sarat Makna

Setelah sempat pindah lokasi beberapa kali, festival payung Indonesia (Fespin) kembali digelar di Solo akhir pekan ini.

Angka Covid-19 di Karanganyar Sempat Naik, Prokes Jangan Lengah Lur!

Warga diimbau tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) menyusul adanya kenaikan kasus aktif positif Covid-19 di Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

Hilang, Sepeda Motor Warga Sukoharjo Dijual Si Pencuri di Facebook

Sepeda motor milik Supriyanto, 54, warga Perumahan Pondok Baru Permai, Gentan, Kecamanatan Baki, Sukoharjo digondol maling pada Jumat (3/12/2021).

Alami Kecelakaan Tunggal di Gemolong Sragen, Warga Plupuh Meninggal

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di Dukuh Grogol, Desa Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, Minggu (5/12/2021).

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.