SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi guru. (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Vaksinasi Covid-19 untuk tenaga pendidik atau guru di Karanganyar dijadwalkan berlanjut ke tahap kedua. Vaksinasi untuk tahap kedua dijadwalkan dilakukan mulai Senin (31/5/2021). Di sisi lain, vaksinasi tahap pertama saat ini masih berjalan.

Vaksinasi menjadi salah satu syarat bagi sekolah kembali menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Kabar tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Nurini Retno Hartati, ketika dihubungi Solopos.com, Jumat (21/5/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengatakan saat ini vaksinasi untuk guru Karanganyar masih berlangsung di sejumlah wilayah puskesmas di masing-masing kecamatan.

Baca juga: Tegas! 18 Toko Modern Klaten Ditegur & Diminta Pindah Karena Terlalu Dekat Pasar Tradisional

Untuk bidang pendidikan Disdikbud Karanganyar, total terdapat 120 orang yang sudah divaksin. Sedangkan pendataan jumlah guru yang divaksin di masing-masing kecamatan diserahkan kepada wilayah kerja puskesmas setempat.

“Untuk vaksinasi yang tahap pertama sudah dilakukan dan masih berjalan. Untuk sasaran guru memang diserahkan ke masing-masing puskesmas di kecamatan wilayah kerja. Karena guru yang divaksin bukan hanya PAUD hingga SMP saja yang menjadi kewenangan kami. Tapi yang divaksin juga termasuk guru SMA dan SMK yang bukan wewenang kami termasuk juga tenaga harian lepas [THL] di lingkungan sekolah,” jelas dia.

Baca juga: 3 Zodiak Ini Berbakat Bikin Patah Hati...

Tanggung Jawab Puskesmas

Nurini menjelaskan vaksinasi tahap kedua untuk guru Karanganyar akan dilakukan langsung sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Rencananya, vaksinasi tahap kedua digelar mulai akhir Mei 2021.

“Tahap dua langsung dimulai pekan depan tanggal 31 Mei [2021]. Nanti untuk guru yang divaksin menjadi tanggung jawab masing-masing puskesmas,” papar dia.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinkes Karanganyar, Purwati, menyampaikan update vaksinasi bagi guru di Karanganyar.

Baca juga: Video Porno Diduga Bu Kadus, 3 Perangkat Desa di Kendal Diperiksa

Dia mengatakan sudah menerima data jumlah guru dan tenaga pendidik jenjang PAUD hingga SMA se-Kabupaten Karanganyar yang belum mendapatkan vaksin Covid-19. Jumlahnya cukup banyak, yakni mencapai 13.000 orang.

Kendati demikian, Karanganyar sudah mendapatkan pasokan vaksin Covid-19 yang di antaranya diperuntukkan bagi guru.

“Kemarin mendapatkan kiriman 33.000 dosis vaksin dan 13.000 dosis di antaranya untuk guru dan tenaga pendidik. Jadi berarti semua guru sudah saya alokasikan dan vaksinasi bisa selesai. Semoga semua bisa terlaksana dengan lancar,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya