SOLOPOS.COM - Telkom puncaki peringkat Top Companies 2022. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA–PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) akan mengakuisisi saham Perum Produksi Film Negara (PFN).

Hal ini agar hasil karya PFN dapat terdistribusi lebih baik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan terdapat rencana pengambilalihan saham pemerintah di PFN oleh Telkom.

Hal ini agar PFN dapat masuk ke ekosistem digital yang sudah dimiliki TLKM.

“Ada rencana juga Telkom ambil alih PFN, kemungkinan sedang kami kaji karena kami melihat ekosistem perfilman PFN kalau berdiri sendiri sulit,” ujar dia, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: Mantap, PT Telkom (TLKM) Bagi Dividen Rp14,86 Triliun

Alasan pelimpahan saham pemerintah ini agar PFN lebih berdaya saing, karena akan menggabungkan PFN dalam ekosistem di Telkom untuk produksi film yang nantinya ditayangkan di platform Telkom melalui Maxstream dan Indihome.

Berdasarkan laporan keuangan per 31 Maret 2022, Telkom meraup pendapatan Rp35,20 triliun pada kuartal I/2022, atau naik 3,72% dibandingkan periode sama tahun lalu Rp33,94 triliun.

Sementara laba bersih naik tipis 1,72 persen menjadi Rp6,11 triliun dari sebelumnya Rp6,01 triliun.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, tahun ini perseroan akan fokus melakukan upaya akselerasi untuk bertransformasi menjadi perusahaan digital telco.

Dia mengungkapkan setidaknya ada beberapa strategi utama yang akan direalisasikan TLKM untuk meningkatkan value bagi pemangku kepentingan hingga mewujudkan sustainable competitive growth.

Baca Juga: Mantap, Kapitalisasi Pasar GOTO Geser Telkom (TLKM)

“Langkah ini mulai memperlihatkan hasil yang baik, kami yakini akan berdampak positif bagi perusahaan dalam 2-3 tahun ke depan,” ujar Ririek dalam keterangan resmi.

Pendapatan TLKM didukung oleh kinerja IndiHome dan Digital Business Telkomsel yang menyumbangkan pendapatan terbesar.

Pada segmen fixed broadband, IndiHome membukukan pendapatan Rp6,9 triliun atau meningkat 7,9% yoy.

Pelanggan IndiHome hingga akhir Maret 2022 tercatat mencapai 8,7 juta, tumbuh 7,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Selain itu average revenue per user atau ARPU IndiHome berada di kisaran Rp270.000, didorong oleh pendapatan dari add-ons yang tumbuh 15,6% yoy yang berkontribusi sebesar 15,9% dari total pendapatan IndiHome.

Baca Juga: Telkomsel Hadir di Asrama Haji Donohudan, Ada Paket Khusus Jemaah Haji

IndiHome bekerja sama dengan beberapa content provider seperti Disney+ Hotstar dan Netflix yang dianggap mampu mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Sementara itu pada segmen mobile, Telkomsel membukukan pendapatan sebesar Rp21,3 triliun.

Pendapatan ini didukung jumlah pelanggan Telkomsel yang tercatat hingga akhir Maret mencapai 175 juta pelanggan dengan pengguna mobil data sebanyak 119,8 juta.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Telkom (TLKM) Bakal Akuisisi Perum Produksi Film Negara, Begini Alasannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya