SOLOPOS.COM - Mini sheet perangko dan kartu pos edisi Dilan 1990 di Kantor Pos Solo, Senin (19/3/2018). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

PT Pos Indonesia mengeluarkan perangko edisi khusus yang bisa dipakai mendengarkan soundtrack film “Dilan 1990”.

Solopos.com, SOLO — PT Pos Indonesia untuk kali kedua mengeluarkan perangko edisi khusus dengan teknologi Augmented Reality (AR). Jika pada edisi pertama mengangkat tema gerhana bulan total, kali ini temanya tentang film Dilan 1990.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Proklamasi. Hari ini, pada tanggal 22 Desember 1990, Dilan dan Milea, dengan penuh perasaan terlah resmi berpacaran. Hal2 mengenai penyempurnaan dan kemestraan akan diselenggarakan dalam tempo yang selama lamanya.”

Kalimat itu ditulis di selembar kertas bergaris dengan tulisan bersambung ala orang zaman dulu dan di bawahnya tertera tanda tangan bermeterai Rp500 oleh Dilan dan Milea. Selembar kertas yang sekilas mirip naskah proklamasi itu menyatu dalam paket perangko edisi khusus Dilan 1990.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ini kali kedua PT Pos Indonesia mengeluarkan perangko edisi khusus dengan teknologi AR. Yang pertama dulu edisi khusus gerhana bulan total, PT Pos pakai teknologi AR sehingga melalui aplikasi AR pemilik perangko bisa melihat gambar tiga dimensi gerhana bulan total,” kata Manager Keuangan Kantor Pos Besar Gladak Solo, Imron Rosadi, saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (19/3/2018).

Sementara pada perangko edisi khusus Dilan, aplikasi AR yang bisa diunduh pada website resmi PT Pos Indonesia tidak hanya bisa melihat gambar dua dimensi yang bergerak pada perangko, tetapi juga dapat mendengarkan soundtrack film Dilan 1990.

“Uniknya untuk yang Dilan ini bisa mendengarkan soundtrack film Dilan 1990. Salah satunya yang berjudul Dulu Kita Masih SMA,” tutur Imron.

Caranya, setelah membuka aplikasi AR, arahkan kamera ke gambar perangko, kemudian muncul tombol play. Tekan tombol tersebut kemudian akan muncul gambar dua dimensi disertai lagu film Dilan 1990.

PT Pos Indonesia Solo mendapat pasokan perangko edisi khusus Dilan 1990 sebanyak 50 paket dan kartu pos Dilan 1990 sebanyak 80 item pada Kamis (15/3/2018) lalu. Satu paket perangko edisi khusus dijual Rp25.000 dan kartu pos seharga Rp12.000 per lembar.

Peminat perangko edisi khusus itu juga cukup tinggi. Bahkan kebanyakan pelanggan sudah inden sejak beberapa pekan sebelumnya. “Paket perangko sudah terjual 15 paket.”

Peminatnya kebanyakan dari kalangan remaja, seusia sekolah SMA dan kuliah. “Bahkan ada anak laki-laki masih SD juga datang ke kantor pos sendirian, cuma buat beli perangko itu.”

Penggunaan teknologi AR pada perangko edisi khusus tersebut memang menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, sampai saat ini, perangko edisi gerhana bulan total masih banyak dipesan.

Masyarakat yang penasaran dengan aplikasi AR dan perangko berteknologi AR tak perlu khawatir karena aplikasi AR ini kapasitasnya cukup ringan, hanya berkisar 43 MB. “Enggak bikin berat [memori ponsel] kok.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya