SOLOPOS.COM - Gambar rekaan artis mengenai kapal cepat rudal (KCR) 60 buatan PT PAL Surabaya yang merupakan pesanan TNI AL. (PT PAL)

Gambar rekaan artis mengenai kapal cepat rudal (KCR) 60 buatan PT PAL Surabaya yang merupakan pesanan TNI AL. (PT PAL)

Gambar rekaan artis mengenai kapal cepat rudal (KCR) 60 buatan PT PAL Surabaya yang merupakan pesanan TNI AL. (PT PAL)

SURABAYA – PT PAL Indonesia menargetkan penyelesaian pembuatan kapal cepat rudal (KCR) 60-M pesanan TNI AL pada pertengahan Maret 2014. Pesanan itu merupakan bagian dari tiga unit kapal sejenis yang diproduksi BUMN berbasis di Surabaya tersebut.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Dirut PT PAL Indonesia (Persero) M. Firmansyah Arifin mengatakan pada 2011 pihaknya menandatangani kontrak pesanan/pembuatan tiga unit KCR 60-M dengan TNI AL. Penyerahan keseluruhannya dijadwalkan hingga pertengahan Juni 2014. Produksi ketiga unit kapal perang itu dimulai tahun lalu. Kapal pertama akan diserahkan akhir Desember 2013 sedangkan kapal kedua pertengahan Maret 2014 depan dan ketiga pada pertengahan Juni 2014.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami bangga dapat kepercayaan TNI AL guna mendukung terciptanya kemandirian bangsa dalam memenuhi kebutuhan alat utama sistem persenjataan (alutsista), kepercayaan ini sekaligus merupakan komitmen memajukan industri pertahanan nasional,” ujarnya, Jumat (19/4/2013).

Firmansyah menambahkan keel laying/peletakan lunak KCR 60-M telah dilakukan pada Kamis (18/4/2013). Namun tidak dijelaskan berapa harga kapal perang itu per unitnya.

KCR 60-M disebutkan memiliki kemampuan olah gerak lincah dalam posisi tembak, dan mampu melaksanakan penghindaran dari serangan balasan musuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya