PT Kliring Berjangka Catatkan Barang Resi Gudang Capai Rp1,04 Triliun

PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) yang berperan sebagai Pusat Registrasi resi Gudang merilis kinerja resi gudang tahun 2022 sampai dengan kuartal III.

 

PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) merilis kinerja resi gudang tahun 2022 sampai dengan kuartal III. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) merilis kinerja resi gudang tahun 2022 sampai dengan kuartal III. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) yang berperan sebagai Pusat Registrasi resi Gudang merilis kinerja resi gudang tahun 2022 sampai dengan kuartal III.

Dalam rilisnya, Kamis (6/10/2022), KBI menyampaikan pada 2022 sampai dengan kuartal III nilai barang yang masuk dalam resi gudang mencapai Rp1,040 Triliun, atau meningkat 277% dibandingkan periode yang sama di tahun 2021 yaitu senilai Rp385,4 Miliar.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Pertumbuhan nilai barang ini ditopang resi gudang komoditas gula senilai Rp449 miliar dan timah senilai Rp437 Miliar.

Pertumbuhan positif juga terjadi pada nilai pembiayaan resi gudang, dimana pada 2022 sampai dengan kuartal III nilai pembiayaan mencapai Rp759,7 milliar.

Nilai pembiayaan ini meningkat 353% dibandingkan periode yang sama pada 2021 dimana nilai pembiayaan resi gudang mencapai Rp215,1 miliar.

Dari sisi jumlah registrasi, pada 2022 sampai kuartal III terjadi koreksi dari 481 RG di periode yang sama tahun 2021 menjadi 463 RG.

Baca Juga: Pengusaha Ayam Potong Diminta Manfaatkan Resi Gudang, Ini Alasannya

Adapun dari sisi jumlah komoditas, di tahun 2022 sampai dengan kuartal III komoditas yang masuk ke resi gudang mencapai 13 komoditas, sedangkan di kuartal III 2021 jumlah komoditas yang masuk RG mencapai 14 komoditas.

Dari sisi volume barang, pada 2022 sampai dengan kuartal III tercatat volume sebanyak 49.429.830 kg, meningkat 498 % dibandingkan periode yang sama di tahun 2021 sebanyak 9.932.704 kg.

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia Fajar Wibhiyadi, mengatakan pencapaian nilai resi gudang di atas Rp1 triliun ini merupakan angka tertinggi sejak resi gudang mulai berjalan di tahun 2008.

“Hal ini tentunya merupakan hal yang positif dalam pengembangan sistem resi gudang di Indonesia. Melihat banyaknya komoditas yang ada di Indonesia, kami optimis kedepan pemanfaatan resi gudang akan terus tumbuh. Kuncinya adalah sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk terus menerus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait manfaat resi gudang,” ujarnya dalam rilis.

“KBI sebagai Pusat Registrasi Resi Gudang, lanjutnya, selain menyiapkan sistem registrasi juga akan terus melakukan berbagai upaya untuk pengembangan resi gudang dalam bentuk program edukasi serta literasi, baik kepada para pemilik komoditas, kalangan bisnis, perbankan serta masyarakat luas,” imbuhnya.

Baca Juga: PT Kliring Berjangka Indonesia Catatkan Registrasi Gudang Tumbuh 22%

Sementara itu, Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang Komoditas Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Widiastuti mengatakan, Bappebti sangat mengapresiasi para pemangku kepentingan di ekosistem resi gudang ini, sehingga di kuartal III tahun 2022 ini nilai barang di resi gudang bisa melampaui 1 Triliun.

“Tentunya kedepan masih banyak pekerjaan rumah bagi semua pihak di ekosistem ini untuk terus meningkatkan pemanfaatan resi gudang. Sebagai regulator, Bappebti akan terus mengajak dan memberi ruang tidak hanya kepada pemilik komoditas, tapi juga bagi pemilik gudang, kalangan usaha dan juga sektor perbankan/lembaga pembiyaaan untuk secara bersama-sama meningkatkan pemanfaatan resi gudang,” ujarnya.

Terkait Sistem Resi Gudang, sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No 14 tahun 2021 yang merupakan perubahan Peraturan Menteri Perdagangan No 33 tahun 2020 tentang Barang dan Persyaratan Barang yang dapat disimpan dalam Sistem Resi Gudang, komoditas yang dapat masuk ke Sistem Resi Gudang meliputi beras, gabah, jagung, kopi, kakao, karet, garam, lada, pala, ikan, bawang merah, rotan, teh, rumput laut, gambir, timah, gula kristal putih, kedelai serta ayam karkas beku.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Operasional Ramah Lingkungan, Semen Gresik Raih Penghargaan Industri Hijau 2022

      Semen Gresik menerapkan inovasi teknologi yang mengacu pada reduce, reuse, and recycle pada proses produksi, dibarengi penggunaan energi baru terbarukan.

      Perkuat Sinergi, OJK Regional 3 Jateng-DIY Gelar FGD Literasi-Inklusi Keuangan

      Kantor OJK Regional 3 Jateng dan DIY menggelar FGD dengan wartawan dalam rangka memperkuat sinergi dan keterbukaan bidang stabilitas sistem keuangan, peningkatan literasi, dan inklusi daerah.

      Ada Promo Makan Sepuasnya Aneka BBQ di Aston Solo Hotel, Harganya Bikin Kaget!

      Aston Solo Hotel kembali memberikan promo makanan, yakni Barbeque Night dengan harga Rp70.000 nett per orang.

      Daftar Lengkap UMP 2023 di 33 Provinsi, Jawa Tengah Paling Rendah

      Berikut adalah daftar lengkap UMP 2023 di 33 provinsi di Indonesia. Jawah Tengah menjadi provinsi dengan UMP 2023 paling rendah yakni Rp1.958.169,69 atau naik 8,01%.

      Diluncurkan, Buku Panduan AKHLAK Culture Journey Jadi Pegangan Insan BUMN

      Buku AKHLAK Culture Journey akan menjadi pedoman bagi seluruh BUMN untuk mengevaluasi dan merefleksi penerapan fundamental AKHLAK di masing-masing BUMN.

      Sinergi BRI-Bio Farma Hadirkan Layanan Business Card Lewat Marketplace Medbiz

      BRI bersinergi dengan PT Bio Farma (Persero) menyediakan layanan perbankan secara holistik di bidang industri farmasi.

      Terungkap! Ini Biang Kerok Harga Telur Ayam Terus Naik

      Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyampaikan penyebab naiknya harga telur ayam di pasar saat ini akibat dampak dari afkir dini oleh peternak pada saat stok melimpah dan harga turun di kala momen lebaran lalu.

      Segini Gaji Panglima TNI, Intip Perinciannya

      Gaji panglima TNI terdiri atas gaji pokok sesuai kelas golongan juga tunjangan kinerja dan diperkirakan panglima TNI menerima Rp48.505.700 hingga Rp49.186.300 per bulan

      UMP 2023 Tertinggi di Pulau Jawa, Ini Daftarnya

      DKI Jakarta menjadi provinsi dengan UMP 2023 tertinggi di Pulau Jawa, disusul Provinsi Banten.

      Perusahaan Belanda akan Impor Produk Pertanian Indonesia

      Produk kopi, kemiri, kayu manis, dan lada memiliki peluang besar di pasar Belanda.

      Riset InsightAsia: Inilah 5 Dompet Digital Favorit Masyarakat Indonesia

      Ada lima pilihan favorit masyarakat Indonesia dalam menggunakan dompet digital atau e-wallet.

      Peringati Hari Menanam Pohon 2022, PLN Tanam 19.000 Pohon di Sejumlah Wilayah

      PLN secara serentak melakukan kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berupa penanaman pohon di sejumlah wilayah di Indonesia.

      Yuk Borong, Harga Jual Emas di Pegadaian Selasa, 29 November 2022 Variatif

      harga emas yang dijual di Pegadaian pada Selasa (29/11/2022) bervariatif antara emas UBS dan Antam.

      IHSG Berpotensi Turun Terbatas, Ini Rekomendasi Saham

      Pelemahan ini tercermin dari IHSG yang masih dalam pola triangle, dari candle lower low dan penutupan di bawah 5 Day MA.

      Duh, Separuh Produksi Rokok Nasional Sudah Gunakan Tembakau Impor

      Infrastruktur kebijakan dalam produksi hasil tembakau dinilai saat ini belum sepenuhnya berpihak kepada rakyat.