Tutup Iklan

PT KAI Terbitkan Boarding Pass Elektronik, Cukup Tunjukkan dengan Ponsel

PT KAI Terbitkan Boarding Pass Elektronik, Cukup Tunjukkan dengan Ponsel

SOLOPOS.COM - Calon penumpang memperhatikan jadwal kereta api (KA) di Stasiun Tegal, Jateng, Kamis (27/4/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

PT KAI menerbitkan boarding pass elektronik yang tidak perlu dicetak, cukup ditunjukkan dengan ponsel.

Solopos.com, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengeluarkan boarding pass elektronik guna memudahkan masyarakat dalam menggunakan moda transportasi berbasis rel.

Senior Manger Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Suprapto mengatakan penumpang cukup menunjukkan boarding pass elektronik yang terpampang di layar smarthphone untuk menggunakan kereta api.

“Dengan adanya e-boarding pass, para pengguna transportasi moda kereta api semakin dimudahkan. Pasalnya, penumpang cukup menunjukkan e-boarding pass yang terpampang pada layar smartphone mereka kepada petugas boarding,” kata Suprapto, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Dia menjelaskan masyarakat yang akan menggunakan kereta api tidak harus lagi ke mesin cetak boarding pass. Hanya saja, ujarnya, masyarakat harus mengunduh aplikasi KAI Access terlebih dahulu jika ingin menggunakan fasilitas boarding pass elektronik.

E-boarding pass merupakan boarding pass elektronik yang diterbitkan melalui aplikasi KAI Access versi terbaru,” katanya.

Oleh karena itu, boarding pass elektronik hanya dapat diterbitkan khusus pemesanan tiket kereta api melalui KAI Access versi terbaru dan dapat diunduh 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Masyarakat, lanjutnya, juga tidak dapat mencetak boarding pass di mesin Check In Counter (CIC) jika sudah menerbitkan boarding pass elektronik melalui aplikasi KAI Access atau sebaliknya. “PT KAI memastikan e-boarding pass merupakan dokumen yang sah dan dapat digunakan sebagai persyaratan penukaran award tiket,” katanya.

Dalam melakukan pembatalan dengan tiket elektronik, dia mengatakan, tiket elektronik bisa diproses menjadi bukti transaksi berupa blanko putih sebelum melakukan pembatalan atau perubahan jadwal. Hal ini jika penumpang berada di stasiun berbeda dengan relasi tiket elektronik sebelum 7 x 24 jam.

Sementara penumpang yang berada di stasiun sesuai relasi pada tiket elektronik dan pada 7x24 jam, lanjutnya tiket elektronik diproses menjadi boarding pass di CIC sebelum melakukan proses pembatalan atau mengubah jadwal

“Jika sudah masuk periode 2 jam sebelum jadwal keberangkatan KA dan penumpang telah memproses e-ticket menjadi e-boarding, maka e-boarding di-reprint untuk selanjutnya dilakukan proses pembatalan (batal pembeli) atau ubah jadwal,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.

Covid-19 India di Kudus, Gubernur Ganjar Minta Petugas Lebih Waspada

Petugas yang menangani pasien Covid-19 di  Kudus meningkatkan kewaspadaan menyusul terdeteksinya persebaran Covid-19 varian India di sana.

2 Bulan Pelonggaran Kegiatan, Kasus Covid-19 di Wonogiri Tambah 1.200 Lebih

Selama dua bulan pelonggaran kegiatan warga di Kabupaten Wonogiri berlangsung, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lebih dari 1.200 orang.

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Cara Menanamkan Pendidikan Karakter Anak

Pendidikan karakter yang dipahami secara parsial dan tidak tepat sasaran justru bersifat kontraproduktif bagi pembentukan karakter anak.

Pemerintah Dukung UMKM Banyumas dengan Dana Hibah

Pemerintah Kabupaten Banyumas menyalurkan dana pinjaman bergulir yang sudah merupakan program bantuan rutin kepada  pelaku UMKM.

Prabowo Sebut Belanja Alutsista Rp1,7 Kuadriliun Instruksi Jokowi

Menhan Prabowo Subianto menyebut Jokowi punya grand design pengadaan alutsista dengan perhitungan hingga 25 tahun untuk diwujudkan.