SOLOPOS.COM - Petugas PT Inka mengecek kondisi kereta api seri terbaru K3 2017 Ekonomi Premium pesanan PT KAI, beberapa waktu lalu. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

PT KAI menyiapkan 18 rangkaian KA pendukung program layanan angkutan motor gratis Lebaran 2018.

Solopos.com, SOLO — Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melalui PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan layanan angkutan motor gratis (motis) pada Angkutan Lebaran 2018. Secara nasional, PT KAI siap mengangkut 18.096 unit motor selama tiga belas hari yakni 8-25 Juni 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di sisi lain, ada 18 kereta penumpang yang disiapkan sebagai pendukung layanan ini. Pendaftaran angkutan motis sudah dibuka sejak 9 Februari lalu khususnya untuk pendaftaran secara online di mudikgratis.dephub.go.id dan pendaftaran langsung motor di stasiun yang ditunjuk. (Baca: PT KAI Sediakan Angkutan Motor Gratis Sebanyak 18.096 Unit)

Ekspedisi Mudik 2024

Pejabat Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, menjelaskan angkutan motor gratis terbagi tiga relasi yakni lintas utara Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Surabaya Pasarturi, lintas selatan 1 yakni Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Kutoarjo, dan lintas selatan 2 yakni Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Blitar.

Merujuk angkutan motor gratis Lebaran 2017, untuk jalur lintas selatan 2, PT KAI memanfaatkan KA Bengawan dan KA Brantas. “Jumlah motor yang turun atau motor gratis yang diangkut dari Jakarta ke wilayah Daop VI/Yogyakarta [meliputi Lempuyangan, Klaten, Purwosari] saat Lebaran tahun lalu sebanyak 1.560 motor,” kata Eko kepada Solopos.com, Senin (26/3/2018).

Untuk mendukung angkutan motor gratis, PT KAI juga menyiapkan KA bagi penumpang yang mengikuti angkutan motor gratis sebanyak 18 rangkaian KA dengan kapasitas total 67.818 tempat duduk. “Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat diubah jadwalnya maupun dibatalkan. Calon penumpang bisa menyerahkan motor bersama bukti pemesanan tiket,” kata Eko. (Baca: Angkutan Lebaran 2018, PT KAI Siapkan 236.210 Tempat Duduk Per Hari)

“Ada 18 KA penumpang yang mendukung angkutan motor gratis. Empat belas di antaranya melintasi wilayah Daop VI Yogyakarta,” imbuh Eko.

Menurut Eko, pemudik yang mengikuti program asal Solo bisa memanfaatkan KA Brantas, KA Kahuripan, KA Bengawan, KA Matarmaja Tambahan Lebaran, dan KA Matarmaja. “Kereta-kereta itu yang akan berhenti di Stasiun Jebres sedangkan KA Bengawan akan berhenti di Stasiun Purwosari,” tutur dia.

Berikut 18 KA penumpang bagi peserta motor gratis mudik Lebaran 2018:
– KA Progo (Pasarsenen – Yogyakarta)
– KA Kutojaya Utara Tambahan Lebaran (Pasar Senen – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo)
– KA Kutojaya Utara (Pasar Senen – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo)
– KA Serayu Pagi (Pasar Senen – Kroya – Purwokerto)
– KA Serayu Malam (Pasar Senen – Kroya – Purwokerto)
– KA Brantas (Pasar Senen – Semarang Tawang – Solo Jebres – Kediri/ Blitar)
– KA Kahuripan (Kiaracondong – Tasik – Kroya – Solo Jebres – Madiun – Kertosono – Kediri)
– KA Bengawan (Pasar Senen – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kutoarjo – Lempuyangan – Purwosari)
– KA Pasundan (Kiaracondong – Surabaya Kota)
– KA Pasundan Tambahan Lebaran (Kiaracondong – Surabaya Kota)
– KA Kutojaya Selatan (Kiaracondong – Tasik – Kroya – Kutoarjo)
– KA Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen – Purwokerto – Surabaya Gubeng)
– KA Matarmaja Tambahan Lebaran (Pasar Senen – Semarang Tawang – Solo Jebres – Kediri – Blitar – Malang)
– KA Matarmaja (Pasar Senen – Semarang Tawang – Solo Jebres – Kediri – Blitar – Malang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya