SOLOPOS.COM - KA Kaligung new image yang dioperasikan PT KAI Daops IV Semarang. (JIBI/Antara/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang membatalkan sejumlah perjalanan kereta api (KA) lokal di wilayah setempat. Sebagian KA Kaligung dan KA Kedung Sepur ada dalam deretan kereta yang dihentikan operasionalnya.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, mengatakan pembatalan sejumlah perjalanan mulai Rabu-Kamis (15-30/4/2020). Penghentiap oprasional kereta api itu diakui tak terlepas dari merosotnya tingkat okupansi atau jumlah penumpang selama wabah Covid-19.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“Okupansi KA yang merosot tajam tidak hanya dialami KA jarak jauh. KA lokal, seperti Kaligung dan Kedung Sepur juga terkena imbas. Bahkan rata-rata okupansi KA lokal itu di bawah 10%,” tutur pria yang akrab disapa Kris itu, Selasa (14/4/2020).

Bubur India Sudah Seabad Jadi Karya Kuliner Khas Kota Semarang

Kris mengatakan total ada delapan perjalanan kereta api lokal yang operasionalnya disetop untuk sementara waktu. Kedelapan perjalanan itu terdiri atas empat perjalanan Kaligung dan empat perjalanan Kedung Sepur.

Masih Ada Alternatif

Pembatalan KA Kaligung berlaku untuk keberangkatan dari Semarang pada pukul 13.50 WIB dan 08.50 WIB, serta dari Cirebon pukul 09.10 WIB, dan Brebes pukul 12.15 WIB. Sementara untuk perjalanan KA Kedung Sepur yang dihentikan adalah yang berangkat dari Ngrombo pukul 10.00 WIB dan 17.00 WIB. Serta, Kedung Sepur dari Semarang pukul 06.20 WIB dan 14.10 WIB.

Makam Sudah Digali, Jenazah Perawat Positif Corona di Semarang Ditolak Warga

“Pertimbangan kami menghentikan sejumlah perjalanan KA Kaligung dan Kedung Sepur itu karena masih ada alternatif KA lain yang bisa digunakan masyarakat dengan tujuan Tegal, Cirebon, maupun Ngrombo,” jelas Kris.

Kris menambahkan tidak semua perjalanan KA Kaligung dihentikan. Masih ada empat perjalanan Kaligung yang beroperasi setiap harinya. Keempat perjalanan itu tujuan Semarang-Tegal pukul 05.00 WIB dan 16.35 WIB, dan Tegal-Semarang pukul 16.50 WIB, Brebes-Semarang pukul 04.45 WIB.

“Selain KA lokal, KA jarak jauh seperti Cermai tujuan Semarang-Bandung PP juga dibatalkan mulai 14-30 April. Sebagai alternatif, masyarakat bisa menggunakan KA Harina, Joglosemarkerto, Kamandaka, dan Maharani,” imbuh Kris.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya