SOLOPOS.COM - Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun, Ixfan Hendriwintoko, memasang stiker penggunaan hand sanitizer di Stasiun Madiun, Selasa (3/3/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN -- Untuk antisipasi penyebaran virus corona, PT KAI Daerah Operasi VII Madiun menyediakan hand sanitizer di sejumlah stasiun di wilayahnya.

Penumpang kereta api baik yang baru turun atau akan naik bisa terlebih dahulu menggunakan cairan pembersih tangan yang telah disediakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini dilakukan karena adanya ketakutan menyebarnya virus Corona. Terlebih di ruang publik seperti di stasiun.

Ekspedisi Mudik 2024

Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan hand sanitizer ini disediakan di tujuh stasiun besar di wilayah Daop VII Madiun, yaitu Stasiun Madiun, Stasiun Nganjuk, Stasiun Kediri, Stasiun Tulungagung, Stasiun Jombang, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Blitar.

Virus Corona Pengaruhi Inflasi Di Jatim

"Hand sanitizer ini dipasang di titik-titik yang mudah dijangkau para penumpang. Masing-masing stasiun ada tiga titik hand sanitizer yang disediakan," jelas dia di Stasiun Madiun, Selasa (3/3/2020).

Selain penyediaan hand sanitizer, lanjut Ixfan, pihaknya juga memasang spanduk dan banner yang berisi peringatan virus corona. Selain itu, juga menyediakan pos kesehatan untuk memeriksa kondisi tubuh penumpang maupun calon penumpang KA.

Sebulan sebelumnya, lanjut dia, pihaknya juga telah membagikan masker kepada para penumpang dan petugas di lapangan sebanyak 5.500 masker. Pembagian masker juga sebagai bentuk antisipasi terhadap penyebaran virus corona.

Ini Tujuh RS Pemerintah di Jatim Rujukan Virus Corona

"Isu penyebaran virus corona ini kan cukup marak ya. Untuk itu, kereta api sebagai salah satu moda transportasi yang memiliki mobilitas tinggi ikut berupaya memberikan edukasi supaya para pengguna jasa KA lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap bahaya penyebaran virus corona," jelas dia.

Ixfan mengimbau kepada para penumpang yang merasa kurang enak badan supaya memeriksakan kesehatannya di pos kesehatan yang telah disediakan di stasiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya