PT KAI Bakal Tambah Lagi Tes Covid-19 Bagi Para Penumpang Jarak Jauh
Alat tes Covid-19 murah meriah dari UGM Jogja. (Istimewa UGM/Detik.com)

Solopos.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menerapkan kebijakan baru bagi penumpang kereta api jarak jauh per tanggal 5 Februari nanti.

Sesuai SE Kementerian Perhubungan (Kemenhub) No.11/2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam masa Pandemi Covid-19, ada tambahan satu lagi tes yang diterapkan sebagai syarat bagi penumpang jarak jauh.
Tes itu adalam pemeriksaan Covid-19 melalui peralatan Genose buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Kendati demikian, belum semua stasiun di Indonesia akan menerapkan layanan pemeriksaan Covid-19 dengan peralatan Genose pada 5 Februari nanti. Hanya ada dua stasiun yang akan menyediakan layanan Genose, yakni Stasiun Gambir Jakarta, dan Stasiun Yogyakarta.

Baca Juga: PT KAI : Proyek KRL Solo-Jogja Bakal Terjang 21 Bangunan

Sementara stasiun lain, termasuk Stasiun Tawang Semarang yang berada di wilayah PT KAI Daops IV Semarang belum menerapkan. Stasiun Tawang hanya melayani pemeriksaan rapid test antigen yang diperuntukkan bagi calon penumpang kereta api jarak jauh.

“Maaf, stasiun di Daop IV harus menunggu tahapan berikutnya. [Stasiun] Gambir dan Yogyakarta dahulu,” ujar Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, Selasa (26/1/2021).

Buatan UGM

Genose merupakan alat pendeteksi Covid-19 yang dikembangkan para peneliti di UGM. Alat ini sudah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan siap didistribusikan ke berbagai daerah.

Baca Juga: Tak Pakai Masker, Wanita Ini Malah Ngamuk Saat Ditegur Petugas Kereta

Berbeda dengan rapid test atau tes PCR yang mengambil sampel lendir untuk diperiksa, Genose mengambil embusan napas untuk diperiksa.
Pemeriksaan Genose juga dianggap lebih efisien karena hanya membutuhkan waktu 3 menit. Selain itu biayanya lebih terjangkau, berkisar Rp20.000 per tes.

Sementara itu, hingga saat sudah ada 46 stasiun yang melayani pemeriksaan rapid test antigen bagi calon penumpang kereta api jarak jauh dengan tarif Rp105.000.

Dari 46 stasiun, lima di antaranya berada di wilayah PT KAI Daops IV Semarang yakni Stasiun Tawang, Stasiun Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Cepu.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom