SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Jogja (Solopos.com) – PT Kereta Api Daerah Operasi (Daop) VI) Jogja bakal mengoperasikan kereta kelas ekonomi yang dilengkapi dengan pendingin udara atau AC dari Stasiun Lempuyangan Jogja ke Stasiun Pasar Senen Jakarta mulai Kamis (25/8/2011).

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

“Kereta api tersebut sekarang sudah ada di Stasiun Tugu Yogyakarta. Rencananya akan diberangkatkan pada 25 Agustus pukul 19.20 WIB,” kata Kepala Humas PT Kereta Api (KA) Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Jogja, Senin (22/8/2011). Menurut dia, kereta api ekonomi yang dilengkapi dengan pendingin udara tersebut akan menambah jumlah rangkaian kereta api yang akan melayani penumpang saat Angkutan Lebaran 2011, baik saat arus mudik dan arus balik. “Kereta api ekonomi yang dilengkapi dengan pendingin udara tersebut akan diberi nama Gadjah Wong. Sebelumnya, kami berharap namanya Merapi,” katanya.

Saat ini, pihak PT Kereta Api belum menjual tiket untuk kereta api tersebut namun akan segera menjualnya agar masyarakat yang membutuhkan dapat segera memperoleh tiket tersebut. Tiket untuk kereta api kelas ekonomi tersebut, lanjut Eko, rencananya akan dijual dengan harga cukup tinggi Rp120.000 per penumpang atau hampir empat kali lipat dibanding tiket untuk kelas ekonomi rata-rata Rp35.000 per penumpang.

Tidak seperti kereta api ekonomi yang memiliki toleransi okupansi sebanyak 150 orang per gerbong, kereta api ekonomi yang dilengkapi dengan pendingin udara tersebut hanya memiliki kapasitas sebanyak 80 orang per gerbong. “Rencananya, ada 10 gerbong dalam satu rangkaian kereta,” katanya.

Kereta ekonomi yang dilengkapi dengan pendingin udara tersebut merupakan produk industri dalam negeri yaitu PTIndustri Kereta Api (INKA), Madiun. Eko mengatakan, peresmian pengoperasian kereta api ekonomi ber-AC tersebut akan dilakukan oleh Menteri Perhubungan Freddy Numberi pada Rabu (24/8/2011) di Jakarta.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Tanjung Inderawan mengatakan pengoperasian kereta api ekonomi tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga diharapkan masyarakat bisa merasakan keamanan dan kenyamanan saat menggunakan kereta api ekonomi ber-AC tersebut.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya