SOLOPOS.COM - Jordi Amat (kanan) menjadi kapten tim KAS Eupen, Belgia. (as-eupen.be)

Solopos.com, JAKARTA – PSSI menyatakan bahwa dua pesepak bola luar negeri yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah menuntaskan beberapa syarat yang menjadi kelengkapan untuk proses naturalisasi menjadi WNI selama mereka berada di Indonesia.

“Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan proses naturalisasi Jordi dan Sandy alhamdulillah berjalan lancar. Kami sudah mendapatkan dokumen-dokumen resmi yang dibutuhkan. Laporannya baik dan semoga bisa diproses lebih lanjut,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Adapun dokumen yang dimaksud Iriawan seperti surat tidak keberatan penduduknya berubah kewarganegaraan dari kedutaan negara asal Jordi-Sandy dan dokumen pendukung. Semuanya akan dilaporkan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Indonesia.

Jordi, yang saat ini berkewarganegaraan Spanyol, dan Sandy (Belanda) melakukan beberapa kegiatan ketika berada di Indonesia yakni melakukan wawancara tertutup di Badan Intelijen Negara (BIN), Senin (16/5/2022), dan tes medis pada Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Si Jangkung Andalan Coach Widyantoro Ini Kembali Gabung Persis Solo

Selain itu, mereka juga diuji apakah positif narkoba atau tidak. Hasil semua pemeriksaan tersebut bagus sehingga mereka berdua dapat melanjutkan pewarganegaraan ke tahapan berikutnya.

Jordi maupun Sandy mengaku senang dengan penerimaan semua pihak ketika mereka berada di Indonesia,

“Tidak ada kendala yang berarti selama kami di sini. Semua membantu kami dan sangat ramah setiap harinya. Saya berharap dapat segera kembali ke Indonesia dengan kabar baik,” kata Jordi.

Jordi kembali ke Spanyol pada Kamis (19/5/202), sementara itu Sandy akan tinggal selama beberapa hari lagi di Indonesia.

Baca Juga: Hadapi Sang Mantan, Begini Ungkapan Perasaan Samsul Arif

Jordi dan Sandy merupakan pemain keturunan Indonesia yang merumput di Liga Belgia. Jordi yang berpaspor Spanyol berseragam klub KAS Eupen, sementara Sandy yang masih berkewarganegaraan Belanda di KV Mechelen.

PSSI berharap naturalisasi mereka segera rampung agar bisa memperkuat tim nasional Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Pada fase penentu kelolosan ke Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada 8-14 Juni 2022 itu, Indonesia berada di Grup A bersama Yordania, Nepal, dan tuan rumah kualifikasi, Kuwait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya