Tutup Iklan

PSSI Mediasi Klub Liga 2 Penunggak Gaji Pemain, Begini Respons Persis Solo

Hasil mediasi bakal menjadi dasar PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menolak atau mengizinkan klub tersebut mengikuti Liga 2 musim ini.

 Logo Liga 2

SOLOPOS.COM - Logo Liga 2

Solopos.com, SOLO—PSSI mengambil langkah mediasi dengan sejumlah klub Liga 2 2021 yang masih menunggak gaji pemain jelang sepak mula kompetisi akhir pekan ini. Hasil mediasi bakal menjadi dasar PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menolak atau mengizinkan klub tersebut mengikuti Liga 2 musim ini.

Proses mediasi diharapkan kelar maksimal sepekan ke depan. Diketahui, National Dispute Resolution Chamber (NDRC) menyatakan lima klub Liga 2 yakni PSPS Riau, Kalteng Putra, PSKC Cimahi, Persijap Jepara, dan Persekat Kabupaten Tegal belum melunasi tunggakan gaji para pemainnya.

Selain itu Persis Solo masih menunggak gaji 18 pemainnya musim lalu. Namun NDRC belum memutus soal laporan tunggakan gaji tersebut. “Saat ini PSSI sedang melakukan mediasi dengan klub-klub tersebut. Harapannya dalam waktu dekat sudah ada perkembangan,” ujar Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Dibilang Gibran Menguasai Kungfu, Ini Tanggapan AHHA PS Pati

Pihaknya mengatakan laporan hasil mediasi bakal menjadi dasar untuk mengambil langkah bagi klub. Sesuai amar putusan NDRC, klub terancam sanksi tegas apabila tak kunjung membayar tunggakannya.

Sanksi tersebut mulai dari larangan tampil di Liga 2, larangan pendaftaran pemain untuk tiga periode hingga denda. Hal ini tentu sangat merugikan klub, terutama Persis yang telah memboyong sederet bintang musim ini.

“Nanti sanksi yang menentukan PSSI. Kalau dari kami yang jelas [klub penunggak gaji] tidak boleh main di liga,” ujar Akhmad.

Baca Juga: Puji Persis Solo, AHHA PS Pati Tak Gentar Hadapi Laga Pembuka Liga 2

 

Rugi Dobel

Lebih lanjut, PT LIB mendorong klub segera membayar tunggakan gaji paling lambat H-1 dari jadwal laga masing-masing klub. Akhmad mengatakan klub bakal mengalami kerugian dobel jika terus menunggak gaji. Selain dilarang tampil di liga, mereka berpotensi mendapat sanksi tambahan berupa denda.

Sementara itu Persis Solo menegaskan tunggakan gaji klub pada dasarnya merupakan tanggung jawab manajemen musim lalu. Meski demikian manajemen anyar di bawah Kaesang Pangarep kembali menegaskan komitmennya untuk membantu pemain mendapatkan haknya.

“Kalau dilihat, nama Persis sebenarnya tidak tercantum dalam klub yang disoal NDRC. Namun kami punya good will untuk menjembatani hak-hak pemain. Masalahnya memang ada sejumlah prosedur yang harus dilalui,” ujar Media Officer Persis, Bryan Barcelona.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Top! Taklukan Persip, Persebi Boyolali Segel Tiket Semifinal Liga 3

Persebi Boyolali menyegel satu tiket ke babak semifinal Liga 3 Zona Jawa Tengah (Jateng).

Main Tanpa Beban, Persis Solo Bakal Rotasi Pemain Kontra PSCS Cilacap

Persis Solo bakal merotasi pemain kontra PSCS Cilacap di laga pamungkas Grup C Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Senin (29/11/2021).

Mantap! Marcus/Kevin Juara Indonesia Open 2021

Ganda putra terbaik dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, tampil sebagai juara Indonesia Open 2021 setelah membungkam wakil Jepang.

Barcelona Raih Kemenangan Tandang Pertama Saat Tekuk Villarreal 3-1

Barcelona berhasil meraih kemenangan tandang pertama mereka di Liga Spanyol musim ini setelah menekuk Villarreal 3-1.

Tundukkan Crystal Palace, Steven Gerrard Bangga pada Pemain Aston Villa

Steven Gerrard bangga atas kerja keras para pemain Aston Villa saat mereka menundukkan tuan rumah Crystal Palace dengan skor 2-1.

Liverpool Benamkan Southampton 4-0, Klopp Sanjung Diogo Jota

Liverpool mencukur Southampton 4-0 dalam laga pekan ke-13 Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu (27/11/2021).

Resmi Bergabung ke Persis Solo, Ini Komentar Jacksen F Tiago

Persis Solo secara resmi menunjuk Jacksen Ferreira Tiago sebagai Manajer Tim Laskar Sambernyawa.

Ganjar: Borobudur Marathon 2021 Momen Majukan Sport Tourism Indonesia

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyadari ajang Borobudur Marathon 2021 menjadi momentum memajukan sport tourism di Indonesia.

Resmikan Persis Store & Cafe, Ini Kata Wawali Solo

Persis Store and Cafe milik klub sepak bola kebanggaan wong Solo, Persis Solo, resmi beroperasi pada Sabtu (27/11/2021) sore.

Gandeng UMKM, Persis Solo Luncurkan Official Merchandise Store Pertama

Persis Store berlokasi di kompleks Stadion Manahan di Jl. Menteri Supeno No.10, Banjarsari, Kota Solo. Selain merchandise Persis Solo, ada juga produk UMKM yang dijajakan.

Susul Greysia/Apriyani, Marcus/Kevin Tembus Final Indonesia Open 2021

Ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, sukses menembus babak final Indonesia Open 2021.

Jacksen Jadi Manajer di Persis Solo, Eko Purdjianto Tetap Jadi Pelatih

Persis Solo resmi menunjuk Jacksen Ferreira Tiago sebagai manajer. Posisi pelatih kepala masih diduduki oleh Eko Purdjianto.

Berikut Daftar Pemenang Borobudur Marathon 2021

Pelari nasional, Agus Prayogo, dan Odekta Naibaho, tampil sebagai yang tercepat pada ajang Borobudur Marathon 2021 yang digelar di kawasan Candi Borobudur.

Sah! Jacksen F Tiago Gabung Persis Solo

Mantan Pelatih Persipura Jacksen Fereirra Tiago resmi bergabung ke Persis Solo.

Prediksi Skor Liverpool vs Southampton, Bisa Menang Besar The Reds?

Liverpool akan menghadapi tantangan Southampton pada pekan ke-13 Liga Premier Inggris.

Jos! Greysia/Apriyani Lolos ke Final Indonesia Open 2021

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses melaju ke babak final Indonesia Open 2021.