SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA-PSSI DIY akan menggelar kursus pelatih lisensi C dan D. Ketua Bidang
Futsal PSSI DIY Soejoso menjelaskan, kegiatan itu rencananya akan digelar pada 30 November-20 Desember.

Untuk kursus lisensi D, pihaknya akan menggelar selama sepekan mulai 30 November-6 Desember. Sementara kursus lisensi C, akan digelar selama 13 hari mulai 7-20 Desember mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Adapun untuk pendaftaran, pihaknya secara resmi sudah membukanya sejak Minggu (17/11/2013) dengan jumlah kuota masing-masing 30 orang untuk lisensi D dan 26 orang untuk lisensi C.  Ia menjelaskan, persyaratan untuk masing-masing lisensi pada dasarnya sama, yakni ijazah minimal SMA atau sederajat, surat keterangan sehat, pas foto 3×4 dan 4×6 sebanyak tiga lembar, dan surat rekomendasi dari masing-masing klubnya.

Untuk lisensi D, biaya pendaftaran Rp3,5 juta. Sedangkan untuk lisensi C, pihaknya menetapkan tarif sebesar Rp7 juta. “Khusus untuk lisensi C, peserta juga diwajibkan menyertakan lisensi D terlebih dahulu,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk pelaksanaan kursus akan dilakukan dengan dua sesi, yakni sesi kelas dan lapangan. Untuk sesi kelas akan dilakukan di tempat peserta menginap yakni di Hotel Sunarko, sedangkan sesi lapangan akan digelar di Lapangan Minggiran, Jogja. “Pelaksanannya akan kami gelar seharian penuh, mulai 07.30-21.00,” tegasnya.

Sekretaris Umum PSSI DIY Dwi Irianto mengatakan kursus tersebut digelar karena kekhwatirannya atas dominasi pelatih dari luar DIY dan luar Jawa. Ia menilai secara kuantitas, pelatih dari luar Jawa banyak mendominasi sepak bola lokal DIY.

Hal itu, lanjutnya,  disebabkan pelatih luar Jawa memiliki kredibilitas yang jauh lebih baik. Mereka dinilai lebih taat dan tertib regulasi ketimbang pelatih lokal. “Itulah sebabnya, kini saatnya kita harus mereformasi diri,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya