SOLOPOS.COM - PSSI Terancam Dua Sanksi FIFA (Liputan6.com)

PSSI dibekukan membut Indonesia resmi terkena sanksi FIFA.

Solopos.com, ZURICH — Setelah lolos beberapa kali setiap kali terjadi polemik, Indonesia akhirnya dihukum oleh FIFA. Secara garis besar, sepak bola Indonesia harus terkucil dari setiap agenda atau program sepak bola internasional di bawah naungan FIFA.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Detik, Sabtu (30/5/2014), dalam surat FIFA yang ditandatangani Sekjen  FIFA, Jerome Valcke, hasil emergency meeting Komite Eksekutif FIFA di Zurich, Swiss, Sabtu, disebutkan beberapa konsekuensi dari hukuman tersebut buat Indonesia.

1. PSSI kehilangan hak-haknya sebagai anggota FIFA. (Statuta FIFA Pasal 12 ayat 1).

2. Semua tim sepak bola Indonesia, seperti timnas dan klub-klubnya dilarang berhubungan dengan anggota FIFA yang lain, termasuk AFC dan tidak boleh mengikuti kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan oleh FIFA dan AFC. (Statuta FIFA Pasal 14 ayat 3).

3. PSSI dan ofisialnya tidak memperoleh hak terkait program-program pengembangan FIFA, dan juga pelatihan-pelatihan, selama masa hukuman.

4. FIFA memberi pengecualian terkait partisipasi event internasional. Indonesia masih bisa mengikuti SEA Games 2015 di Singapura sampai selesai.

Tak ada keterangan sampai kapan hukuman tersebut akan dicabut dalam surat tersebut. Dalam suratnya, FIFA menyebutkan semoga masalah ini bisa diselesaikan secepat mungkin agar skorsing bisa dicabut.

Sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya, Wakil Ketua Umum PSSI, Hinca Pandjaitan, mengungkapkan Indonesia sudah  pasti disanksi FIFA menyusul intervensi dari pemerintah.

Hinca mendapat sinyal sanksi itu bakal jatuh setelah Komite Eksektutif bagian Administratif sedang membahas masalah Indonesia. “FIFA sudah memastikan Indonesia disanksi sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” ujar Hinca.

Menurut Hinca, hanya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, yang bisa menyelamatkan Indonesia dari sanksi dengan mencabut Surat Keputusan (SK) pembekuan PSSI tertanggal 17 April 2015 lalu.

Surat sanksi FIFA kepada Indonesia (Detik)

Surat sanksi FIFA kepada Indonesia (Detik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya