SOLOPOS.COM - Rita Subowo (JIBI/Harian Jogja/Antara)

PSSI dibekukan membuat FIFA siap membantu sepak bola Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA— Ketua Komite Olahraga Indonesia, Rita Subowo, mengatakan FIFA dan Dewan Olimpiade Asia (OCA) siap membantu perkembangan sepak bola Indonesia apabila pembekuan PSSI dicabut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami sudah berbicara dengan FIFA dan OCA. Mereka siap membantu sesuai yang diinginkan pemerintah. Tapi mereka meminta legalitas PSSI dikembalikan seperti dulu,” kata Rita Subowo, seperti dikutip dari Antara, Selasa (19/5/2015).

Meski sudah ada lampu hijau terkait perkembangan sepak bola Indonesia, Rita Subowo belum bisa memastikan Indonesia akan lolos sanksi dari FIFA. Apalagi polemik antara PSSI dengan Kemenpora belum ada titik temu.

Sesuai dengan jadwal, keputusan terkait permasalahan sepak bola Indoesia akan diputuskan pada Konggres FIFA 29 Mei mendatang.

“Kami khawatir apabila tidak ada perubahan hingga 29 Mei nanti, maka pada 30 Mei kita langsung terkena sanksi. Kalau sanksi FIFA turun banyak dampaknya,” kata Rita menegaskan.

Apabila Indonesia terkena sanksi FIFA, maka Timnas Indonesia yang tidak akan bisa mengikuti SEA Games 2015 di Singapura, dan Indonesia yang ditunjuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 juga terusik.

Mantan Ketua Umum KONI Pusat itu menegaskan, apabila sanksi benar-benar turun, banyak negara yang tidak mau kejuaraan empat tahun itu digelar di negara Indonesia.

Meski ancaman sanksi telah dekat, Kemenpora tetap berusaha untuk melobi FIFA, salah satunya dengan mendatangi markasnya di Swiss. Sesuai dengan rencana, kunjungan pihak Kemenpora itu akan dilakukan setelah pertemuan dengan OCA.

Pertemuan pemerintah, KOI dan OCA akan dilakukan di Teheran, Iran, Kamis (21/5/2015). Dalam pertemuan tersebut akan dibahas masalah perkembangan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya