Kategori: Bola

PSSI Antisipasi Suhu Panas Jelang Derbi Indonesia di Final Piala Menpora


Solopos.com/Chrisna Chaniscara

Solopos.com, SOLO—Bentrok panas antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung bakal mengemuka pada final Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021).

Rivalitas panjang kedua klub berpotensi menjadi bumbu tersendiri dalam duel bertajuk Derbi Indonesia tersebut. PSSI bakal melakukan sejumlah antisipasi agar laga akbar itu berlangsung lancar dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat merayakan HUT ke-91 PSSI di Balai Persis Solo, Senin (19/4/2021) sore. Iriawan mengatakan federasi bakal melakukan sejumlah langkah untuk memastikan tidak ada pergerakan suporter ketika duel berlangsung.

Baca Juga: Serangan Jantung, Kiper Legendaris Pelita Solo Tutup Usia

Meski demikian pihaknya meyakini elemen suporter bakal tetap tertib dengan menonton laga dari rumah. Menurut Iriawan, sejauh ini tidak ada pergerakan suporter yang berarti ketika pelaksanaan Piala Menpora.

Dia mencontohkan leg I semifinal antara PSS dan Persib di Stadion Maguwoharjo, Sleman di mana tidak ada suporter tuan rumah yang mendekati stadion.

“Saya pikir antisipasi [untuk Derbi Indonesia] tidak ada masalah. Semua sudah berkomitmen sejak awal, termasuk [suporter] Persib dan Persija,” ujar Iwan Bule, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Terus Mendapat Penolakan, Liga Super Eropa Diklaim Tetap Bergulir September 2021

Menunggu Hasil CT Scan

Persib menyusul Persija menapaki final lewat kemenangan agregat 3-2 atas PSS usai imbang 1-1 pada leg II semifinal di Stadion Manahan, Senin malam.

Sempat tertinggal 0-1 lewat gol striker PSS, Saddam Gaffar, Persib memastikan tiket babak pamungkas setelah sundulan Ezra Walian menyamakan kedudukan 1-1.

Namun Persib sempat ketar-ketir meski lolos dari lubang jarum. Gelandang andalan, Dedi Kusnandar, terancam absen saat melawan Persija usai dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami benturan saat melawan PSS.

Baca Juga: Ada Kiper Baru, Ini Komposisi Sementara Skuad Persis Solo

Beruntung kondisi Dedi belakangan membaik. Pemain Persib yang tak tergantikan di Piala Menpora itu bahkan berpeluang tampil di laga pamungkas. Namun Maung Bandung masih menunggu hasil CT scan untuk memastikan kondisi gelandang 29 tahun itu. Dedi sendiri sudah memberikan keterangan ihwal kondisinya.

“Alhamdulillah dan terima kasih support dan doanya untuk semua.. Sekarang [saya] sudah normal kembali dan selamat kawan-kawan,” ujar Dedi di akun Instagram-nya, Selasa (20/4/2021).

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati