SOLOPOS.COM - Anang Hadi (8). (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Harianjogja.com, SLEMAN – PSS Sleman di bawah arahan Sartono Anwar akan memakai formasi 3-4-3 musim depan. Meski demikian, Sartono tak akan kaku. Formasi itu akan dipoles ke dalam dua variasi.

Pertama adalah 3-4-3 dengan menggunakan dua penyerang sayap (inside forward) dan satu striker murni. Versi pertama akan menempatkan Moniega Bagus Suwardi dan M Irfan sebagai penyerang sayap. Sementara ujung tombak akan dilakoni oleh Guy Junior. Varian kedua adalah penggunaan dua tombak kembar dan penyerang lubang sehingga 3-4-3 bertransformasi menjadi 3-4-1-2.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sartono akan menempatkan duet striker Saktiawan Sinaga dan Guy Junior. Sementara, penyerang lubang (trequartista) akan diisi oleh Anang Hadi atau Elie Nasuha. Dia percaya taktik ini akan membuat PSS Sleman menjadi semakin berbahaya di gawang lawan.

“Apa yang terpenting adalah saat striker menyerang, pemain tengah harus mendukung dari belakang. Jika tekanan ini dilakukan, peluang mencetak gol akan lebih banyak tercipta,” katanya.

Sartono Anwar mencoba menggunakan formasi 3-4-3 setelah lebih dari sebulan mempersiapkan tim. Dia mengakui memang ingin melakukan sejumlah eksperiman. Terlebih jadwal kick off Divisi Utama mundur sebulan. Dari yang semula akan dimulai Maret baru akan dilakukan setelah Pemilu Legislatif 2014 pada April. Oleh karena itu, Super Elang Jawa masih punya banyak waktu untuk memoles formasi baru dan dua variannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya