SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Pelatih PSS Sleman Widiyantoro bakal memainkan kembali pola 4-4-2 dalam laga kontra Persis Solo, Sabtu (21/1) mendatang.

Ditemui seusai memimpin latihan di Stadion Maguwoharjo, Rabu (18/1) sore, Widiyantoro mengungkapkan penerapan dilakukan setelah pemain yang absen saat menghadapi Persik Kediri pekan lalu sudah bisa dimainkan.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Saat menghadapi Persik, mantan pembesut PPSM Magelang itu terpaksa menggunakan formasi 4-5-1 karena tandem Tri Handoko di lini depan, Charles Orock, terkena akumulasi kartu kuning. Hadirnya Orock saat melawan Persis diyakini bakal menambah daya dobrak tim berjuluk Super Elang Jawa ini.

Tanpa Agus ‘Grandong’ Purwoko yang tidak disertakan dalam lawatan ke Solo, komposisi pemain yang akan dibawa sepertinya bakal sama ketika menghadapi Persik Kediri pekan lalu. “Grandong sudah pulih tapi masih pemulihan jadi tidak dipaksakan,” tambah Wiwid, panggilan Widiyantoro.

Widiantoro juga belum memutuskan siapa yang akan menempati pos sebagai bek kiri. Pasalnya, Zaenal Fanani serta Andrian Samsul sama-sama memiliki kualitas yang bisa diandalkan untuk membantu penyerangan dari sektor sayap.

Meskipun demikian, kemungkinan besar Zaenal Fanani bakal menempati pos tersebut. Hal ini dikarenakan pemain tersebut memiliki kemampuan menyerap oksigen dan stamina (VO2 max) yang tinggi.

Dalam latihan sore kemarin, Widiyantoro mencoba memaksimalkan strategi serangan dari sisi sayap yang dilakukan gelandang didukung juga bek sayap. Tidak hanya itu, para gelandang juga diandalkan untuk menjebol gawang lawan dari lini kedua.

Para striker dan gelandang juga dilatih penyelesaian akhir di depan gawang. Bahkan ada porsi khusus bagi latihan satu lawan satu dengan penjaga gawang lawan.

Asisten Manajer PSS bidang teknik, Bambang Nurjoko, meyakini PSS bakal meraih poin di Solo karena dari segi kualitas, lini tengah tim berjuluk Laskar Sambernyawa itu masih di bawah para gelandang PSS. “Mereka mengandalkan Javier Rocha padahal dia sudah tidak secepat dulu,” tandas Bambang.

Di sisa masa persiapan ini, Manajer PSS Rumadi mengungkapkan untuk sementara belum ada penambahan pemain baru yang akan mengikuti proses seleksi. Sampai kini PSS masih fokus memantau kualitas Eduardo.

Perkiraan susunan pemain PSS:

Kiper: Bogi Santoso
Belakang: Yus Arfandi Djafar, Bruno Casmir, Fahrudin, Zaenal Fanani
Tengah: Fahrikin, Marwan Muhammad, Anang Hadi, Andrid Wibawa
Depan: Tri Handoko, Charles Orock

(Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya