SOLOPOS.COM - Foto udara proyek pembangunan jalan tol Cibitung-Cilincing (JTCC) seksi 4 di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (19/7/2022). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) berupaya menyelesaikan ruas tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34,77 kilometer tersebut yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) dan progresnya mencapai 71,79%. (Antara/M. Risyal Hidayat)

Solopos.com, SOLO –  Pemerintah merilis 13 proyek strategis nasional (PSN) baru. Praktik realisasi PSN sering kali mengabaikan aspek lingkungan hidup. Sering pula mengabaikan kepentingan warga terdampak atas ruang hidup yang nyaman.

Siaran pers Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) yang diakses Solopos.com pada Rabu (10/8/2022) menjelaskan proyek-proyek strategis nasional baru tersebut tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan terdiri dari berbagai sektor. Ulasan lengkap bisa dibaca di 13 Proyek Strategis Nasional Baru dan Ancaman Kerusakan Lingkungan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seni dan budaya—lebih khusus lagi pameran seni rupa—bisa diberdayakan untuk menggugah kembali kesadaran menjaga lingkungan demi kesinambungan kehidupan. Itulah pameran seni rupa bertema Naga Baruklinting di Rumah Banjarsari, salah satu ruang publik dan kantong kebudayaan di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah.

Pameran yang berlangsung pada 9-14 Agustus 2022 di Rumah Banjarsari, Jl. Syamsyurizal Nomor 10, Setabelan, Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah ini bertujuan mengomunikasikan kepada masyarakat melalaui seni dan budaya tentang kepedulian terhadap lingkungan alam untuk keberlangsungan kehidupan. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Naga Baruklinting, Seni Rupa, dan Pelestarian Lingkungan.

Masa pendudukan Jepang adalah masa gelap dalam kehidupan bangsa Indonesia. Masa penuh gejolak selama kurang lebih 3,5 tahun itu sekaligus mematangkan kondisi yang mendorong kaum muda mendesak kaum senior segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa menunggu inisiatif Jepang memberi kemerdekaan.

Kesaksian Mia Bustam, istri pelukis Sudjojono, menjadi salah satu penggambaran kondisi riil masa kegelapan pada era pendudukan Jepang. Mia Bustam pada masa itu termasuk dalam golongan elite bangsa Indonesia. Kisah lengkap bisa dibaca di Pada Zaman Pendudukan Jepang Mayat Bisa Ditukarkan Uang.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan telah menerbitkan regulasi terbaru untuk mengatur tarif ojek daring (online). Regulasi itu adalah Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi.

”Kami telah melakukan evaluasi batas tarif terbaru yang berlaku bagi ojek online. Sistem zonasi masih berlaku, terdapat tiga zona,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno, dalam keterangan di Jakarta seperti diberitakan Antara pada Senin (8/8/2022). Duduk perkara bisa dipahami di Aturan Baru Tarif Ojek Daring Kemenangan Tidak Ideal Pengemudi Gig.

Semua berita di atas bisa dibaca hingga tuntas di kanal Espos Plus. Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya