Psikolog Ungkap Faktor Penyebab Anak Jadi Malas

Malas belajar pada anak menjadi masalah tersendiri bagi orang tua.Mengajak anak untuk mau semangat mempelajari sesuatu atau mengedukasi mereka tentang hal yang baru, memang bukan sesuatu yang mudah.

Psikolog Ungkap Faktor Penyebab Anak Jadi Malas

SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak-anak belajari. (Istimewa/Olifant School)

Solopos.com, JAKARTA – Malas belajar pada anak menjadi masalah tersendiri bagi orang tua. Mengajak anak untuk mau semangat mempelajari sesuatu atau mengedukasi mereka tentang hal yang baru, memang bukan sesuatu yang mudah. 

Menanggapi hal ini, Psikolog Anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengungkap, sebenarnya permasalahan ini adalah hal yang wajar yang dialami hampir semua orang tua. Biasanya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi. 

“Kenapa anak suka malas atau tidak semangat belajar? Faktornya bisa jadi karena gaya belajarnya enggak pas. Misalnya anak yang kinestetik suka gerak, diajak belajar dengan duduk, diam, baca buku. Ini agak susah. Jadi, gaya belajarnya nggak pas sama gayanya si anak, anak jadi malas,” ujar dia dalam acara Hansaplast “First Aid Rescue” Establishment di Kidzania Jakarta, Senin (25/3/2019).

Selain itu, lanjut Vera, hal lainnya yang membuat anak ogah-ogahan belajar sesuatu adalah karena faktor waktu belajar yang juga tidak pas dengan suasana hati. Misalnya kata dia, anak diajak belajar pukul 16.00 sore, waktu di mana film kartun favoritnya sedang tayang.

Ini membuat anak menjadi tidak fokus menerima informasi baru. Hal lainnya adalah cara belajar atau metode belajarnya yang membosankan. Anak, sudah belajar dengan diam, duduk, dan memperhatikan guru di sekolah. Saat di rumah, kata Vera diusahakan jangan gaya belajar seperti di sekolah yang diterapkan.

“Cara belajar sambil bermain bisa bikin anak semangat. Anak itu akan belajar dengan senang hati jika tanpa paksaan. Begitu kepaksa, otaknya tegang, informasi baru ga akan masuk,” ujar Vera lagi.

Karena itu, dalam mengajak anak belajar, Vera mengatakan, mau tak mau orang tua dituntut untuk lebih kreatif dan pintar. Salah satunya memang menyisipkan pelajaran lewat dunianya, yakni dunia bermain.

Ketika anak senang, kata dia akan ada hormon yang keluar, seperti hormon dopamin dan seretonin yang bikin anak semangat dan atraktif atau mau terlibat dalam aktifitas belajar itu. “Hormon inilah yang akan meningkatkan kemauan anak untuk mau belajar,” tutup Vera.

Jadi jangan langsung menyerah untuk mengajak anak belajar, kenali kenapa ia malas dan lakukan trik di atas. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Terpapar Covid-19 di Wonogiri Ditempatkan di Isolasi Terpusat

Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri sudah membuat satu tempat isolasi terpusat, yakni di Gedung PGRI Kecamatan Wonogiri.

Baliho AHY Disoal, Demokrat Sebut Dulu untuk Melawan Moeldoko

Baliho dipasang sejak lama bukan untuk kepentingan Pilpres melainkan digunakan melawan KSP Moeldoko yang sempat melakukan kudeta.

Update Covid-19 Indonesia: Hari Ini Tambah 35.764, Pasien Sembuh 39.726

Dengan tambahan 35.764 kasus, jumlah total kasus Covid-19 yang ditemukan di Indonesia sejak Maret 2020 hingga hari ini menjadi 3.568.331 kasus.

Eks Menkes Sarankan Presiden Jokowi Divaksinasi Nusantara

Vaksin Nusantara dinilai sudah membuktikan keampuhannya sampai tahap uji klinis fase 2 dan akan segera masuk fase 3.

Belum Beroperasi, RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Tunggu Alat-alat Kesehatan

Proses penataan Gedung Madinah Asrama Haji Donohudan (AHD) menjadi RS darurat Covid-19 (RSDC) masih berlangsung.

Akhir Agustus, Vaksinasi Covid-19 di Boyolali Ditarget 70%

Percepatan vaksinasi tersebut ditujukan untuk mengimbangi Kota Solo yang realisasi vaksinasinya sudah mencapai 60%-70%.

Gubernur Ganjar Jamin Stok Vaksin Jateng Ditambah Setiap Pekan

Penambahan stok vaksin setiap pekannya dilakukan menyusul tingginya antusiasme warga Jateng dalam mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

FOTO : Hujan Deras, Sejumlah Kendaraan Mogok di Depok

Genangan air akibatkan kendaraan mogok di Jl. Margonda Raya, Depok, Jabar

Dulu Ganjar Disindir Puan, Kini Ditegur Megawati

Dari layar zoom, tampak Ganjar Pranowo merespons dengan senyuman terkait antisipasi banjir rob di Semarang.

Pengukuran Lahan Rel Layang Joglo Disampaikan, Warga Diberi Waktu Sanggah Sepekan

Warga diberi kesempatan menyanggah hingga sepekan ke depan baru kemudian nilai aprraisal santunan turun.

Bocoran Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 4, Ponsel Pertama Dengan Chipset Snapdragon 888 Plus

Berikut bocoran spesifikasi Xiaomi Mi Mix 4 yang akan rilis pada bulan Agustus ini dan menjadi ponsel pertama dengan chipset Snapdragon 888 plus.

LSP UNS Gandeng LSP PEP dan BNSP Gelar Sertifikasi Kompetensi Kerja

Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho mengatakan bahwa adanya LSP di UNS merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab UNS.