SOLOPOS.COM - Kapten sekaligus bek Paris Saint Germain (PSG), Thiago Silva (kanan), melakukan selebrasi seusai rekannya, Blaise Matuidi, mencetak gol ke gawang Barcelona. Gol Matuidi menyelamatkan PSG dari kekalahan dan mengakhiri pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions melawan Barcelona di Parc de Princess, Rabu (3/4/2013) dini hari WIB, berakhir 2-2. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Kapten sekaligus bek Paris Saint Germain (PSG), Thiago Silva (kanan), melakukan selebrasi seusai rekannya, Blaise Matuidi, mencetak gol ke gawang Barcelona. Gol Matuidi menyelamatkan PSG dari kekalahan dan mengakhiri pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions melawan Barcelona di Parc de Princess, Rabu (3/4/2013) dini hari WIB, berakhir 2-2. JIBI/SOLOPOS/Reuters

PARIS—Paris Saint Germain (PSG) selamat dari kekalahan atas Barcelona pada perempat final leg pertama Liga Champions. Gol Blaise Matuidi di masa injury timemembuat PSG mengakhiri laga dengan hasil sama kuat 2-2.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bentrokan dua tim besar Eropa di Parc de Princess, Rabu (3/4/2013) dini hari WIB tersebut, sarat dengan drama. Barca sempat unggul lebih dulu di babak pertama melalui Lionel Messi. Namun, PSG mampu menyamakan kedudukan di babak kedua melalui Zlatan Ibrahimovic.

Barca hampir pulang membawa kemenangan setelah kembali unggul saat pertandingan tersisa tiga menit lewat penalti Xavi Hernandez. Namun, sesaat sebelum laga berakhir PSG mampu menyamakan kedudukan melalui Matuidi.

Hasil seri ini membawa keuntungan bagi Barcelona. Pasalnya, leg kedua atau laga penentuan bakal berlangsung di Camp Nou atau markas Barca, 11 April mendatang.

Jalannya Pertandingan

Menjamu tim tangguh Barcelona, PSG tampil dengan skuat terbaiknya. Ibra, sapaan Ibrahimovic, yang baru mendapat keringanan hukuman,  langsung diturunkan sebagai starter dengan mengisi posisi striker tunggal dalam formasi 4-2-3-1. Begitu juga rekrutan terbaru PSG, David  Beckham, tak luput masuk dalam starting XI.

Di sisi lain, Barcelona tak mau kalah bersinar. Pelatih Tito Vilanova yang melakukan come-back pertamanya setelah absen dari proses penyembuhannya mencoba menerapkan strategi menyerang dengan mengusung pola 4-3-3.

Barca mencoba mengambil kendali sejak peluit kick off ditiupkan wasit Wolfgang Stark, yang memimpin pertandingan. Namun, hal itu tak bertahan lama.

PSG yang tampil di hadapan ribuan pendukungnya ganti mengambil alih. Pada menit keempat, PSG bahkan sudah mampu membuat peluang berbahaya melalui akselerasi Ezequiel Lavezzi. Sayang, sepakan Lavezzi, yang sempat diganggu Sergio Busquets, masih membentur mistar gawang Victor Valdes.

Barca tak ingin ketinggalan memberi respon. La Blaugrana tampil dengan ciri khas permainanya yang lebih banyak menguasai bola. Namun, skuat Catalan masih belum mampu menebus tembok pertahanan lawan.

Pada menit ke-18, PSG lagi-lagi memberikan tekanan. Sepakan keras Ibra nyaris menjebol gawang Barca. Namun, lagi-lagi peluang PSG mampu digagalkan Valdes.

Barca yang tampil lebih dominan, akhirnya mampu memecah kebuntuan di menit ke-37. Lionel Messi memberi keunggulan La Blaugrana setelah memanfaatkan umpan terukur Daniel Alves ke sisi kiri pertahanan PSG. Messi yang lolos dari kawalan pemain belakang PSG pun tak kesulitan untuk menaklukan kiper Sirigu.

Unggul 1-0 tak membuat Barca mengendrkan serangan. Beberapa kali pergerakan Si Kutu, julukan Messi, membuat Sirigu harus berjibaku. Namun, keunggulan Barca tak bertambah, begitu juga PSG belum mampu mengejar ketertinggalan. Hingga akhir babak pertama keunggulan Barca tak terusik.

Selepas jeda, Barca membuat perubahan yang mengejutkan. Messi, yang sempat terlihat kesakitan di akhir babak pertama akibat tackling keras Thiago Silva, ditarik keluar dan digantikan Cesc Fabregas.

Namun hilangnya Messi tak terlalu berpengaruh bagi permainan Barca. Pasukan Catalan tetap dominan melakukan determinasi.

Di sisi lain, PSG juga tak banyak melakukan perubahan. Skuat besutan Carlo Ancelotti tetap mengandalkan serangan balik.

Hingga menit ke-65, PSG tak kunjung mengejar ketertinggalan. Ini membuat Ancelotti melakukan beberapa perubahan dengan melakukan rotasi. Lavezzi yang kurang bersinar ditarik keluar dan digantikan Menez. Begitu juga dengan Beckham yang digantikan Marco Verratti di menit ke-70.

Pada menit ke-76, PSG kembali menciptakan peluang. Ibra lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Valde. Namun, sepakannya masih mampu dihalau Valdes, yang tampil cukup cemerlang.

Kebuntuan PSG akhirnya terpecahkan. Tandukan Thiago Silva yang memanfaatkan set piece Verratti lolos dan membentur mistar. Namun, Ibra yang berdiri di depan gawang mampu memanfaatkan bola rebound untuk menciptakan gol.

Gol Ibra mendapat protes para pemain Barca. Skuat La Blaugrana menilai Ibra lebih dulu terjebak offside. Namun, protes pemain Barca tak digubris wasit Wolfgang Stark. Wasit asal Jerman ini tetap mengesahkan gol Ibra yang membuat kedudukan menjadi 1-1.

Namun, Barca mampu kembali unggul. Pada menit ke-86, Sirigu melanggar Alexis Sanchez di kotak penalti. Hadiah penalti pun diberikan kepada Barca yang tak disia-siakan oleh Savi.

Barca hampir pulang membawa kemenangan. Namun, tampaknya kenyataan berkata lain. Pada menit ke-90+4, PSG mampu menciptakan gol. Di awali umpan terukur Verratti dari sisi kanan, Ibra yang mendapat bola langsung meneruskan ke Matuidi. Gelandang asal Prancis itu pun tak berpikir lama untuk menyambut dengan sepakan kencang. Tembakan Matuidi ini sebenarnya mampu ditepis Valdes. Namun, bola terlalu deras untuk menjebol gawang Barca dan membatalkan kemenangan Barca.

Susunan Pemain



PSG (4-2-3-1)

Sirigu (Gk); Jallet, Silva, Alex, Maxwell; Matuidi, Beckham (Verratti 70’); Moura, Pastore (Gameiro 76’), Lavezzi (Menez 66’); Ibrahimovic

Barcelona (4-4-3)

Valdes (Gk); Alves, Pique, Mascherano (Bartra 84’), Alba; Xavi, Busquets, Iniesta; Alexis, Messi (Fabregas ’46), Villa (Tello 81’)

Simak selengkapnya: http://digital.solopos.com/file/03042013/

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya