SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Solo (Solopos.com)–Pembangunan Terminal Tirtonadi terpaksa mandek untuk sementara waktu lantaran janji pemerintah pusat yang akan memberi bantuan senilai Rp 3,1 miliar kepada Pemkot Solo batal terlaksana.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hal tersebut diungkap anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD sekaligus Ketua Komisi III, Honda Hendarto. Dia mengatakan kepastian batalnya kucuran bantuan dari pemerintah pusat untuk pembangunan lanjutan Terminal Tirtonadi disampaikan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) pada saat pembahasan anggaran perubahan.

”Jadi berdasarkan hasil rapat Banggar memang janji pemerintah pusat yang akan memberi bantuan senilai Rp 3,1 miliar untuk pembangunan lanjutan terminal batal. Penyebabnya apa kami kurang begitu tahu,” ujar Honda, Selasa (9/8/2011).

Konsekuensi dari batalnya realisasi bantuan dari pemerintah pusat, menurut Honda, pembangunan lanjutan terminal untuk sementara mandek dulu. ”Kalau tidak ada dananya ya untuk sementara pembangunan terminal mandek dulu. Nanti kalau sudah ada uangnya baru diteruskan kembali,” tuturnya.

Meski janji bantuan pembangunan terminal batal, Honda menambahkan TAPD juga memberi penjelasan masih ada kemungkinan dana yang diajukan akan lolos pada 2012.

”Jadi menurut keterangan TAPD, mereka diminta langsung oleh Kementerian Perhubungan untuk mengajukan permohonan bantuan kekurangan biaya pembangunan terminal secara keseluruhan. Nantinya kalau pengajuan sudah disusun langsung diberikan kepada kementerian,” ujarnya.

Kementerian berjanji, sambung Honda, kekurangan dana akan ditutup pada 2012 nanti. Berdasarkan hitungan dari dinas terkait, pembangunan lanjutan terminal masih kurang senilai Rp 160 miliar.

”Ya sesuai janji pemerintah pusat yang akan memperbaiki infrastruktur daerah, apalagi mengingat prestasi Solo selama ini, kami harap dana bantuan bisa segera terealisasi tahun depan,” ujar Honda.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Solo, Supriyanto, membenarkan pembatalan pemberian bantuan dari pemerintah pusat. ”Memang rencana bantuan pemerintah pusat untuk pembangunan lanjutan terminal batal terlaksana. Kami tidak tahu penyebab persisnya apa namun menurut TAPD karena lobi-lobinya memang kurang,” ujarnya.

(aps)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya