SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

JOGJA—Proyek tahap pertama PT Krakatau Posco sudah mencapai 45%. Pembangunan pabrik pengolahan baja perusahaan patungan PT Krakatau Steel Tbk dengan Pohan Iron dan Steel Company (Posco) ini akan mencapai 70% pada akhir tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direncanakan produksi akan dimulai pada akhir tahun depan dengan total kapasitas produksi 3 juta ton. “Dalam proyek tahap satu yang disampaikan, tahap satu sudah 45 persen. Akhir tahun ini 70 persen,” ujar Presiden Direktur PT Krakatau Steel Tbk, Irvan Kamal Hakim seusai pertemuan petinggi Posco dengan SBY di Jogja Expo Center (JEC), Selasa (23/10/2012).

Selain tahap satu, juga ada banyak proposal yang disampaikan tidak terkait baja. Kalau yang Steel, merekaingin masuk ke tahap dua tapi prinsipnya berpegang pada Joint Venture Agreement (JVA). “Karena itu diatur dalam tahap dua sudah diatur, mekanismenya, ruang lingkupnya sudah ada semua,” kata Irvan.

Pada prinsipnya Posco punya itikad setelah tahap satu selesai akan melangkah ke tahap dua. Capaian 45 persen saat ini dibilang on time. Dengan progres proyek Krakatau Posco, Krakatau Steel juga harus kembangkan dirinya sehingga bisa berimbang.

Disinggung mengenai rencana proyek tahap dua Posco, Irvan mengatakan bahwa produksi tidak jauh berbeda yakni 3 juta ton. Sehingga produksi dua tahap totalnya 6 juta ton. “Kira kira [tahap dua] sama lah. Kan sekarang tiga juta, tahap dua tiga juta lagi tapi ada masa waktuna,” terang Irvan.

Presiden berpesan agar kedua perusahana Krakatau Steel dan Posco bekolaborasi. Intinya mencari langkah teknis operasional dalam mewujudkan rencananya. Tahap satu berjalan On track sesuai schedule. Tahap dua berpegang JVA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya