Jalan Supit Urang Solo. (Twitter)

Solopos.com, SOLO – Proyek pembangunan Pasar Klewer Timur diprediksi mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas di Jl. Supit Urang, Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta. Hal itu disebabkan batas pengerjaan lokasi proyek memakan sebagian badan jalan di sekitar lokasi pembangunan.

Hal itu disampaikan Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Mudo Prayitno, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (8/12/2019) siang. Menurutnya, saat ini Dishub Kota Solo sudah memetakan ruas jalan yang diprediksi selain Jl. Supit Urang juga berdampak pada Simpang Tiga Masjid Agung, dan Simpat Empat Jl. Hasyim Ashari atau sebelah barat Pasar Klewer.

Mudo Prayitno menjelaskan hasil koordinasi dengan pelaksana kegiatan menyampaikan batas proyek akan berada di sebagian ruas jalan. Sehingga tiga ruas jalan itu diprediksi semakin padat.

“Saat ini tidak ada perubahan arus lintas di sekitar lokasi atau tetap satu arah melewati kawasan pengerjaan. Kawasan Supit Urang tanpa proyek pengerjaan saja sudah terjadi kepadatan apalagi adanya proyek,” terangnya.

Sampai saat ini, Mudo Prayitno masih menunggu perkembangan lanjutan. Nantinya, perubahan MRLL akan menyesuaikan kondisi di lapangan.

“Saat ini kami menunggu perkembangan lanjutan proyek dulu dengan meminimalisasi kepadatan, perubahan nantinya menyesuaikan kondisi lapangan setelah proyek berjalan,” sambung dia.

Mudo Prayitno memprediksi penyesuaian mungkin dilakukan sejalan dengan akses keluar masuk kendaraan proyek. Menurutnya, saat ini kendaraan proyek besar belum masuk ke kawasan pengerjaan. Sehingga belum dapat dipastikan rute yang dilalui.

Sementara itu, ia telah meminta pelaksana kegiatan menugaskan flagman untuk meminimalisasi kepadatan lalu lintas terkait akses keluar masuk kendaraan proyek.

Kabid Perparkiran Dishub Kota Solo, Henry Satya Nagara, menjelaskan proyek Pasar Klewer Timur tidak berdampak pada kantong parkir di kawasan Keraton Solo. Sehingga aktivitas parkir di kawasan itu masih berjalan normal menopang pengunjung Pasar Klewer maupun pengunjung Pariwisata Keraton Solo.

Sebelumnya, pemenang tender pembangunan Pasar Klewer Timur menandatangani kontrak kerja sejak Selasa (26/11/2019). Mereka ditenggat merampungkan pembangunan pada Juli 2020 mendatang.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten