PROYEK KERETA SUPERCEPAT : Rivalitas Jepang-Tiongkok, Pilih Mana Jokowi?

PROYEK KERETA SUPERCEPAT : Rivalitas Jepang-Tiongkok, Pilih Mana Jokowi?

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menteri BUMN Rini Soemarmo (kanan) dalam kereta api bawah tanah (subway) Beijing, Tiongkok, Kamis (26/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Rini Utami)

Proyek kereta supercepat di Indonesia menjadi medan persaingan antara investor Jepang dan Tiongkok. Siapa menang?

Solopos.com, JAKARTA -- Investor Jepang menilai rivalitas dengan investor negara lain, termasuk dari Tiongkok, sebagai hal yang wajar. Mereka menyerahkan keputusan pemenang proyek-proyek infrastruktur kepada pemerintah Indonesia.

Seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Presiden Asosiasi Jepang Indonesia (Japind) Yasuo Fukuda, dan sejumlah delegasi bisnis Jepang menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Membicarakan upaya meningkatkan investasi dan perdagangan Jepang-Indonesia. Kereta supercepat kita bicarakan tapi butuh waktu," kata Jusuf Kalla di kantornya, Kamis (28/5/2015).

Presiden Japinda, Yasuo Fukuda mengatakan pengusaha Jepang menyampaikan peluang investasi dan upaya meningkatkan kehidupan sosial masyarakat kedua negara. "Jadi kami telah diskusi dengan Wapres soal SDM untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Indonesia dan Jepang merupakan negara sahabat oleh karenanya kami ingin lebih dalam," tuturnya.

Mantan Perdana Menteri Jepang ini menambahkan peluang investasi yang banyak dibicarakan oleh pengusaha Jepang adalah di bidang usaha kecil dan menengah, transportasi, dan infrastruktur. Fukuda juga menyampaikan soal Shinkansen, Mass Rapid Transit (MRT), dan pelabuhan di Indonesia.

Terkait rivalitas investor China dan investor Jepang untuk menggarap proyek-proyek infrastruktur di Indonesia. Soal proyek besar seperti proyek kereta supercepat Jakarta-Bandung-Surabaya, Fukuda menyerahkan keputusan kepada pemerintah Indonesia.

"Jadi kalau itu masalah di Indonesia jadi yang putuskan pemerintah Indonssia. Tentang yang mana yang lebih baik dan diputuskan salah satunya adalah hak atau keputusan pemerintah Indonesia," imbuhnya.

Jusuf Kalla menambahkan pemerintah belum memutuskan investor negara mana yang akan menggarap proyek kereta supercepat Jakarta-Bandung-Surabaya. Namun, JK menegaskan aspek kualitas sebagai pertimbangan utama pemerintah. "Nantilah, prinsipnya kan quality infrastructure, long term, jangka panjang," pungkas JK.

Delegasi bisnis yang ikut dalam rombongan Japinda antara lain Chairman Sumitomo Corporation Kazuo Ohmori, CEO Suzuki Motor Corporation Osamu Suzuki, Chairman Daihatsu Motor Co. Ltd. Koichi Ina, dan Special Corporate Adviser Fumi Ohtsubo.

Sementara itu, BKPM mencatat nilai komitmen investasi Jepang di Indonesia mencapai US$640 Juta. Komitmen tersebut diperoleh selama roadshow promosi dan pemasaran investasi Indonesia di Osaka, Jepang. Selain itu, Jepang akan mengucurkan investasi di bidang industri baja senilai US$200 juta, industri kimia senilai US$300 Juta, kawasan industri dan properti US$100 juta, dan industri perkapalan US$40 juta.

Berita Terkait

Berita Terkini

Wow, Pelopor Batik Asal Solo Go Tik Swan Hari Ini Nampang di Google

Pada 1950-an, Swan memenuhi permintaan presiden dengan memadukan teknik batik daerah untuk memperkenalkan Batik Indonesia.

Mobil Travel Gelap Disetop Petugas Pos Makutho Solo, Penumpang Dipulangkan

Satu unit mobil elf yang diduga travel gelap dihentikan petugas di pos penyekatan Tugu Makutho Solo pada Senin (10/5/2021) pukul 23.30 WIB.

Berumur Belum 1 Bulan, AirTag Apple Sudah Kena Retas

Kurang dari sebulan sejak peluncurannya Air Tag Apple sudah bisa diretas oleh peneliti keamanan asal Jerman.

Tegas! Bupati Karanganyar Usul Penanganan Covid-19 Serahkan ke Pemda Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengusulkan penanganan Covid-19 diserahkan kepada pemda setempat.

Pemkot Jogja Ingatkan Warganya Tidak Lakukan Takbir Keliling

Pemkot Jogja melarang warganya menggelar takbir keliling. Takbir hanya boleh dilaksanakan di masjid di wilayah masing-masing.

Lebaran 2021: Jumlah Pemudik ke Sukoharjo Lebih Sedikit Dibanding Tahun Lalu

Jumlah perantau yang mudik ke Sukoharjo pada Lebaran kali ini lebih sedikit daripada tahun 2020.

Jelang Lebaran, Satpol PP Klaten Garuk 3 Pasangan Tak Resmi di Hotel Melati

Tim gabungan menyasar ke sejumlah hotel melati di kawasan kota dan Klaten bagian timur, total hotel yang disasar mencapai empat sampai lima hotel.

ABG Sopir VW Kuning Penabrak Polisi di Pos Penyekatan Klaten Mediasi dengan Korban, Hasilnya?

ABGpenabrak polisi di pos penyekatan pemudik di Klaten dengan mobil VW kuning telah menjalani mediasi dengan korban.

Jangan Sembrono Makan! 5 Penyakit Ini Rentan Muncul Pasca Lebaran

Inilah lima penyakit yang rentan muncul pasca Lebaran karena konsumsi makanan yang tak terkontrol saat Hari Raya Idulfitri.

Libur Lebaran 2021, Ini Jasa Pengiriman yang Tetap Beroperasi

Meski masa libur lebaran, beberapa ekspedisi pengiriman barang diantaranya Pos Indonesia dan JNE tetap beroperasi.

Mercedes Benz Siapkan Van Listrik EQT Concept

Mercedes-Benz memperkenalkan van listrik untuk keluarga meskipun masih dalam bentuk konsep.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Sebelum atau Sesudah Makan?

Adakah waktu yang tepat untuk minum susu agar penyerapan nutrisinya maksimal?