SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL– Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) terus dikebut. Setelah sebelumnya berhasil merampungkan proyek pembebasan lahan untuk jalan sepanjang 27,9 km, pada tahun 2013, Pemkab Gunungkidul mentargetkan pembebasan lahan sepanjang 3,1 km dan menyelesaikan pembangunan jalan sepanjang 25,15 km.

Kabag Administrasi Pemerintahan Umum Eddy Praptono ketika dihubungi menjelaskan, saat ini baru saja tercapai kesepakatan harga untuk pembebasan lahan sepanjang 3,1 km di daerah Karangasem hingga Monggol Paliyan. Meskipun sedikit terkendala dana, tetapi pembebasan lahan dapat terlaksana tanpa kendala berarti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Eddy menjelaskan, harga tanah di daerah itu berkisar antara Rp50.000 hingga Rp130.000 per meter persegi. Beberapa titik menurutnya mengalami kenaikan harga oleh pemilik lahan meskipun masih berada dalam jangkauan anggaran Pemkab. “memang ada kenaikan harga tapi masih lebih murah dibandingkan pembebasan lahan sebelumnya” ujarnya.

Sebelumnya, Eddy menjelaskan harga pembebasan tanah di daerah Jetis berkisar antara Rp100.000 hingga Rp130.000. Harga tersebut lebih tinggi karena posisinya berada di tepi JJLS yang telah terbangun. Rencananya, hingga 2013 mendatang pembebasan lahan akan bertambah sepanjang 3,1 km sehingga secara keseluruhan lahan yang telah dibebaskan mencapai 31km dari total 82 km rencana proyek JJLS.

Untuk pembebasan lahan hingga 2013 mendatang, Edyy mengatakan Pemkab sudah menyediakan dana sebesar Rp1m dan mendapatkan tambahan dari Provinsi sebesar Rp3,5M. Berdasarkan perhitungan, jumlah ini akan cukup untuk rencana pembebasan lahan setahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya