SOLOPOS.COM - Kawasan Dieng (ilustrasi/JIBI/dok)

Kanalsemarang.com, BANJARNEGARA—Wakil Bupati Banjarnegara, Hadi Supeno mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara bersama Pemkab Batang sedang membangun akses jalan dari Dieng menuju Batang.

“Pembangunan jalan tersebut membutuhkan dana sekitar Rp15 miliar hingga Rp20 miliar. Saat ini baru ada dana sebesar Rp4 miliar yang berasal dari Pemkab Banjarnegara, Pemkab Batang dan dibantu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” katanya seperti dikutip Antara, Minggu (31/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan keberadaan jalan alternatif Dieng-Batang tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke KWDT Dieng karena jarak dari Semarang relatif lebih dekat dibanding melalui ruas jalan yang ada saat ini.

“Kalau ini berhasil, tidak menutup kemungkinan akses dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Dieng hanya dua jam perjalanan,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan menarik wisatawan asing yang kapalnya bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, untuk berkunjung ke Dieng.

Menurut dia, rencana tersebut juga mendapat sambutan positif dari sejumlah biro perjalanan wisata.

“Apalagi dalam satu kapal pesiar biasanya membawa sekitar 1.500 wisatawan,” katanya.

Wabup mengatakan jika pembukaan akses jalan Dieng-Batang maupun penambahan fasilitas dapat terealisasi, kunjungan wisatawan ke KWDT Dieng dapat meningkat.

Menurut dia, jumlah kunjungan wisatawan ke KWDT Dieng saat ini mencapai 500 ribuan orang dalam satu tahun, 5.000-an di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

“Saat musim libur lebaran kemarin saja, kunjungan wisatawannya mencapai 100 ribu orang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya