PROYEK INFRASTRUKTUR : Disayangkan Keterlambatan Pembangunan Jalan Andong-Karanggede
ilustrasi kerusakan jalan (JIBI/Solopos/Antara)

Proyek infrastruktur peningkatan jalan Andong-Karanggede, di Boyolali terlambat dikerjakan.

Solopos.com, SEMARANG-Komisi D DPRD Jawa Tengah menyayangkan adanya keterlambatan pekerjaan pembangunan peningkatan jalan Andong (Boyolali)-perbatasan Sragen-Karanggede-perbatasan Kabupaten Semarang-Boyolali sepanjang 4.150 meter.

Wakil Ketua Komisi DPRD Jawa Tengah (Jateng) Hadi Santoso mengatakan sampai Agustus 2015 ada keterlambatan pekerjaan sekitar 38 persen dari target yang telah ditetapkan.

”Dari hasil kunjungan lapangan beberapa hari lalu terungkap realisasi pembangunan peningkatan jalan Andong perbatasan Kabupaten Sragen-Karanggede perbatasan Kabupaten Semarang-Boyolali baru mencapai 24,9 persen dari target 63 persen, jadi ada deviasi sebesar 38 persen,” katanya kepada solopos.com di Semarang, Kamis (10/9/2015).

Pekerjaan jalan dengan dibeton dan overlay dua lapis senilai Rp9,62 miliar, lanjut dia mulai dikerjakan pada April 2015 oleh PT Sinergi Daya Perkasa Semarang.

Pihak kontraktor, sambung Hadi berdalih keterlambatan pekerjaan karena mengalami kendala material yang langka serta keterbatasan bacing plan alat untuk mencampur beton.

”Kontraktor kan sudah membuat planing pekerjaan sehingga kalau ada kendala pastinya sudah mempunyai solusinya,” ujarnya.

Dia mendesak agar pekerjaan yang didanai APBD Jateng tersebut bisa rampung sesuai perjanjian kontrak kerja yang telah disepekati bersama.

”Sesuai perjanjian kontrak kerja, pelaksanaan pekerjaan tersebut rampung pada 5 November 2015. Bina Marga Jateng harus memantau pekerjaan rampung sesuai kontrak kerja,” tandas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Hadi menambahkan kasus keterlambatan proyek pembangunan infrastruktur jalan Andong-Karanggede kemungkinan juga terjadi di daerah lainnya.

”Saat ini ada sekitar 138 pekerjaan pembangunan jalan baik nasional, provinsi dan kabupaten yang tersebar di sejumlah daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, pejabat pelaksana teknis pekerjaan (PPTK) peningkatan jalan Andong perbatasan Kabupaten Sragen-Karanggede perbatasan Kabupaten Semarang-Boyolali Eko Budihartanto mengungkapkan pekerjaan akan rampung sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

”Meski ada kendala tapi tetap akan rampung sesuai waktu telah ditentukan,” ujar dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom