Proyek Hall di Pedaringan Solo Ternyata Sudah Ditawarkan ke Investor

Gedung Solo Convention and Exhibition (SCE) berkapasitas belasan ribu orang yang akan dibangun di Pedaringan, Jebres, Solo, sudah ditawarkan kepada investor.

 Truk terparkir di kawasan Perusahaan Pergudangan Kota (PPK) Pedaringan, Jebres, Solo, Kamis (22/6/2017) siang. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Truk terparkir di kawasan Perusahaan Pergudangan Kota (PPK) Pedaringan, Jebres, Solo, Kamis (22/6/2017) siang. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Rencana pembangunan gedung pertemuan atau hall Solo Convention Exhibition (SCE) berkapasitas belasan ribu orang di kawasan Pedaringan, Jebres, Solo, pernah ditawarkan kepada investor di era Wali Kota FX Hadi Rudyatmo.

Hasil penelusuran Solopos.com, Senin (17/1/2022), detail rencana pembangunan SCE di Pedaringan sudah diunggah di laman investasi.surakarta.go.id. Di situ disebutkan peluang investasi pembangunan exhibition hall pertama di Solo yang dilengkapi meeting room, shopping area serta office area.

PromosiRatusan Jiwa di Jawa Tengah Dipasung Karena Alasan Malu dan Aib

Luas convention-exhibition hall sekitar 6.300 meter persegi dengan daya tampung mencapai 12.000 orang. Ketua Komisi II DPRD Solo, Honda Hendarto, saat dihubungi Solopos.com, Senin, mengakui adanya rencana pembangunan SCE di Pedaringan.

Baca Juga: Gede Banget! Pemkot Solo akan Bangun Gedung Berkapasitas 15.000 Orang

Namun hingga saat ini rencana pembangunan hall di Pedaringan, Jebres, Solo, belum terealisasi. “Memang itu sudah rencana lama. Belum terealisasi sampai sekarang,” ujarnya.

Honda mengaku tidak tahu kenapa rencana pembangunan SCE di Pedaringan itu belum terealisasi. Yang jelas menurutnya penawaran rencana pembangunan SCE di Pedaringan ke investor lantaran kebutuhan dananya sangat besar sementara kemampuan APBD Solo terbatas.

Baca Juga: Gandeng Persis, Pemkot Solo akan Bikin Destinasi Wisata Sport Tourism

Kota MICE

“Dulu zamane Pake [FX HadI Rudyatmo] mau dicarikan investor karena APBD tidak mungkin bisa. Sebab kekuatan keuangan kita tidak mungkin untuk membangun gedung sebesar itu. Dulu loh ya, mau investor saja, termasuk saran-saran kami seperti itu,” katanya.

Honda menyatakan sejak awal ia mendukung rencana pembuatan hall SCE di Pedaringan, Jebres, Solo. Sebab keberadaan SCE akan mendukung Solo sebagai kota MICE (meeting, incentive, convention, exhibition). “Adanya SCE semakin memperkuat Solo kota MICE,” terangnya.

Baca Juga: 2 Proyek Besar Pemkot Solo Diwarnai Penolakan, Ini Saran untuk Gibran

Lokasi atau lahan yang diproyeksikan dibangun SCE di sebelah SPBU Pedaringan milik Perumda Pergudangan dan Aneka Usaha (PAU) Pemkot Solo. “Setahu saya rencana lokasinya [SCE] di sebelah SPBU Pedaringan sampai ke bawah,” imbuh dia.

Area itu, menurut Honda, dulunya merupakan kawasan ruko. Namun ruko-ruko itu sudah dibongkar dan bersih seiring pembangunan SPBU Pedaringan. “Di sebelah bawahnya itu dulu lapangan bongkar muat barang yang sangat besar. Cukup untuk SCE lah,” urainya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

+ PLUS Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

Frasa ”aja kesusu” atau jangan terburu-buru yang dikemukakan Presiden Joko Widodo dalam acara Rapat Kerja Nasional Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5/2022), adalah pesan yang berlaku umum, namun juga bisa ditafsirkan lebih sempit sesuai konteks dan ruangnya.

Berita Terkini

PPPK Klaten Geruduk BKPSDM Klaten PascaPeroleh SK, Ada Apa?

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang pekan lalu baru menerima surat keputusan (SK) menggeruduk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Rabu (25/5/2022).

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.

Ganjar Pranowo Ikuti Blusukan Jokowi di Solo, Terpisah Dari Rombongan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah lokasi di Solo namun memisahkan diri dari rombongan.

Menikahi Adik Jokowi, Segini Harta Kekayaan Ketua MK Anwar Usman

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tengah menjadi sorotan seusai resmi menikah dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati pada Kamis (26/5/2022) di Solo.

Pedagang Sapi Wonogiri Ini Ketakutan saat Didatangi Polisi, Kenapa?

Pedagang sapi di Wonogiri mengaku tertekan dengan kehadiran aparat polisi saat proses pemeriksaan kesehatan yang diselenggarkan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) ternak di pasar hewan.

Pemain Srimulat Hil Yang Mustahal Kunjungi Griya Solopos, Ngapain Aja?

Sejumlah pemain film Srimulat: Hil Yang Mustahal mengunjungi Griya Solopos dalam rangkaian tur mereka di Solo, Kamis (26/5/2022).

Bukan Kaus, Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng di Pasar Mojosongo Solo

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan modal usaha dan BLT minyak goreng kepada masyarakat saat berkunjung ke Pasar Mojosongo Solo pada Kamis (26/5/2022).

Kenaikan Isa Almasih, Begini Suasana di Gua Maria Marganingsih Bayat

Umat Katolik melaksanakan ziarah dan doa bersama di Gua Maria Marganingsih, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Kamis (26/5/2022).

Area Parkir Graha Saba Buana Solo Banjir Karangan Bunga, Dari Siapa?

Area parkir Graha Saba Buana Solo, Jawa Tengah penuh dengan karangan bunga ucapan selamat untuk pernikahan adik Jokowi, yakni Idayati, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman.