Proyek GOR Indoor Manahan Solo Mandek, Legislator Pertanyakan Kinerja Konsultan Pengawas

Kalangan legislator DPRD Solo menyayangkan pekerjaan proyek pembangunan GOR Indoor Manahan tak selesai dan mempertanyakan kinerja konsultan pengawas.

 Proyek lanjutan pembangunan GOR Manahan Solo tahun 2021 dipastikan tidak rampung, Selasa (21/9/2021).(Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Proyek lanjutan pembangunan GOR Manahan Solo tahun 2021 dipastikan tidak rampung, Selasa (21/9/2021).(Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Legislator DPRD Solo mempertanyakan kinerja konsultan pengawas proyek pembangunan GOR Indoor Manahan yang mandek di tengah jalan.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi IV DPRD Solo, Putut Gunawan, saat dimintai tanggapan Solopos.com mengenai proyek yang berujung pada pemutusan kontrak rekanan tersebut.

“Kasus ini mengingatkan kita kepada keberadaan dan fungsi konsultan pengawas yang kurang efektif,” kata Putut, Selasa (21/9/2021).

Pantauan Solopos.com, bangunan gedung GOR Indoor Manahan Solo yang terletak di belakang Gelanggang Pemuda Bung Karno Manahan Solo tertutup rapat, Selasa (21/9/2021) siang.

Baca Juga: Pengelola Mal Soloraya Berharap Anak 12 Tahun ke Bawah Boleh Masuk

Pagar tembok dan seng mengelilingi area gedung yang belum selesai dikerjakan itu. Namun tidak tampak satu pun pekerja yang sedang mengerjakan proyek yang digarap mulai tahun 2019 tersebut.

Dua crane atau alat pengangkat dan pemindah barang yang menjulang tinggi di dua sisi gedung itu pun tidak lagi beroperasi. Sudah sekitar sepekan terakhir ini memang tidak ada aktivitas pengerjaan proyek multiyears yang ditargetkan rampung pada 2022 itu.

Pemasangan Atap

Pekerjaan tahun ini seharusnya fokus menyelesaikan pemasangan atap di seluruh bagian GOR Indoor Manahan Solo. “Ya memang sudah tidak ada aktivitas pekerjaan sejak kontraktor diputus kontrak pekan lalu, sudah sepekan ini. Pekerjaan tahun ini baru menyelesaikan sekitar 60 persen pekerjaan,” ujar anggota Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro.

Baca Juga: Siapa Pun Penguasa Baru Mangkunegaran, Ini Harapan Pegiat Sejarah-Budaya Solo

Dengan sudah diputusnya kontrak rekanan, menurut Asih, sisa pekerjaan tahun ini sekitar 40 persen akan dikerjakan pada 2022. Artinya tahun depan terjadi penumpukan pekerjaan finishing dan 40 persen sisa pekerjaan tahun ini.

“Sesuai tahapan kan proyek dimulai 2019 dan ditargetkan selesai 2022. Tahun depan itu tahapnya finishing semua. Tapi karena tahun ini hanya tergarap 60 persen, yang 40 persen dialihkan pengerjaannya tahun depan,” tuturnya.

Asih menilai proyek GOR Indoor Manahan merupakan salah satu proyek besar di Kota Solo. Proyek ini membutuhkan anggaran total Rp60 miliar dengan waktu pengerjaan empat tahun. Anggaran pokok bersumber dari Bankeu Pemprov Jateng.

Baca Juga: Asyik! Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk TSTJ dan Balekambang Solo

Selain itu ada dana pendampingan dari APBD Solo setiap tahunnya. Legislator Komisi IV DPRD Solo sudah melakukan inspeksi mendadak (sidak) agar pengerjaannya bisa selesai.

Legislator Khawatir

Sidak dilakukan sehari sebelum batas waktu pengerjaan proyek, yaitu 26 Juli 2021. Ketika itu para wakil rakyat sudah meminta kontraktor untuk tidak main-main dengan pengerjaan proyek, agar bisa segera selesai di masa tambahan waktu.

Anggota Komisi IV DPRD Solo, Antonius Yogo Prabowo, mengatakan saat itu kontraktor berjanji dalam waktu 30 hari pekerjaan bisa selesai. Namun kenyataannya hingga batas waktu tambahan 50 hari, Selasa (12/9/221), tak rampung.

Baca Juga: Pemkot Solo Terbitkan SE Pertandingan Sepak Bola Liga 1 dan 2 di Stadion Manahan, Begini Aturannya

Yogo khawatir tidak selesainya proyek lanjutan tahun ini akan mempengaruhi tahapan keseluruhan pengerjaan proyek. Padahal warga Solo sudah menunggu-nunggu selesainya proyek Gor Indoor Manahan Solo untuk segera dimanfaatkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solo, Joni Hari Sumantri, belum berhasil dihubungi Solopos.com untuk diminta konfirmasi sejak Sabtu (18/9/2021) hingga Selasa. Saat dikirimi pesan Whatsapp (WA) dan dihubungi lewat ponsel, Joni tidak merespons.


Berita Terkait

Berita Terkini

Pamsimas Gagal, Warga Tiga Desa di Sragen Alami Krisis Air Bersih

Tiga Desa di tiga Kecamatan di Sragen alami krisis air bersih karena kekeringan. Mereka mengandalkan bantuan air bersih dari Pemkab Sragen untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

Rektor ISI Surakarta Mewisuda 278 Mahasiswa pada Gelombang II 2021

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang mahasiswa lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

Minibus Angkut 8 Penumpang Asal Demak Ngglondor di Matesih

Tak kuat menanjak di jalur menuju Candi Sukuh, minibus yang mengangkut rombongan dari Demak ngglondor dan terguling.

Kisah Beras Delanggu yang Kini Tinggal Nama

Beras Delanggu kini tinggal nama brand. Tidak ada petani di Delanggu, Klaten, yang menanam beras raja lele yang dikenal pulen dan enak.

Sayangkan Komentar Rudy Soal Celeng, Dencis: Seharusnya Menyejukkan

Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Denny Nurcahyanto, menilai pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, memperkerus suasana.

Kata Dencis Soal Sanksi Kader yang Dukung Ganjar Pranowo

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Denny Nurcahyanto, menyebut pihaknya tak berhak memberikan sanksi bagi kader yang melanggar instruksi partai.

Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mobil Honda Mobilio hilang kendali dan nyungsep di parit setelah diduga mengalami rem blong di Tawangmangu. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dilantik, Asproksi Jateng Komitmen Pasarkan Produk Kesehatan Lokal

Pengurus Asosiasi Produk Kesehatan Indonesia Standar Internasional (Asproksi) Jateng dilantik. Mereka berkomitmen untuk mendukung pemasaran produk kesehatan lokal.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.

Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik di Boyolali Hari Ini (16/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama lima jam. Ini daerah yang terdampak.

Aturan Baru! Jagong dan Berwisata di Sukoharjo Syaratnya Sudah Vaksin

Pemkab Sukoharjo mensyaratkan wajib sudah divaksin bagi warga yang hendak menggelar dan menghadiri hajatan serta masuk ke tempat wisata.

Pemadaman Listrik Solo Hari Ini (16/10/2021), Daerahmu Terdampak?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Daerah mana saja yang terdampak?