Tutup Iklan

Proyek DAK Pendidikan menyimpang

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Sejumlah proyek fisik peningkatan mutu pendidikan yang dibiayai dengan dana alokasi khusus (DAK) 2010 di Kabupaten Klaten diketahui menyimpang dari rencana anggaran biaya (RAB).

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Klaten, Nurcholis Madjid, Jumat (21/1), mengungkapkan berdasarkan hasil inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan komisinya ke beberapa sekolah penerima DAK ditemukan ketidaksesuaian dengan RAB. “Ada pintu yang harusnya dari kayu tapi dibuat dari tripleks.”

Di sekolah lain, jelasnya, ditemukan pula proyek yang baru selesai 80% tapi sudah diserahkan oleh rekanan. Padahal seharusnya proyek diserahkan dalam kondisi 99% rampung sehingga tinggal dilanjutkan masa pemeliharaan. Nurcholis mengatakan temuan itu telah dikoordinasikan dengan Disdik supaya dilakukan tindakan. Anggota Komisi IV Mulyono mempertanyakan kenapa Disdik mau menerima proyek yang hasilnya tidak sesuai RAB.

“Tak hanya fisik, pengadaan mebel di sejumlah sekolah ditengarai berkualitas buruk dan tidak sesuai dengan spesifikasi.” Menurutnya, Disdik telah dimintai kesanggupan untuk memanggil semua rekanan dan membenahi proyek sesuai RAB. Jika perlu, tandas Mulyono, sanksi diberlakukan pada rekanan yang bandel dengan mencoret mereka pada lelang DAK tahun berikutnya. Menurutnya, DAK senilai total Rp 11 miliar itu harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dengan baik supaya tak timbul masalah di kemudian hari. Kepala Disdik Klaten, Sunardi mengakui masih ada beberapa proyek DAK Pendidikan yang perlu penyempurnaan. “Sudah dicek dan pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) sudah memanggil rekanan untuk memperbaiki yang belum sesuai RAB. Apapun alasannya kami minta dibenahi,” jelasnya.

rei

Berita Terkait

Berita Terkini

Profil PSG Pati, Tim Kuda Hitam Saridin Diakuisisi Atta Halilintar

Klub sepak bola ini dikenal dengan julukan “Kuda Hitam Saridin”. Saridin  merupakan salah satu tokoh yang dihormati di Kabupaten Pati yang dikenal dengan kuda tunggangannya yang berwarna hitam.

10 Berita Terpopuler: Rossi Soal Sirkuit Mandalika hingga Kabar Tukul

Komentar Valentino Rossi tentang tantangan membalap di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Senin (27/9/2021).

Arti Mimpi Bertemu Harimau, Pertanda Bakal Sial Atau Mujur?

Mimpi bertemu hewan buas seperti harimau kadang bisa membuat takut dan terbangun dari tidur lelap.

Seru, Universitas Duta Bangsa Solo Gelar Outbound Dosen dan Tendik

Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo menyelenggarakan kegiatan outbound bagi dosen dan tenaga kependidikan (tendik) untuk meningkatkan keakraban.

Api Abadi PON XX Papua Mulai Dikirab Keliling Lima Wilayah Adat

Api Abadi PON XX diambil di PLTMG Pertamina Klamono

Netflix Indonesia Tayangkan di Balik Layar Squid Game, Seperti Apa?

Di balik layar  Squid Game itu mengungkap bahwa setiap set dibangun secara detail  untuk mewakili semua permainan di serial itu.

Sindir Atta Halilintar, Gibran: Tetap Putus Asa, Jangan Semangat!

Putra sulung Presiden Jokowi tersebut juga mengajak pengusaha lain untuk ikut andil mengembangkan olah raga nasional. Secara khusus Gibran memberikan pesan kepada Atta sebagai bos AHHA PS Pati.

Sirkuit Mandalika dan Keindahan Lombok Yang Dipuji Pembalap Dunia

Menjadi tuan rumah perhelatan besar balap motor kelas dunia

Layanan Telkom Group Disebut Kembali Normal 100%

Seluruh layanan Telkom Group baik fixed broadband termasuk Indihome maupun mobile broadband milik Telkomsel saat ini sudah kembali normal.

Usai Periksa Luhut, Polda Metro Akan Panggil Haris Azhar-Fatia

Polda Metro Jaya akan memanggil Haris Azhar-Fatia Maulidiyanti dalam waktu dekat terkait dugaan pencemaran nama baik melibatkan Menko Bidang Marinvest, Luhut Binsar Pandjaitan.

Jagone Inyong Kie! Es Lontrong Slawi Seger Legender

Kuliner Tegal kali ini membahas tentang Es Lontrong Slawi yang legendaris dan hanya bisa ditemukan di Tegal.

Bandara Dibuka, Afghanistan Siap Bekerja Sama dengan Semua Maskapai

Taliban pada Minggu (26/9/2021) mengumumkan bahwa semua masalah teknis di bandara Kabul sudah teratasi dan penerbangan internasional siap kembali beroperasi.

ODGJ Klaten Akhiri Hidup dengan Gantung Diri di Sumur

Kasus bunuh diri di Klaten itu kali pertama diketahui Suwarni. Mendengar suara air mengalir dari arah sumur milik ST. Begitu dicek, Suwarni melihat ST sudah meninggal dunia dengan gantung diri di sumur tersebut.

Tol Kayangan Ini Viral di Medsos Lur, Cek Lokasinya

Tol Kayangan merupakan penghubung Dusun Surodadi dan Dusun Candran, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang sedang viral di medsos.

Pensiunan Polisi di Semarang Ngemis Jadi Manusia Silver, Ini Alasannya

Aksi manusia silver sering kali meresahkan pengguna jalan sehingga menjadi target razia Satpol PP.