Prototipe Starship SN6 Sukses Meluncur, Misi ke Bulan dan Mars Kian Nyata

Space X sukses menyelesaikan penerbangan prototipe terbesar, Starship, roket masa depan yang diharapkann dapat digunakan ke Bulan dan Mars.

 Spacex sukses menerbangkan prototipe Starship SN6 di Area Tengah Kennedy NASA di Florida diambil dari laman nasaspaceflight.com, Jumat (4/9/2020). (Nasaspaceflight.com)

SOLOPOS.COM - Spacex sukses menerbangkan prototipe Starship SN6 di Area Tengah Kennedy NASA di Florida diambil dari laman nasaspaceflight.com, Jumat (4/9/2020). (Nasaspaceflight.com)

Solopos.com, FLORIDA – Space X sukses menyelesaikan penerbangan prototipe terbesar, Starship SN6. Roket masa depan, Starship, diharapkann dapat digunakan suatu hari nanti untuk mendaratkan manusia ke Bulan dan Mars.

Kendaraan silinder Starship SN6 yang penampakannya sangat mirip dengan silo itu adalah mesin roket. Dalam video yang diunggah laman NASA Spaceflight.com, terlihat Starship yang mirip silo itu melayang tinggi ke atas membubungkan harapan penerbangan kembali ke Bulan dan bahkan Mars.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Silo dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bermakna tempat menyimpan hasil pertanian (biji-bijian) dalam jumlah besar, terbuat dari papan kayu atau logam—seperti besi pelat atau seng—dengan bentuk seperti sumur. Silo bisa pula dimaknai bangunan di bawah tanah tempat menyimpan peluru kendali.

Limbah Masker dan APD di India Jadi Batu Bata

Tes Starship SN6, Kamis (3/9/2020), sangat mirip dengan tes penerbangan pendek Starship SN5, Selasa (4/8/2020). Kala itu tercapai ketinggian sekitar 500 kaki atau 150 m. Kedua prototipe tersebut nantinya bertujuan untuk menyempurnakan peluncuran dan operasi pendaratan Space X padamasa depan.

Beberapa prototipe sebelumnya meledak selama tes darat. Selama proses pembelajaran trial and error hal itu sering kali terjadi. Starship SN6 adalah yang terbaru dari jajaran prototipe yang telah digunakan Space X sebagai proyek uji coba misi ke Bulan dan Mars.

Peluncuran Kedua

Peluncuran Starship SN6 adalah penerbangan kedua yang dijadwalkan oleh Space X, Kamis (3/9/2020). Perusahaan tersebut sebelumnya meluncurkan roket Falcon 9 yang membawa 60 satelit Internet Starlink ke orbit. Misi itu lepas landas dari Pad 39A Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida, pukul 08.46 waktu setempat.

Tulang Kerabat Jadi Alat Musik di Zaman Perunggu

Starship Space X merupakan pesawat luar angkasa setinggi 165 kaki atau 50 m. Roket Starship yang dirancang mengantar manusia ke Bulan dan Mars tersebut merupakan roket paling berat di kelasnya. Pesawat luar angkasa itu bahkan dapat meluncurkan mobil dari Bumi.

NASA juga telah memilih Space X's Starship sebagai salah satu dari tiga pesawat luar angkasa untuk mendaratkan astronot di Bulan pada tahun 2024 mendatang. Harapannya Starship itu mampu menuntaskan misi ke Bulan dan Mars.

Elon Musk pendiri dan CEO Space X mengatakan bahwa tujuan utama prototipe SN Starship adalah peluncuran uji coba ke ketinggian 12 mil atau 20 km. SN6 bermesin tunggal tidak akan setinggi itu, ia dan juga perusahaannya terus berkomitmen menyempurnakan proyek tersebut dan akan segera mewujudkannya.

ne; width:100%;" target="_blank" rel="noopener noreferrer">

rmal; font-weight:550; line-height:18px;"> View this post on Instagram

px 0 0 0; padding:0 4px;"> rmal; font-weight:normal; line-height:17px; text-decoration:none; word-wrap:break-word;" target="_blank" rel="noopener noreferrer">Here's a better look at @spacex Starship SN6 during the 150m flight! Credit LabPadre's stream . . . . . . . . #spacex #elonmusk #nasa #esa #space #starlink #starship #future #new #news #update #usa #europe #test #launch #engineering #science #satellite #texas #bocachica

px; overflow:hidden; padding:8px 0 7px; text-align:center; text-overflow:ellipsis; white-space:nowrap;">A post shared by rmal; font-weight:normal; line-height:17px;" target="_blank" rel="noopener noreferrer"> SpaceX & Space News (@spacex_spacenews) on

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kartu SIM Hilang Apakah Bisa Diganti, Yuk Cek Penjelasannya

      Karena kelalaian bisa saja kartu SIM milik Anda hilang, lantas apakah bisa diganti jika hilang?

      Link Download Carx Street Game Balapan Seru Banget

      Penggemar game bertemakan balapan mobil Carx Street, jika ingin memainkannya berikut link download Carx Street.

      Kembali ke Pasar Indonesia, ZTE Langsung Rilis 3 Smartphone Baru

      ZTE kembali ke pasar smartphone Indonesia dan langsung meluncurkan tiga smartphone baru Blade series yang masuk di kategori ponsel murah.

      Ingin Instal iOS 16 di iPhone Anda, Ini Caranya

      Apple resmi meluncurkan sistem operasi teranyarnya yakni iOS 16 untuk iPhone mulai seri 8 hingga iPhone 14. Ini caranya instal iOS 16 untuk iPhone Anda.

      Cari Mesin ATM Terdekat saat Butuh Uang Tunai, Bisa Kok dengan Google Maps

      Ketika bepergian ke luar kota butuh uang dan cari ATM terdekat, Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk menemukannya.

      Cara Download Video YouTube dan MP3 Soundcloud Melalui Tubidy

      Berikut ini terdapat cara mudah download video Youtube dan MP3 Soundcloud dengan mudah lewat Tubidy.

      GMEDIA Luncurkan DimensiCloud.id, Gagasan Baru Manage Service Cloud Provider

      GMEDIA meluncurkan bisnis terbaru layanan komputasi awan (cloud computing) bernama DimensiCloud.id.

      Daftar Kecanggihan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Dinamai Komodo Merah

      Perangkat bernama Disaster Monitoring Center (DMC) dan Disaster Montoring Terminal (DMT) telah disiapkan agar kereta cepat Jakarta-Bandung ini punya kemampuan keamanan sangat tinggi.

      Samsung Galaxy S25 Disebut Tanpa Tombol Fisik dan Port

      Samsung mungkin menghilangkan semua tombol fisik yang mencakup tombol daya dan volume rocker pada produk terbatas Calaxy S25

      Daftar HP Xiaomi Harga Rp1 jutaan yang Bisa Kamu Miliki

      Berikut adalah rekomendasi sejumlah HP Xiaomi harga Rp1 jutaan yang pas untuk mendukung kegiatan harian Anda.

      Harga Terjangkau, Smartwatch Olike Horizon W12 Tawarkan Beragam Fitur

      Anda lagi butuh smartwatch dengan harga terjangkau, tenang. Karena saat ini ada Smartwatch Olike Horizon W12 dengan beragam fitur canggih

      Harga dan Spesifikasi Ponsel Lipat Xiaomi Mi Mix Fold 2 Berkamera Leica

      Pasar ponsel lipat cukup menjanjikan sehingga banyak produk baru dirilis, salah satunya Xiaomi Mi Mix Fold 2, berikut harga dan spesifikasinya.

      25 Tahun Perjalanan Laptop ASUS ke Luar Angkasa

      Zenbook 14X OLED Space Edition tidak hanya sekadar tampil istimewa dari tampilannya, tetapi juga sangat powerful.

      Ciri Ciri Data Pribadi Bocor, Apa yang Harus Dilakukan

      Kabar kebocorn data dari registrasi SIM Card membuat masyarakat resah. Lantas apa ciri ciri data pribadi bocor.

      Kamera GoPro Hero 11 dan Hero 11 Mini Dilengkapi Fitur AutoBoost

      Kamera GoPro terbaru yaitu Hero 11 dan Hero 11 mini hadir dengan kemampuan merekam video yang mumpuni dan didukung fitur andalan.

      ROG Phone 6 Series dari Asus Meluncur di Indonesia 21 September 2022

      Asus segera meluncurkan smartphone barunya ROG (Republic of Gamers) Phone 6 series di Indonesia, setelah pada Juli 2022 ponsel tersebut dirilis Asus secara global.