Prototipe Starship SN6 Sukses Meluncur, Misi ke Bulan dan Mars Kian Nyata

Space X sukses menyelesaikan penerbangan prototipe terbesar, Starship, roket masa depan yang diharapkann dapat digunakan ke Bulan dan Mars.

 Spacex sukses menerbangkan prototipe Starship SN6 di Area Tengah Kennedy NASA di Florida diambil dari laman nasaspaceflight.com, Jumat (4/9/2020). (Nasaspaceflight.com)

SOLOPOS.COM - Spacex sukses menerbangkan prototipe Starship SN6 di Area Tengah Kennedy NASA di Florida diambil dari laman nasaspaceflight.com, Jumat (4/9/2020). (Nasaspaceflight.com)

Solopos.com, FLORIDA – Space X sukses menyelesaikan penerbangan prototipe terbesar, Starship SN6. Roket masa depan, Starship, diharapkann dapat digunakan suatu hari nanti untuk mendaratkan manusia ke Bulan dan Mars.

Kendaraan silinder Starship SN6 yang penampakannya sangat mirip dengan silo itu adalah mesin roket. Dalam video yang diunggah laman NASA Spaceflight.com, terlihat Starship yang mirip silo itu melayang tinggi ke atas membubungkan harapan penerbangan kembali ke Bulan dan bahkan Mars.

Silo dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bermakna tempat menyimpan hasil pertanian (biji-bijian) dalam jumlah besar, terbuat dari papan kayu atau logam—seperti besi pelat atau seng—dengan bentuk seperti sumur. Silo bisa pula dimaknai bangunan di bawah tanah tempat menyimpan peluru kendali.

Limbah Masker dan APD di India Jadi Batu Bata

Tes Starship SN6, Kamis (3/9/2020), sangat mirip dengan tes penerbangan pendek Starship SN5, Selasa (4/8/2020). Kala itu tercapai ketinggian sekitar 500 kaki atau 150 m. Kedua prototipe tersebut nantinya bertujuan untuk menyempurnakan peluncuran dan operasi pendaratan Space X padamasa depan.

Beberapa prototipe sebelumnya meledak selama tes darat. Selama proses pembelajaran trial and error hal itu sering kali terjadi. Starship SN6 adalah yang terbaru dari jajaran prototipe yang telah digunakan Space X sebagai proyek uji coba misi ke Bulan dan Mars.

Peluncuran Kedua

Peluncuran Starship SN6 adalah penerbangan kedua yang dijadwalkan oleh Space X, Kamis (3/9/2020). Perusahaan tersebut sebelumnya meluncurkan roket Falcon 9 yang membawa 60 satelit Internet Starlink ke orbit. Misi itu lepas landas dari Pad 39A Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida, pukul 08.46 waktu setempat.

Tulang Kerabat Jadi Alat Musik di Zaman Perunggu

Starship Space X merupakan pesawat luar angkasa setinggi 165 kaki atau 50 m. Roket Starship yang dirancang mengantar manusia ke Bulan dan Mars tersebut merupakan roket paling berat di kelasnya. Pesawat luar angkasa itu bahkan dapat meluncurkan mobil dari Bumi.

NASA juga telah memilih Space X's Starship sebagai salah satu dari tiga pesawat luar angkasa untuk mendaratkan astronot di Bulan pada tahun 2024 mendatang. Harapannya Starship itu mampu menuntaskan misi ke Bulan dan Mars.

Elon Musk pendiri dan CEO Space X mengatakan bahwa tujuan utama prototipe SN Starship adalah peluncuran uji coba ke ketinggian 12 mil atau 20 km. SN6 bermesin tunggal tidak akan setinggi itu, ia dan juga perusahaannya terus berkomitmen menyempurnakan proyek tersebut dan akan segera mewujudkannya.

ne; width:100%;" target="_blank" rel="noopener noreferrer">

rmal; font-weight:550; line-height:18px;"> View this post on Instagram

px 0 0 0; padding:0 4px;"> rmal; font-weight:normal; line-height:17px; text-decoration:none; word-wrap:break-word;" target="_blank" rel="noopener noreferrer">Here's a better look at @spacex Starship SN6 during the 150m flight! Credit LabPadre's stream . . . . . . . . #spacex #elonmusk #nasa #esa #space #starlink #starship #future #new #news #update #usa #europe #test #launch #engineering #science #satellite #texas #bocachica

px; overflow:hidden; padding:8px 0 7px; text-align:center; text-overflow:ellipsis; white-space:nowrap;">A post shared by rmal; font-weight:normal; line-height:17px;" target="_blank" rel="noopener noreferrer"> SpaceX & Space News (@spacex_spacenews) on

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Espos Premium

Samudra Biru Penjara

Samudra Biru Penjara

Keahlian kunci merehabilitasi narapidana ternyata berada di luar ranah kementerian yang bertanggung jawab atas eksistensi dan pengelolaan penjara.

Berita Terkini

Mengenal Attendance Management Software dan Rekomendasi Aplikasinya

Attendance Management Software menjadi andalan di masa kini untuk membantu menyelesaikan masalah administrasi seperti absensi karyawan.

Smartphone Baru: Xiaomi 11T Pro Bisa Rekam Video 8K

Xiaomi 11T Pro dihadirkan dengan kemampuan kamera yang mampu merekam video hingga 8K.

Giliran Xiaomi Luncurkan Pad 5 Seharga Hampir Rp6 juta

Xiaomi luncurkan Pad 5 yang diklaim menjawab segala kebutuhan devices untuk seluruh kegiatan di rumah, mulai nonton film, main game hingga berkreativitas dalam bekerja.

Apple Luncurkan iPhone 13 Pro, Pamer Kamera Bisa Dipakai Bikin Film Profesional

iPhone 13 Pro diluncurkan dan dibekali kemampuan kamera yang diklaim mampu membuat film profesional.

Daftar Lengkap Seri HP Oppo Harga Sejutaan

Dua jenis smartphone/HP Oppo seri A masih menawarkan produk dengan harga sejutaan.

Badan Siber dan Sandi Negara Pantau Dugaan Penyusupan Hacker Mustang Panda

Badan Siber dan Sandi Negara mengaku telah menginformasikan dugaan penyusupan hacker Mustang Panda ke 10 kementerian dan lembaga pemerintah.

Hacker Mustang Panda Diduga Menyusupi 10 Lembaga Indonesia, Ini Respons Menteri Johnny G Plate

Menteri Kominfo merespons kabar dugaan kelompok hacker bernama Mustang Panda telah menyusup Jaringan internal 10 kementerian dan lembaga pemerintah Indonesia.

NASA Unggah Ulang Gambar Tragedi WTC dari Luar Angkasa

NASA kembali mengungah kesaksian astronot yang mendokumentasikan foto udara sesaat setelah serangan WTC 9/11 terjadi pada 2001 silam.

Cara Unduh Sertifikat Vaksin Hanya 5 Menit dengan Smartphone

Sertifikat vaksin bisa diunduh cukup dengan waktu 5 menit dengan smartphone.

Aplikasi PeduliLindungi Banjir Kritikan

Aplikasi PeduliLindungi yang wajib digunakan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2021 masih mendapat banjir kritikan dari pengguna.

Akun Terverifikasi Instagram, Baru Punya Gibran di Antara Kepala Daerah Soloraya

Akun Instagram Gibran Rakabuming Raka menjadi satu-satunya akun terverifikasi di antara akun Instagram kepala daerah di Soloraya.

Erajaya Hadirkan Gimbal DJI OM 5, Bisa Pre order Sekarang

Gimbal dengan teknologi Ultra Portabel disertai desain yang intuitif dan belum pernah dihadirkan sebelumnya

Solusi Menghadapi SMS Pinjol

Cara menghadapi SMS berisi penawaran pinjaman online (pinjol).

Speedtest Rilis Peta Sinyal, Kawasan Gambir Paling Ramai Warna

Peta penggunaan sinyal di kawasan Gambir, Jakarta Pusat yang dikeluarkan Speedtest dan disebut sebagai kawasan memiliki layanan jaringan sinyal terbaik di Indonesia.

Membedah Very Second, Platform Baca Sejarah Bikinan Siswa Jogja

Siswa SMK Kulon Progo menciptakan platform baca sejarah berbasis website.