Prototipe Motor Listrik Rancangan Ridwan Kamil Dipamerkan di WJIS 2022

Prototipe motor listrik rancangan Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil, ditampilkan di arena pameran West Java Investment Summit 2022 di Kota Bandung, Kamis (6/10/2022).

 Prototipe motor listrik rancangan Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil ditampilkan di arena pameran West Java Investment Summit 2022 di Kota Bandung. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar)

SOLOPOS.COM - Prototipe motor listrik rancangan Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil ditampilkan di arena pameran West Java Investment Summit 2022 di Kota Bandung. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar)

Solopos.com, BANDUNG — Prototipe motor listrik rancangan Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil, ditampilkan di arena pameran West Java Investment Summit 2022 di Kota Bandung, Kamis (6/10/2022).

Gubernur Ridwan Kamil sengaja merancang motor jenis Bobber ini untuk sebuah merek motor listrik.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Motor ini dinamakan RKG 5000. Kependekan dari Ridwan Kamil Gesit 5000,” kata Atep Supriadi, teknisi dan pelaksana rancang bangun motor Bobber RKG 5000 di arena pameran WJIS 2022.

Atep menjelaskan motor tersebut baru berupa prototipe satu unit. Tetapi, katanya, motor itu sudah menjalani uji coba di jalan.

“Ini prototipe. Jadi baru ada satu. Tapi motor ini sudah bisa jalan. Jika masyarakat banyak yang berminat, nantinya bisa diproduksi massal atau dimanufaktur,” ujarnya.

Baca Juga : Animo Investor Besar, Kemenperin Kejar Target Produksi 2 Juta Motor Listrik

Dibandingkan dengan motor sejenis berbahan bahan bakar bensin, menurut Atep, bobot motor listrik RKG 5000 lebih ringan karena tak ada mesin.

“Karena tidak ada mesin maka motor ini total berbobot 150 kilogram. Cukup nyaman dan mudah dikendarai,” ungkapnya.

Motor bikinan Ridwan Kamil itu menggunakan listrik berdaya 450 VA. Baterai motor listrik RKG 5000 ini sudah bisa diisi penuh.

“Motor ini bisa di-charge [isi daya listrik] di rumah dengan daya terendah sekalipun yaitu 450 VA. Tentu bisa juga di SPKLU [Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum]. Lama pengisian hingga penuh antara tiga sampai empat jam,” jelas Atep.

Menurut Atep, yang lebih membanggakan, selain motor ini khusus dirancang Gubernur Ridwan Kamil, RKG 5000 juga merupakan karya anak bangsa dari sisi rancang bangun.

Baca Juga : Menhub: Motor Listrik Bisa Rp16 Juta per Unit, Warga Tertarik

WJIS 2022 digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar bersama Pemrov Jabar guna menarik investasi dalam dan luar negeri.

WJIS keempat ini fokus pada isu ketahanan pangan serta energi baru dan terbarukan. Salah satunya pengembangan teknologi kendaraan listrik.

WJIS 2022 berlangsung 5-6 Oktober 2022 di Trans Luxury Hotel di Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung dengan tema Green Investment: Food Security and Renewable Energy-Securing The New Future.

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Daftar Harga Chery Tiggo Series yang Resmi Rilis di Indonesia

      Resmi dirilis di Indonesia, Chery Tiggo hadir dalam beragam harga sesuai spesifikasinya.

      Ini Harga All New Toyota Kijang Innova Zenix untuk Jateng dan DIY

      Harga Toyota Kijang Innova Zenix dijual harga mulai Rp425 juta hingga Rp622 juta (on the road/OTR) untuk wilayah Jateng dan DIY.

      Ini Maksud Nama Zenix pada Toyota Kijang Innova Terbaru

      selama ini Toyota Kijang sudah menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Sehingga nama Kijang tetap dipertahankan pada produk terbaru, meskipun secara keseluruhan, Zenix sangat jauh berbeda dengan generasi-generasi Kijang sebelumnya.

      Daftar Mobil Hybrid di Indonesia Ini Patut Dilirik

      Ada sejumlah daftar mobil hybrid di Indonesia yang patut dilirik.

      Segini Konsumsi Bahan Bakar Toyota Innova Zenix Hybrid

      PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim konsumsi bahan bakar All New Kijang Innova Zenix hybrid lebih irit dari generasi sebelumnya

      Toyota Targetkan Penjualan Kijang Innova Zenix 4.000 Unit per Bulan

      Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi mengatakan bahwa pihaknya menargetkan penjualan All New Kijang Innova Zenix sebanyak 4.000 unit per bulan. 

      Segini Harga Toyota Innova Zenix Hybrid yang Rilis Global di Indonesia

      PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis kendaraan elektrifikasi All New Kijang Innova Zenix Hybrid secara global di Indonesia dengan harga jual mulai dari Rp458 juta.

      Bukan Taksi! Kini Ada Mobil Antar-Jemput di Bandara yang Nyaman

      Selain taksi, kini ada pelayanan mobil antar-jemput di bandara yang membuat Anda semakin nyaman.

      Brio Melesat Geser Posisi Avanza Jadi 10 Mobil Terlaris

      Honda Brio berhasil mengoleksi penjualan terbanyak pada bulan Oktober 2022 setelah tembus 5.601 unit.

      Harga Honda Civic Type R 2022, Hatchback dengan Penampilan Sporty

      Sebelum mengetahui harga produk ini, spesifikasi dari Honda Civic Type R 2022 bisa menjadi pertimbangan terlebih dahulu.

      Daihatsu Week 2022 Hadir di Salatiga, Banyak Acara Seru!

      Daihatsu menghadirkan program layanan dan hiburan bertajuk Daihatsu Week yang berlangsung perdana di Rest Area KM 456 sisi A, Salatiga, Jawa Tengah pada Kamis-Minggu (17–20/11/2022).

      2.500 Unit Hyundai Ioniq 6 Ludes Terjual dalam Hitungan Jam di Eropa

      Dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, sebanyak 2.500 unit Ioniq 6 sudah habis terjual di Eropa.

      Kejar Target Pasar Sejuta Mobil

      Pertumbuhan penjualan mobil pada bulan ke-10 tahun ini sedikit melambat. Volume pasar sepanjang tahun ini yang diharapkan mencapai 1 juta unit terancam tidak terkejar.

      Nasib Ratusan Kendaraan Listrik Setelah KTT G20 Berakhir

      Kementerian Sekretaris Negara mengungkapkan nasib 836 kendaraan listrik yang digunakan pada KTT G20 Bali.

      Pertama di Indonesia, Jambore Safety Riding Siswa SMK Binaan Honda Se-Jateng

      Siswa-siswi SMK melakukan outbond dalam bentuk hiking post di mana pada pos pertama peserta akan menghadapi Traffic Accident Investigation.